10 February 2018

Cara Memakai Alat Kontrasepsi yang Tepat

Cara Memakai Alat Kontrasepsi yang Tepat

Halodoc, Jakarta — Alat kontrasepsi untuk mengontrol kehamilan, tersedia dalam beberapa bentuk dan cara pemakaiannya pun berbeda. Salah satunya adalah kondom, yang juga dapat melindungi kamu dari penyakit kelamin. Kondom merupakan alat kontrasepsi yang di jual di banyak tempat. Cara memakai kondom yang mudah, juga membuat alat kontrasepsi ini menjadi pilihan banyak pasangan.

 

Kondom sendiri biasanya sudah disertai dengan lapisan cairan lubrikan untuk menghindari rasa sakit atau iritasi ketika berhubungan intim. Penggunaan kondom yang tidak tepat tentunya dapat meningkatkan risiko terjadinya kehamilan atau penularan penyakit kelamin. Setiap tahunnya, terjadi 2 kehamilan dari 100 wanita dengan pasangan yang selalu menggunakan kondom dengan benar. Sementara, jumlah kehamilan para wanita dengan pasangan yang tidak mengetahui cara memakai kondom dengan benar meningkat menjadi 18 kehamilan dari 100 wanita.

 

Di samping itu, kondom juga hampir 100% efektif dalam mencegah penularan HIV, lho. Meski begitu, ada banyak orang yang masih belum tau cara memakai kondom yang tepat.


Lalu bagaimana cara tepat penggunaan kondom?. Pertama, pastikan kondom melekat dengan sempurna tanpa ada angin yang masuk sebelum berhubungan intim.

 

Hal kedua yang perlu kamu perhatikan adalah robek kemasan dengan hati-hati supaya tidak merusak kondom di dalamnya. Sebelum menggunakannya, jangan lupa amati terlebih dahulu apakah terdapat cacat atau tidak. Misalnya kondom terlalu rapuh, atau kaku, atau lengket, atau kadaluarsa. Bila iya, sebaiknya buang kondom tersebut dan gunakan yang baru.

 

Lalu, tempelkan kondom di ujung Mr P yang sudah mengalami ereksi, dan dorong mendekati pangkalnya menggunakan ibu jari dan jari telunjuk. Jika kondom tidak bisa ditarik, kemungkinan kamu menggunakannya dalam keadaan terbalik. Apabila ini terjadi, gunakan kondom baru karena cairan kelamin bisa jadi sudah terlanjur menempel di bagian luar kondom. Namun, yang perlu diketahui, setelah ejakulasi tariklah Mr P sebelum ereksi Mr P berkurang.

 

Jika kamu ingin tahu lebih lanjut mengenai tips pemakaian alat kontrasepsi yang tepat, tanyakan saja langsung ke dokter di aplikasi Halodoc melalui voice/video call dan chat. Selain itu, di Halodoc, kamu juga bisa membeli obat dan vitamin yang akan diantarkan langsung ke tempat tujuan dalam satu jam. Kamu juga bisa melakukan cek lab tanpa harus keluar rumah, lho. Yuk, download aplikasi Halodoc di App Store atau Google Play sekarang juga!