Ketahui Cara Tangani Infeksi Saluran Kemih pada Anak

Ditinjau oleh  dr. Verury Verona Handayani   15 Juli 2020
Ketahui Cara Tangani Infeksi Saluran Kemih pada AnakKetahui Cara Tangani Infeksi Saluran Kemih pada Anak

Salah satu langkah ampuh dalam mencegah ISK pada anak adalah dengan membilas organ intim dari depan ke belakang setelah buang air kecil atau besar. Hal tersebut dilakukan dengan tujuan untuk mencegah perpindahan bakteri dari anus ke uretra, sehingga risiko ISK pada anak bisa ditekan. Lantas, apa saja langkah yang dilakukan untuk mengatasi ISK? Berikut ulasan selengkapnya!

Baca juga: Jangan Diremehkan, Kenali Gejala ISK pada Anak

Bagaimana Langkah Mengatasi ISK pada Anak?

Meski terlihat sepele, ISK pada anak harus ditangani dengan tepat. Pasalnya, bakteri dalam saluran kemih dapat terus berkembang dan menginfeksi ginjal, sehingga akan berakibat fatal. Langkah mengatasi ISK yang pertama biasanya akan dilakukan dengan pemberian antibiotik guna mencegah risiko infeksi ginjal. Jenisnya pun akan disesuaikan dengan tingkat keparahan infeksi, serta seberapa lama perawatan dibutuhkan.

Jika ISK pada anak tergolong parah, anak akan membutuhkan perawatan intensif di rumah sakit sampai penyakitnya sembuh. Berikut serangkaian indikasi ISK pada anak yang memerlukan perawatan intensif:

  • Si Kecil berusia kurang dari 6 bulan.
  • Si Kecil mengalami demam yang tidak kunjung sembuh.
  • Si Kecil berisiko mengalami infeksi ginjal.
  • Si Kecil mengalami sepsis, yaitu komplikasi berbahaya akibat infeksi yang dapat menimbulkan menurunnya tekanan darah secara drastis, serta kerusakan pada beberapa organ dalam tubuh.
  • Si Kecil mengalami dehidrasi, muntah, atau tidak bisa mengonsumsi obat.

Sembari pengobatan dilakukan, ibu juga perlu memastikan jika Si Kecil mengonsumsi air putih dengan cukup guna membantu membilas dan mengeluarkan sisa-sisa bakteri dalam saluran kemih anak, serta mempercepat proses pemulihannya. Perhatikan pula bagaimana cara membersihkan organ intim anak, seperti yang telah dijelaskan di awal.

Baca juga: Perlu Tahu, Ini Penyebab Anak Alami Infeksi Saluran Kemih

Gejala ISK pada Anak yang Perlu Diwaspadai

Infeksi saluran kemih pada anak cenderung lebih sulit untuk dideteksi, karena biasanya mereka tidak mengalami gejala apapun. Mereka juga belum bisa menyampaikan gejala yang mereka rasakan, sehingga sering kali terlewatkan. Ibu dapat memperhatikan, ini yang jadi gejala infeksi saluran kemih pada anak:

  • Mengalami penurunan nafsu makan.
  • Mengalami rasa sakit saat buang air kecil.
  • Mengalami bau menyengat saat kencing.
  • Mengalami pengeruhan dan endapan pada air kencing.
  • Sering mengompol dan tidak bisa menahan kencing.

Saat bakteri sudah masuk ke organ ginjal, gejala yang tampak akan lebih parah. Gejala akan ditandai dengan anak rewel dan gampang marah, badan menggigil, demam tinggi, kulit memerah, mual dan muntah, sakit pinggang, sakit punggung, serta sakit perut.

Baca juga: Jangan Diremehkan, ISK Juga Bisa Menyerang Si Kecil

Segera periksakan Si Kecil di rumah sakit terdekat saat mengalami serangkaian gejalanya ya, bu! Selain untuk memastikan apa yang menjadi penyebab ISK pada anak, pemeriksaan juga dilakukan untuk mencegah komplikasi yang bisa saja terjadi, seperti penurunan fungsi ginjal, pembengkakan ginjal, hingga kehilangan nyawa.

Referensi:
Kids Health. Diakses pada 2020. Urinary Tract Infections (UTIs).
Healthline. Diakses pada 2020. Urinary Tract Infection in Children.
WebMD. Diakses pada 2020. If Your Child Gets a UTI.


Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan