Ketahui 5 Jenis Anjing Penjaga Rumah yang Terkenal Setia

Ditinjau oleh  Redaksi Halodoc   05 Mei 2021
Ketahui 5 Jenis Anjing Penjaga Rumah yang Terkenal SetiaKetahui 5 Jenis Anjing Penjaga Rumah yang Terkenal Setia

Halodoc, Jakarta – Memelihara anjing terbukti bisa memberi manfaat untuk kesehatan, terutama kesehatan mental. Hewan peliharaan yang satu ini disebut bisa membantu mengurangi stres, kecemasan, serta depresi. Memiliki anjing peliharaan juga disebut bisa mengurangi kesepian. Pada anak-anak, memelihara anjing juga bisa membantu pertumbuhan yang lebih aktif dan aman. 

Tidak hanya baik untuk kesehatan mental, anjing peliharaan juga bisa menjadi “pelindung” atau penjaga rumah yang setia. Pada dasarnya, anjing merupakan jenis hewan yang terkenal setia. Namun, ada beberapa jenis anjing yang terkenal dengan kesetiaannya, sehingga cocok dijadikan peliharaan di rumah. Apa saja jenis anjing yang bisa dipilih untuk penjaga rumah? 

Baca juga: Cara Tepat Merawat Anjing Senior Peliharaan

Jenis Anjing Terbaik untuk Penjaga Rumah 

Beberapa jenis anjing memiliki kesetiaan dan insting yang kuat untuk melindungi rumah dan keluarganya. Hal ini tentu menjadi alasan yang tepat untuk memilih hewan peliharaan ini sebagai penjaga rumah. Jenis anjing yang dijadikan penjaga rumah biasanya memiliki sifat alami seperti setia, tidak mengenal rasa takut, kuat, serta selalu waspada. 

Anjing penjaga tidak hanya memberi tanda saat ada pengunjung datang ke rumah, tetapi juga akan melindungi rumah beserta penghuninya dari situasi mengancam. Maka tidak berlebihan jika jenis hewan ini disebut cocok untuk diandalkan menjaga rumah. Lantas, apa saja jenis anjing yang bisa dipilih? 

1.Bullmastiff 

Jenis anjing ini terkenal sebagai anjing penjaga terbaik. Anjing bullmastiff memiliki kecerdasan serta insting yang cukup tajam. Jenis anjing ini juga cenderung aktif dan memiliki kemampuan dalam melacak, merawat, lincah, serta memiliki kekuatan fisik yang baik. 

2.Pinscher Doberman

Selanjutnya, kamu bisa memilih jenis anjing Pinscher Doberman sebagai penjaga rumah. Hewan yang satu ini dikenal memiliki tubuh yang “atletis”, yaitu memiliki postur tubuh yang kuat bahkan berotot. Jenis anjing ini juga sangat sensitif dan responsif dengan keadaan sekitar. Hal itu yang menjadi alasan kuat untuk memilih jenis anjing ini sebagai penjaga rumah. 

Baca juga: Ketahui 6 Fakta Ilmiah tentang Anjing Peliharaan

3.Rottweiler

Meski memiliki kesan kuat dan tangguh, jenis anjing ini ternyata juga setia dan bisa bersahabat dengan manusia. Mencari anjing peliharaan untuk menjaga rumah? Cobalah jenis anjing ini. Anjing Rottweiler memiliki tingkat kecerdasan yang tinggi sehingga bisa dengan mudah belajar. Sifat melindungi yang secara alami dimiliki anjing ini juga bisa diandalkan. 

4.Schnauzer Raksasa

Seperti namanya, anjing yang satu ini memiliki ukuran tubuh yang besar. Meski begitu, jenis anjing ini cukup tenang dan bisa diandalkan untuk menjaga rumah tetap aman. Schnauzer Raksasa jarang menggonggong secara berlebihan, kecuali saat merasakan adanya ancaman mendekat dan berpotensi menyebabkan kekacauan. 

5.Great Dane 

Great Dane merupakan jenis anjing yang sangat pintar dan peka. Kamu bisa memelihara pelari cepat ini dan mendapatkan rasa aman. Jenis anjing ini juga dikenal sebagai petarung yang hebat dan sangat patuh dengan instruksi dari pelatih. Namun, Great Dane juga memiliki tingkat kesetiaan yang tinggi sehingga cocok untuk dijadikan sahabat manusia. 

Baca juga: 5 Tips Agar Aman Memelihara Anjing Bersama Balita

Karakteristik yang sering ada pada anjing peliharaan adalah aktif dan senang bermain. Kalau hal ini tiba-tiba berubah, bisa jadi itu adalah tanda munculnya gangguan kesehatan pada anjing. Untuk mencari tahu, coba perhatikan tanda yang diberikan anjing dan bicarakan pada dokter hewan melalui aplikasi Halodoc. Dapatkan saran terbaik dari ahlinya. Download Halodoc di sini!

Referensi 
Pets World. Diakses pada 2021. Top 10 Guard Dog Breeds – The Best Watchdogs for Protection.
America Kennel Club. Diakses pada 2021. Best Guard Dogs.
Mental Health. Diakses pada 2021. Pets and mental health.

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan