• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Cara Memanfaatkan Bawang Bombay sebagai Obat Herbal

Cara Memanfaatkan Bawang Bombay sebagai Obat Herbal

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli
Cara Memanfaatkan Bawang Bombay sebagai Obat Herbal

Halodoc, Jakarta - Bawang bombay termasuk salah satu makanan yang banyak digunakan sebagai bahan tambahan karena rasanya yang khas. Sayuran ini dipercaya dapat membuat makanan lebih nikmat saat disantap dan juga menggugah selera. Bukan hanya itu, ternyata bawang bombay juga dipercaya dapat menyehatkan tubuh jika dikonsumsi secara rutin. Beberapa orang juga memanfaatkan sayuran ini sebagai pengobatan herbal. Untuk lebih jelasnya, baca ulasan ini!

Metode Pengolahan Bawang Bombay Sebagai Obat Herbal

Bawang bombay adalah jenis bawang yang masuk dalam keluarga tanaman Allium, bahkan untuk semua bagian dari tanaman tersebut. Rasa sayuran ini di antara manis dan airnya terasa tajam dan pedas, meski dapat tergantung musim saat ditanam dan mengonsumsinya. Selain itu, tanaman ini juga telah dipercaya dapat memberikan manfaat bagi tubuh saat dikonsumsi secara rutin. Beberapa orang juga memanfaatkannya sebagai obat herbal.

Baca juga: Ketahui Manfaat Bawang Bombay untuk Kesehatan

Penggunaan bawang bombay sebagai obat memang sudah mendunia dan telah diakui dapat mengatasi banyak penyakit. Saat digunakan sebagai obat tradisional, beberapa masalah kesehatan yang dapat diatasi, antara lain memar, kolik, sakit telinga, bronkitis, pilek, demam, tekanan darah tinggi, luka, impotensi. Namun, bagaimana cara mengolah tanaman ini agar dapat digunakan sebagai obat herbal? Berikut ini beberapa cara pengolahannya dan manfaatnya bagi tubuh:

1. Mengatasi Rambut Rontok

Dipercaya jika bawang bombay dapat mengatasi rambut rontok. Bawang yang telah dihaluskan dapat dioleskan pada kulit kepala untuk meningkatkan pertumbuhan rambut, sehingga kerontokan dapat teratasi. Antioksidan dalam bawang dapat membantu rambut untuk tumbuh lebih kuat dan lebih subur. Untuk seseorang yang mengalami ketombe, bawang dapat direndam di dalam air panas dan airnya dapat dioleskan ke kepala sebelum keramas. Saat dilakukan selama 8 minggu, perubahan ke arah yang lebih baik di kepala akan dirasakan.

2. Menghilangkan Rasa Sesak di Dada

Bawang bombay juga dipercaya mampu menghilangkan rasa sesak di dada. Kamu dapat membuat ramuan dengan campuran bawang yang dicincang dengan minyak kelapa lalu oleskan ke dada dan diamkan selama beberapa saat. Uap yang keluar dari bawang dapat melonggarkan lendir yang ada di dalam tubuh dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Baca juga: Apa Manfaat Bawang Merah untuk Kesehatan?

3. Menenangkan Bayi

Jika kamu memiliki bayi di rumah yang sedang mengalami kolik dengan pertanda menangis lebih dari 3 jam, bawang bombay dapat menjadi solusi. Satu sendok air hangat yang sudah direndam dengan bawang bombay dapat diberikan setiap jam guna menenangkan perut bayi, mengendurkan otot, dan menenangkan si Kecil. 

Selain itu, jika kamu ingin tahu lebih jauh tentang manfaat dari bawang bombay untuk kesehatan, dokter dari Halodoc siap memberitahu semuanya dengan detail. Cukup dengan download aplikasi Halodoc, interaksi dengan ahli medis dapat dilakukan melalui fitur Chat atau Voice/Video Call. Nikmati segala kemudahan dalam akses kesehatan sekarang juga dengan mengunduh aplikasinya!

4. Melawan Rasa Mual

Jika kamu kerap merasa mual seharian, terutama pada wanita yang sedang haid, bawang bombay dapat memberikan solusi untuk menghentikan masalah ini. Cobalah untuk mengambil beberapa bawang dan peras airnya dengan kain tipis. Minum dua sendok dari cairan tersebut, lalu tunggu beberapa lama ulangi lagi hingga perasaan mual benar-benar berkurang.

Baca juga: Rajin Konsumsi Bawang Merah agar Dapat Khasiat Ini

Itulah beberapa manfaat dari bawang bombay yang dapat dirasakan saat diolah menjadi obat herbal. Jika kamu mengalami berbagai masalah yang telah disebutkan, cobalah untuk menggunakan sayuran ini sebagai pengobatan yang alami. Dengan cara ini, kamu dapat mengurangi konsumsi obat kimia yang dapat menimbulkan efek samping jika terus-menerus digunakan.

Referensi:
Urbo. Diakses pada 2021. 12 Unexpected Ways To Use Onions As Natural Remedies.
Rxlist. Diakses pada 2021. Onion.
Web MD. Diakses pada 2021. Onion.