• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Cara Alami Meningkatkan Hormon Pertumbuhan pada Anak
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Cara Alami Meningkatkan Hormon Pertumbuhan pada Anak

Cara Alami Meningkatkan Hormon Pertumbuhan pada Anak

Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim : 02 Desember 2021
Cara Alami Meningkatkan Hormon Pertumbuhan pada Anak

“Ibu perlu memastikan pertumbuhan Si Kecil tidak terhambat dan maksimal. Nah, salah satu cara yang harus ibu lakukan adalah menjaga kadar hormon pertumbuhan anak tetap seimbang. Kurangnya kadar hormon ini dapat  memperlambat laju pertumbuhan anak”

Halodoc, Jakarta – Hormon pertumbuhan manusia atau human growth hormone (HGH) adalah hormon penting yang diproduksi oleh kelenjar pituitari. Nah, hormon ini adalah kunci dalam pertumbuhan, komposisi tubuh, perbaikan sel, dan metabolisme anak.

Kurangnya produksi HGH dalam tubuh dapat menyebabkan kondisi yang dikenal sebagai defisiensi hormon pertumbuhan. Hal ini bisa memperlambat laju pertumbuhan anak dan mengurangi perkembangan tulang wajah.

Jika dibiarkan, defisiensi hormon pertumbuhan dapat menurunkan kualitas hidup seorang anak sehingga ia lebih rentan terserang penyakit. Nah, kabar baiknya hormon pertumbuhan ternyata bisa ditingkatkan melalui cara-cara alami lo! Berikut beberapa hal yang perlu ibu ketahui mengenai HGH pada anak. 

Intip Cara Alami Meningkatkan Hormon Pertumbuhan 

Terdapat beberapa cara yang bisa ibu lakukan untuk membantu meningkatkan produksi hormon pertumbuhan pada anak. Nah, berikut hal-hal yang perlu diketahui. 

1. Cukupi kebutuhan nutrisinya

Nutrisi memainkan peran yang sangat penting dalam pertumbuhan anak. Ibu harus memastikan anak-anak dan remaja mengonsumsi makanan yang bervariasi dan seimbang dengan banyak buah dan sayuran. Pola makan yang sehat dan seimbang seperti ini bertujuan agar anak mendapatkan semua vitamin dan mineral yang dibutuhkan untuk pertumbuhannya. 

Protein dan kalsium adalah dua nutrisi yang sangat penting untuk kesehatan dan pertumbuhan tulang anak. Beberapa makanan kaya protein antara lain daging merah, daging unggas, makanan laut, telur, kacang-kacangan biji-bijian dan sayuran berdaun hijau. Sementara makanan yang tinggi kalsium meliputi yoghurt, susu, keju, brokoli, jeruk, sarden dan salmon. 

2. Dorong anak untuk rutin berolahraga

Olahraga teratur penting untuk meningkatkan pertumbuhan tulang dan jaringan otot anak. Selain mencukupi nutrisinya, ibu juga harus mendorong anak untuk rutin berolahraga. Bermain di luar atau berolahraga dapat membuat tulang lebih sehat, lebih padat, dan lebih kuat. Oleh karena itu, olahraga bermanfaat bagi semua orang, termasuk anak-anak yang sedang berada di masa pertumbuhan.

3. Hindari asupan gula berlebih

Peningkatan insulin ternyata mampu menurunkan kadar HGH. Nah, karbohidrat dan gula adalah dua nutrisi yang mampu meningkatkan kadar insulin terbanyak. Oleh sebab itu, ibu perlu lebih bijak dalam memberikan tambahan gula pada makanan atau minuman Si Kecil. 

Melansir dari Medical News Today, satu studi menemukan bahwa orang sehat memiliki kadar HGH 3-4 kali lebih tinggi daripada pengidap diabetes.

Selain memengaruhi kadar insulin, asupan gula berlebih juga sering menjadi penyebab utama penambahan berat badan dan obesitas. Nah, kedua kondisi tersebut memengaruhi kadar HGH.

4. Jangan makan sebelum tidur

Tubuh melepaskan sejumlah besar HGH secara alami di malam hari. Maka dari itu, usahakan untuk tidak mengonsumsi makanan sebelum waktu tidur. Makanan tinggi karbohidrat atau protein tinggi dapat meningkatkan insulin dan berpotensi memblokir beberapa jenis HGH yang dilepaskan di malam hari.

Nah, kadar insulin biasanya menurun 2-3 jam setelah makan. Jadi Si Kecil sebaiknya tidak mengonsumsi makanan berbasis karbohidrat atau protein 2-3 jam sebelum tidur.

5. Dapatkan tidur yang berkualitas

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, HGH dilepaskan secara alami di malam hari. Nah, supaya pelepasannya optimal, anak perlu mendapatkan tidur yang berkualitas. Penelitian telah menunjukkan bahwa kurang tidur dapat mengurangi jumlah HGH yang diproduksi tubuh.

Ada beberapa tips sederhana untuk membantu mengoptimalkan waktu tidur Si Kecil. Pertama, hindari paparan cahaya biru sebelum tidur yang berasal dari layar perangkat elektronik. Kemudian ibu bisa membaca buku di malam hari untuk membuat Si Kecil mengantuk. Terakhir pastikan kamar tidur anak berada pada suhu yang nyaman.

Itulah tips meningkatkan hormon pertumbuhan anak yang perlu ibu ketahui. Jika Si Kecil mengalami masalah kesehatan, segera tanyakan pada dokter melalui aplikasi Halodoc. Dokter yang ahli di bidangnya akan menjawab segala pertanyaan ibu. Yuk, download Halodoc sekarang juga!

This image has an empty alt attribute; its file name is HD-RANS-Banner-Web-Artikel_Spouse.jpg
Referensi :
Medical News Today. Diakses pada 2021. Natural ways to potentially boost HGH.
Medical News Today. Diakses pada 2021. What factors influence a person’s height?
Healthline. Diakses pada 2021. 11 Ways to Boost Human Growth Hormone (HGH) Naturally.
WebMD. Diakses pada 2021. Growth Hormone Therapy Increases Kids’ Height.