• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Ketahui Manfaat Bawang Bombay untuk Kesehatan

Ketahui Manfaat Bawang Bombay untuk Kesehatan

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli

Halodoc, Jakarta – Sering dijadikan bumbu dalam memasak, bawang Bombay ternyata menyimpan banyak kandungan gizi yang baik untuk tubuh. Dengan kata lain, mengonsumsi bawang Bombay bisa memberi manfaat untuk kesehatan. Apa saja manfaat yang bisa didapat dari jenis bawang yang satu ini? Simak pembahasannya dalam artikel berikut! 

Sebelum mengetahui apa saja manfaat bawang Bombay untuk kesehatan, penting untuk mengetahui apa saja kandungan gizi yang dimilikinya. Dalam 100 gram bawang bombay mengandung 87.5 gram air, 43 kal energi, 1,4 gram protein, 10,3 gram karbohidrat, 2 gram serat, 0,2 gram lemak, 12 miligram natrium, 9,6 miligram kalium, 9 miligram vitamin C, 32 miligram kalsium, 0,21 mikrogram vitamin B, serta karoten total sebanyak 50 mikrogram. Dilihat dari kandungan zat gizi yang dimilikinya, bawang Bombay sangat menjanjikan, bukan?

Baca juga: Inilah 7 Manfaat Bawang Putih

Manfaat Sehat Bawang Bombay 

Oleh karena memiliki banyak kandungan nutrisi, bawang Bombay dipercaya bisa memberi manfaat untuk kesehatan tubuh. Setidaknya, ada berbagai manfaat sehat yang disebut bisa didapat dari konsumsi bawang Bombay, di antaranya: 

  • Meningkatkan Kekebalan Tubuh 

Siapa sangka, bawang Bombay ternyata bisa membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh alias imunitas. Hal itu berkat kandungan polifenol dalam bawang Bombay yang bertindak sebagai antioksidan. Kandungan antioksidan dalam makanan ini berperan dalam melindungi tubuh dari serangan radikal bebas sehingga tidak mudah sakit. 

  • Pencernaan Lancar 

Bawang Bombay juga mengandung serat, sehingga baik untuk menjaga pencernaan. Kandungan serat dalam bawang Bombay bersifat khusus, yaitu jenis serat larut yang disebut dengan oligofructose. Jenis serat ini bisa mendorong pertumbuhan bakteri baik di usus sehingga sistem pencernaan akan lebih terjaga dan menghindari diare. 

  • Kadar Gula Darah Stabil 

Kabar baik bagi pengidap penyakit diabetes. Mengonsumsi bawang Bombay ternyata bisa membuat kadar gula darah lebih stabil. Di dalam bawang Bombay, terdapat kandungan kromium yang memiliki peran membantu mengatur kadar gula darah. Bawang Bombay bisa membantu menurunkan gula darah dan meningkatkan produksi insulin dalam tubuh.

Baca juga:  6 Manfaat Bawang Merah untuk Kesehatan Rambut

  • Suasana Hati lebih Baik 

Sedang merasa tidak bahagia dan memiliki mood yang buruk? Coba konsumsi makanan yang mengandung bawang Bombay. Pasalnya, bawang Bombay ternyata juga bisa membantu meningkatkan suasana hati alias mood. Kandungan folat dalam bawang Bombay dapat membantu mengurangi gejala depresi. 

  • Anti Kanker 

Bawang Bombay ternyata juga bersifat anti kanker alias bisa membantu menurunkan risiko kanker. Pasalnya, jenis bawang yang satu ini masuk ke dalam kelompok sayuran allium yang dikenal sebagai makanan pencegah kanker. Selain itu, bawang Bombay juga banyak mengandung antioksidan dari vitamin C yang sangat kuat. Kandungan itu bisa membantu tubuh melawan radikal bebas pemicu kanker. 

  • Jantung Sehat 

Kecil namun memiliki banyak manfaat. Istilah itu mungkin cocok diberikan pada bawang Bombay. Selain mencegah kanker, makanan ini ternyata juga bisa menjaga kesehatan jantung dan pembuluh darah. Mengonsumsi bawang Bombay bisa membantu menurunkan risiko terjadinya serangan jantung serta mengontrol tekanan darah. 

Baca juga: Apa Manfaat Bawang Merah untuk Kesehatan?

Punya masalah kesehatan dan butuh saran dokter segera? Pakai aplikasi Halodoc saja. Kamu bisa dengan mudah menghubungi dokter melalui Video/Voice Call dan Chat, kapan dan di mana saja tanpa perlu ke luar rumah. Dapatkan informasi seputar kesehatan dan tips hidup sehat dari dokter terpercaya. Yuk, download Halodoc sekarang di App Store dan Google Play! 

Referensi:
Healthline. Diakses pada 2020. Onions 101: Nutrition Facts and Health Effects.
Live Science. Diakses pada 2020. Onions: Health Benefits, Health Risks & Nutrition Facts.