• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Cara Mencegah Infeksi Saluran Kemih pada Anak Perempuan

Cara Mencegah Infeksi Saluran Kemih pada Anak Perempuan

Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim
undefined

Halodoc, Jakarta - Infeksi saluran kemih (ISK) adalah jenis infeksi yang umum yang mempengaruhi saluran kemih, baik pada orang dewasa atau anak-anak. Urine mengandung garam dan produk limbang, dan jarang mengandung bakteri. Ketika bakteri masuk ke kandung kemih atau ginjal dan berkembang biak dalam urine, maka terjadilah infeksi saluran kemih. 

Infeksi saluran kemih biasanya menyebabkan ketidaknyamanan. Kondisi ini dapat diobati dengan cepat dan mudah. Pengobatan sebaiknya harus segera dilakukan untuk menghindari infeksi yang lebih serius yang mencapai ginjal.

Infeksi saluran kemih anak mungkin terasa lebih menyakitkan dibanding orang dewasa, karena mereka belum dapat menahannya. Orangtua perlu mencegah infeksi saluran kemih pada anak perempuan. Bagaimana cara mencegahnya?

Baca juga: Jangan Diremehkan, ISK Juga Bisa Menyerang Si Kecil

Mencegah Infeksi Saluran Kemih pada Anak Perempuan

Ada beberapa cara untuk mencegah infeksi saluran kemih pada anak perempuan. Setelah buang air kecil, anak perempuan harus menyeka dari depan ke belakang dengan tisu toilet. Setelah buah air besar, pastikan untuk mengusap dari depan ke belakang untuk menghindari penyebaran bakteri dari area rektal ke uretra. 

Cara lain yang bisa dilakukan oleh anak perempuan untuk mencegah infeksi saluran kemih yaitu sering ke toilet. Hindari menahan kencing untuk waktu yang lama. 

Baik anak perempuan atau laki-laki juga harus menjaga area genital tetap bersih dan kering. Anak perempuan yang sudah menstruasi, harus mengganti tampon dan pembalut secara teratur. Mandi busa terlalu sering juga bisa menyebabkan iritasi pada area vagina, jadi anak perempuan harus mandi biasa. 

Hindari kontak terlalu lama dengan kelembapan di area genital dengan tidak mengenakan celana dalam berbahan nilon atau pakaian renang basah. Kenakan pakaian dalam berbahan katun. Anak perempuan juga tidak boleh menggunakan semprotan kebersihan wanita, sebab produk ini dapat mengiritasi uretra. 

Anak juga perlu minum banyak air setiap hari untuk membuat kandung kemih tetap aktif dan bebas bakteri. Ingatlah bahwa meskipun anak mengeluhkan infeksi saluran kemih tidak nyaman dan sakit, namun infeksi ini umum terjadi dan mudah diobati. Semakin cepat orangtua menghubungi dokter melalui aplikasi Halodoc, maka semakin cepat juga masalah ISK anak teratasi. 

Baca juga: Perlu Tahu, Ini Penyebab Anak Alami Infeksi Saluran Kemih

Mengatasi Bakteri Penyebab Infeksi Saluran Kemih

Bakteri juga dapat menyebabkan infeksi saluran kemih, yang disebut sistitis. Jenis ISK lain yang lebih serius adalah infeksi pada ginjal itu sendiri, yang dikenal sebagai pyelonephritis. 

Untuk beberapa infeksi saluran kemih, seseorang mungkin hanya perlu minum antibiotik. Jika anak didiagnosis dengan infeksi saluran kemih dan gejalanya berlanjut setelah menggunakan semua obat atau jika gejalanya tidak membaik setelah 2 hingga 3 hari pengobatan, maka segeralah periksakan ke dokter. 

Penting untuk minum banyak air selama dan setelah perawatan karena setiap kali anak buang air kecil, kandung kemih akan membersihkan dirinya sendiri.

Baca juga: Jangan Diremehkan, Kenali Gejala ISK pada Anak

Ada banyak cara untuk mengurangi risiko terkena infeksi saluran kemih. Pengobatan alami termasuk kebiasaan mandi yang sehat, tidak menahan buang air kecil dan minum probiotik. 

Ingatlah bahwa beberapa anak yang mengalami sakit akibat infeksi saluran kemih berulang biasanya jarang atau sering menahan buang air kecil. Anak mungkin juga mengalami sembelit parah. Latihlah anak untuk merespons dengan segera ketika dia merasakan keinginan untuk ke toilet. 

Referensi:
Kids Health. Diakses pada 2020. Urinary Tract Infections
Healthy Children. Diakses pada 2020. Prevent Urinary Tract Infections in Children