• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Ini Cara Membunuh Virus Corona di Rumah Menurut Para Ahli

Ini Cara Membunuh Virus Corona di Rumah Menurut Para Ahli

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli
undefined

Halodoc, Jakarta - Lebih dari 190 negara kini tengah berjuang melawan serangan virus corona penyebab COVID-19. Virus jahat ini menular dengan amat cepat, sehingga penularannya terbilang sulit dibendung. Sejauh ini, virus corona menular lewat dua cara, yaitu droplet (percikan cairan mulut/hidung dari batuk atau bersin) dan permukaan benda-benda yang telah terkontaminasi virus corona. 

Nah, menyoal benda-benda ini, virus corona bisa menempel di mana saja. Mulai dari benda berbahan plastik hingga baja. Menurut studi dalam The New England Journal of Medicine - Aerosol and Surface Stability of SARS-CoV-2 as Compared with SARS-CoV-1, lamanya virus corona bertahan di permukaan benda bervariasi. 

Contohnya, pada stainless steel dan plastik. Menurut riset di atas, virus corona terbaru SARS-CoV-2 bisa bertahan di permukaan benda berbahan plastik selama 5,6 jam. Sementara itu, virus ini bisa bertahan lebih lama pada stainless steel, kira-kira selama 6,8 jam.

Nah, pertanyaannya simpel, bagaimana cara membunuh virus corona pada permukaan benda? 

Baca juga: Hadapi Virus Corona, Ini Hal yang Harus dan Jangan Dilakukan

Tak Semua Bisa Digunakan

Membunuh kuman, bakteri, dan virus di permukaan benda di dalam rumah bukanlah hal yang baru. Tentunya banyak orang sudah melakukan hal ini secara rutin. Namun, di tengah-tengah pandemi COVID-19, kita perlu lebih rajin untuk membersihkan permukaan benda di rumah, khususnya pada barang-barang yang sering disentuh atau gunakan. Mulai dari gagang keran, telepon, hingga remote televisi.

Lalu, disinfektan apa yang bisa digunakan untuk membunuh virus corona? Sayangnya, tidak semua produk pembersih yang mengklaim sebagai disinfektan, efektif dalam membunuh virus dan bakteri. 

Ingat, di dunia terdapat begitu banyak jenis virus dan bakteri, dan tidak semua produk dapat membunuh makhluk jahat tersebut. Nah, di bawah ini terdapat beberapa produk yang secara khusus bisa kita gunakan untuk membunuh virus corona di rumah. 

Baca juga: Ini yang Harus Diperhatikan saat Isolasi di Rumah Terkait Virus Corona

Banyak Pilihan Produk

Ahli di U.S. Environmental Protection Agency (EPA) telah menyusun daftar produk-produk yang bisa dimanfaatkan untuk menyingkirkan virus corona di permukaan benda. Hal yang perlu ditegaskan, daftar produk ini belum teruji secara khusus pada virus corona terbaru, SARS-CoV-2.

Akan tetapi, menurut para ahli di sana, beberapa produk di bawah ini terbukti efektif membunuh virus yang menyerupai SARS-CoV-2, bahkan virus yang lebih sulit dibunuh. Produk yang direkomendasikan EPA ini memiliki berbagai bahan dan formulasi yang berbeda.

Nah, berikut daftar produknya:

  • Clorox Disinfecting Wipes.

  • Clorox Clean-Up Cleaner + Bleach.
  • Lysol Disinfectant Spray.
  • Lysol Multi-Purpose Cleaner with Bleach.
  • Lysol Multi-Purpose Cleaner with Hydrogen Peroxide.

  • Purell Multi-Surface Disinfectant Spray.

  • Microban 24 Hour Multi-Purpose Cleaner.

Baca juga: WHO: Gejala Ringan Corona Bisa Dirawat di Rumah

Ada Formula Lainnya

Selain produk-produk di atas, ada pula beberapa formula atau bahan kimia lainnya yang bisa kita gunakan untuk membasmi virus corona di rumah. Contohnya:

  • Hydrogen peroxide. Menurut Centers for Disease Control and Prevention (CDC), hidrogen peroksida adalah desinfektan yang stabil dan efektif terhadap virus ketika digunakan pada permukaan benda yang keras dan tidak berpori. Biasanya dijual dalam larutan 3 persen, hidrogen peroksida dapat digunakan langsung dari botol. Kenakan sarung tangan untuk melindungi tangan ketika menggunakan bahan ini. Bagaimana cara menggunakannya? Mudah kok, semprotkan dipermukaan, biarkan tetap basah setidaknya satu menit sebelum menyeka.

  • Alkohol. Alkohol isopropyl merupakan desinfektan yang efektif terhadap banyak patogen, termasuk virus corona, selama konsentrasinya 70 persen.  Cara untuk membunuh virus corona dengan cepat pada permukaan benda, kadar 0 persen adalah yang terbaik. Kadar alkohol murni (100 persen), menguap terlalu cepat, sehingga tidak efektif. Cara menggunakannya mudah. Bersihkan atau semprotkan permukaan dengan alkohol dan pastikan permukaan tersebut tetap basah setidaknya selama 30 detik.

Ada satu hal yang mesti dicatat dalam menggunakan disinfektan. Jangan sekali-kali mengombinasikan disinfektan atau produk pembersih apa pun. Di samping itu, bukanlah jendela atau ventilasi rumah bila produk disinfektan mengeluarkan asap. 

Yuk, pastikan sakitmu bukan karena virus corona. Bila dirimu mencurigai diri atau anggota keluarga mengidap infeksi virus corona, atau sulit membedakan gejala COVID-19 dengan flu, segeralah tanyakan pada dokter. 

Kamu bisa kok bertanya langsung kepada dokter melalui aplikasi Halodoc. Dengan begitu, kamu tidak perlu ke rumah sakit dan meminimalkan risiko terjangkit berbagai virus dan penyakit. Lewat fitur Chat dan Voice/Video Call, kamu bisa mengobrol dengan dokter ahli tanpa perlu ke luar rumah. Yuk, download aplikasi Halodoc sekarang juga di App Store dan Google Play!

Referensi:
Prevention. Diakses pada 2020. The Right Way to Kill Coronavirus Germs, According to Cleaning Experts.
Elsevier. Diakses pada 2020. Potential role of inanimate surfaces for the spread of coronaviruses and their inactivation with disinfectant agents.
The New England Journal of Medicine. Diakses pada 2020. Aerosol and Surface Stability of SARS-CoV-2 as Compared with SARS-CoV-1.
The New York Times. Diakses pada 2020. How Long Will Coronavirus Live on Surfaces or in the Air Around You?
USA Today. Diakses pada 2020. Coronavirus can live in the air for hours and on surfaces for days, study finds.