• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Cara Melatih Doberman Menjadi Anjing Penjaga

Cara Melatih Doberman Menjadi Anjing Penjaga

Ditinjau oleh: Redaksi Halodoc
Cara Melatih Doberman Menjadi Anjing Penjaga

“Anjing Doberman dikenal sebagai anjing yang tangguh dan memiliki tingkat kecerdasan tinggi. Karena itu, ras anjing ini sering dijadikan sebagai hewan peliharaan, terutama sebagai anjing penjaga. Untuk membentuk karakter dan kemampuan Doberman sebagai anjing penjaga, perlu dilakukan beberapa latihan terlebih dahulu.

Halodoc, Jakarta – Doberman adalah jenis anjing yang terkenal gagah dan cocok untuk dijadikan anjing penjaga. Namun tentu saja, dibutuhkan pelatihan khusus dan perlakuan yang sesuai untuk membentuk karakter anjing penjaga. Dengan begitu, hewan peliharaan yang satu ini bisa mengenali tugasnya dan dengan mudah melaksanakan perintah yang diberikan. 

Namun jangan khawatir, melatih anjing Doberman sebenarnya bukanlah perkara sulit. Sebab pada dasarnya, jenis anjing ini dikenal sebagai anjing yang cerdas. Jenis anjing ini bahkan disebut sebagai ras terpintar kelima dan mudah untuk dilatih. Saking cerdasnya, terkadang anjing ini bahkan bisa mengakali pemiliknya karena merasa bosan dengan latihan yang itu-itu saja. 

Baca juga: Ketahui 7 Ras Anjing yang Paling Pintar di Dunia

Pelatihan yang Cocok untuk Anjing Doberman 

Bukan pemandangan yang aneh jika ras Doberman dijadikan sebagai anjing penjaga, atau bahkan anjing “pelindung” yang memiliki tugas berat. Sebab pada dasarnya, jenis anjing ini memang memiliki sifat-sifat tersebut. Fakta menarik dari ras anjing ini, Doberman pada awalnya dikembangbiakkan oleh seorang pria bernama Herr Karl Louis Dobermann, yang pada saat itu merasa membutuhkan anjing penjaga dalam menjalankan tugas dan pekerjaannya. 

Jadi, tidak berlebihan jika dikatakan Doberman adalah ras anjing yang memang terlahir untuk menjadi penjaga. Lantas, bagaimana cara melatih ras ini untuk menjadi anjing penjaga yang baik? 

  1. Latihan secara Konsisten 

Konsistensi adalah salah satu kunci untuk mencapai keberhasilan dalam melatih anjing peliharaan, termasuk melatihnya untuk menjadi anjing penjaga. Jika dilakukan dengan konsisten, anjing bisa dengan mudah mengingat dan melaksanakan latihan yang diberikan. 

  1. Perlakukan dengan Baik 

Doberman tidak berbeda dengan manusia, jenis anjing ini suka mendapatkan perhatian, perlakuan yang baik, serta merasa tersakiti jika mendapatkan penolakan. Agar anjing merasa nyaman dan mau mengikuti pelatihan dengan baik, selalu berikan perintah atau latihan dengan cara yang baik, menyenangkan, dan bisa diterima dengan cepat. Satu hal yang penting dicatat, jangan memarahi, memukul, atau sekadar membentak anjing. Sebab hal ini bisa memengaruhi proses latihan yang berjalan.

Baca juga: Terkenal Setia, Ini 4 Karakter Anjing Pug yang Perlu Diketahui

  1. Beri Hadiah 

Saat anjing Doberman menjalani pelatihan dan berhasil melakukan satu hal baru yang sulit, tidak ada salahnya untuk memberi hadiah atau reward terhadap pencapaian tersebut. Kamu bisa memberinya mainan baru atau makanan yang lezat, sehingga kesehatannya selalu terjaga dan bisa terus mengikuti pelatihan yang diberikan. 

  1. Buat Menyenangkan 

Buatlah pelatihan yang diberikan terasa menyenangkan untuk anjing. Sebab, pada dasarnya Doberman sama seperti jenis anjing lainnya. Mereka senang bermain, berlarian, serta melakukan aktivitas fisik yang menyenangkan. 

  1. Mulai dengan Hal yang Mudah 

Jika kamu memelihara jenis anjing ini sejak kecil, maka mulailah latihan dengan hal-hal dasar dan mudah. Pada awalnya, cobalah untuk memberikan latihan untuk duduk, berdiri, berlari, atau menangkap sesuatu. Hal ini bisa membantunya untuk terbiasa menerima perintah dan menjalankannya. Semakin dewasa, anjing akan semakin terlatih dan siap untuk menjaga anjing penjaga yang baik. 

Baca juga: Ketahui 5 Jenis Anjing Penjaga Rumah yang Terkenal Setia

Jika anjing peliharaan terlihat kurang bersemangat untuk mengikuti pelatihan, dan tidak aktif bergerak, coba cari tahu apa penyebabnya. Jika disertai dengan gejala-gejala penyakit, sebaiknya segera lakukan pemeriksaan ke klinik hewan terdekat. Sebagai pertolongan pertama, coba hubungi dokter hewan melalui aplikasi Halodoc dan sampaikan keluhan yang dialami. Dokter bisa dengan mudah dihubungi melalui Video/Voice Call atau Chat. Download Halodoc sekarang di App Store atau Google Play! 

This image has an empty alt attribute; its file name is Banner_Web_Artikel-01.jpeg
Referensi: 
Pets World. Diakses pada 2021. How to Train a Doberman Pinscher – Rules That Apply. 
Doberman Planet. Diakses pada 2021. How to Train a Doberman: The Complete Guide.
Kompas.com. Diakses pada 2021. 5 Fakta Anjing Doberman, Si Penjaga Terbaik di Dunia.