• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Cara Mengatasi Kapalan Karena Sepatu Hak Tinggi
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Cara Mengatasi Kapalan Karena Sepatu Hak Tinggi

Cara Mengatasi Kapalan Karena Sepatu Hak Tinggi

Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim : 30 Desember 2021
Cara Mengatasi Kapalan Karena Sepatu Hak Tinggi

“Bagi kamu yang senang dan sering mengenakan sepatu tinggi, rentan mengalami telapak kaki kapalan. Kondisi ini terjadi akibat adanya tekanan berulang karena terlalu lama di kulit kaki. Kapalan pada kulit telapak kaki bisa diatasi dengan merendamkan kaki di air hangat, hingga melakukan eksfoliasi kulit telapak kaki.”

Halodoc, Jakarta – Telapak kaki kapalan karena sering mengenakan sepatu tinggi? Kapalan bisa terjadi akibat tekanan berulang pada bagian kulit kaki. Hal ini juga biasa terjadi ketika seseorang sering mengenakan sepatu tinggi. Lapisan kulit ekstra tumbuh di atas area yang tertekan, hingga muncul benjolan yang lebih keras dan menonjol.

Kaki yang kapalan merupakan bentuk tubuh melindungi kulit dari iritasi atau rusak akibat penggunaan sepatu tinggi. Kapalan biasanya tidak terasa sakit, dan sering terjadi di tumit, telapak tangan, jari kaki, dan lutut. Mengenakan sepatu tinggi, sepatu ketat, berjalan tanpa alas kaki, merupakan penyebab umum kapalan di telapak kaki. 

Cara Mengatasi Kapalan Akibat Penggunaan Sepatu Tinggi

Kapalan sebenarnya tidak menunjukkan masalah medis. Hanya saja pada beberapa orang bisa mengganggu penampilan, estetika, dan rasa percaya diri. Jika kamu ingin menghilangkan kapalan karena tidak menyukai tampilannya, berikut ini beberapa cara yang bisa dilakukan:

  1. Rendam Kaki Di Air Hangat

Cobalah untuk merendam kaki yang kapalan akibat penggunaan sepatu tinggi dalam air hangat selama 20 menit. Setelah mengeringkan kulit kaki dengan handuk, lihat apakah kamu dapat menggosok lapisan halus dengan lembut dengan jari. Selama beberapa sesi perendaman, mungkin dapat menghilangkan selapis kapalan pada satu waktu.

  1. Menggunakan Cuka Sari Apel

Kandungan asam dalam cuka sari apel dapat melembutkan kulit kapalan yang keras. Campurkan cuka sari apel ke dalam air, kemudian rendam kaki selama sekitar 20 menit. Saat berendam, kamu mungkin bisa mengupas satu atau dua lapisan kapalan. Namun jangan menariknya terlalu keras, dan cobalah bersabar. Kulit yang pecah di sekitar atau di atas kapalan dapat menyebabkan infeksi. 

  1. Oleskan dengan Minyak Jarak

Minyak jarak memiliki khasiat sebagai pelumas kulit alami. Hal ini dapat membantu untuk mengkondisikan kulit dalam menghilangkan kapalan. Merendam kapalan dalam campuran air hangat dengan 5 sendok makan minyak jarak sudah cukup untuk melumasi kulit yang keras. 

  1. Batu Apung

Setelah merendam kapalan secara menyeluruh, berikan tekanan batu apung ke kapalan dan gosok dengan gerakan melingkar. Hindari mengelupaskan seluruh kapalan sekaligus. Sebaiknya lakukan setiap setelah sesi merendamkan kaki. 

  1. Garam Epsom

Garam epsom dianggap sebagai eksfoliator. Perawatan ini sangat membantu untuk menghilangkan kapalan. Butiran halus garam larut dapat mengendurkan otot dan menenangkan kulit. Campurkan 2 hingga 4 sendok makan garam epsom dalam baskom atau semangkuk air hangat, kemudian rendam kaki kapalan untuk mempermudah pengelupasan. 

Kapalan di Telapak Kaki Bisa Dicegah

Kamu dapat mencegah kaki kapalan dengan beberapa cara:

  • Gunakan sepatu yang nyaman. Kenakan kaus kaki yang nyaman dan sepatu yang pas dan empuk. Sebaiknya penggunaan sepatu tinggi dikurangi atau jangan terlalu sering dan lama.
  • Rawat kaki secara rutin. Keringkan kaki setelah dicuci atau dibasahi. Kemudian, oleskan krim kaki yang melembapkan. Hal ini dapat membantu menenangkan dan melembutkan kulit kaki.

Setelah mengatasi kapalan, sebaiknya lakukan pencegahan agar kapalan tidak kembali terjadi. Hindari juga berjalan tanpa alas kaki, terutama jika keluar rumah. Pastikan sepatu memiliki ruang yang cukup untuk kulit bernapas. Potong kuku kaki dan jaga agar tetap pendek untuk mencegah iritasi kaki. Mengenakan kaus kaki dan sandal di dalam rumah adalah cara lain untuk menjaga bagian bawah kaki tetap halus dan bebas dari kapalan. 

Itulah beberapa cara untuk mengatasi kapalan akibat menggunakan sepatu tinggi. Jika kondisi kapalan menunjukkan gejala yang mengkhawatirkan atau infeksi, sebaiknya segera hubungi dokter di aplikasi Halodoc. Yuk, download aplikasi Halodoc sekarang juga!

Referensi:
Healthline. Diakses pada 2021. How to Get Rid of Calluses