• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Cara Menghilangkan Duri Ikan di Tenggorokan yang Bisa Dicoba
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Cara Menghilangkan Duri Ikan di Tenggorokan yang Bisa Dicoba

Cara Menghilangkan Duri Ikan di Tenggorokan yang Bisa Dicoba

Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim : 25 Oktober 2021
Cara Menghilangkan Duri Ikan di Tenggorokan yang Bisa Dicoba

“Jika kamu suka makan ikan utuh, mungkin pernah tertelan duri ikan hingga tersangkut di tenggorokan. Saat duri ikan tersangkut di tenggorokan, kondisi tersebut bisa menimbulkan rasa tidak nyaman, gatal di tenggorokan, hingga sakit saat menelan. Untungnya kondisi ini bisa diatasi dengan beberapa cara. Contohnya makan marshmallow, pisang, minum hingga minum sesendok makan minyak zaitun.”

Halodoc, Jakarta – Tertelan duri ikan saat makan ikan tertentu biasa terjadi. Meskipun duri ikan biasanya kecil dan tajam, duri biasanya akan melewati saluran pencernaan tanpa masalah. Namun, seringkali duri ikan tersangkut di tenggorokan sehingga menimbulkan masalah.

Jika duri ikan tersangkut di tenggorokan, rasanya tidak nyaman. Contohnya rasa sakit yang tajam di tenggorokan, nyeri di leher atau tenggorokan, sulit menelan, hingga batuk. Untungnya, ada beberapa cara untuk mengeluarkan duri ikan dari tenggorokan. Apa saja caranya?

Baca juga: Ini Bahaya Konsumsi Ikan Mentah dalam Jangka Panjang

  1. Makan Marshmallow

Mungkin terdengar aneh, tapi marshmallow yang lengket dan besar kemungkinan bisa mengeluarkan duri ikan dari tenggorokan. Kunyah marshmallow secukupnya agar lunak, lalu telan dalam satu teguk besar. Zat lengket dari marshmallow dapat mendorong duri ikan ke perut.

  1. Minum Minyak Zaitun

Minyak zaitun adalah pelumas alami. Jika kamu tidak sengaja menelan duri ikan dan tersangkut di tenggorokan, cobalah minum 1 atau 2 sendok makan minyak zaitun langsung. Minyak zaitun akan melapisi lapisan tenggorokan dan duri ikan itu sendiri, sehingga membuat kamu lebih mudah mengeluarkannya. 

  1. Cobalah untuk Batuk

Sebagian besar duri ikan tersangkut tepat di belakang tenggorokan di sekitar amandel. Dengan batuk yang kuat mungkin cukup untuk membuatnya tertelan ke dalam pencernaan. 

  1. Makan Pisang

Pisang dapat bekerja seperti marshmallow. Memakan pisang dapat mendorong duri ikan ke dalam perut. Ambil satu gigitan besar pisang dan tahan di mulut setidaknya selama semenit. Kemudian telan dalam satu tegukan besar. 

  1. Roti dan Air

Roti yang dicelupkan ke dalam air adalah cara klasik untuk mengeluarkan makanan yang tersangkut di tenggorokan. Rendam sepotong roti dalam air selama sekitar satu menit, lalu ambil satu gigitan besar dan telan utuh. Metode ini memberi beban pada tulang ikan dan mendorongnya ke bawah. 

Baca juga: Tips agar Manfaat Makan Ikan Lebih Maksimal

  1. Minum Soda

Beberapa pakar kesehatan telah lama menggunakan minuman bersoda untuk mengatasi makanan yang tersangkut di tenggorokan. Ketika soda memasuki perut, ia melepaskan gas. Nah, gas inilah yang membantu menghancurkan tulang dan membangun tekanan yang dapat melepaskan makanan yang tersangkut. 

  1. Cuka

Cuka sangat asam. Minum cuka dapat membantu memecah tulang ikan, membuatnya lebih lembut dan lebih mudah ditelan. Cobalah encerkan 2 sendok makan cuka dalam secangkir air, atau minum 1 sendok makan langsung. Cuka sari apel adalah pilihan yang baik yang rasanya tidak terlalu asam, terutama dengan madu. 

  1. Roti dan Selai Kacang

Roti yang dilapisi selai kacang berfungsi untuk mendorong tulang ikan ke dalam perut. Ambilah satu gigitan besar roti dan selai kacang dan biarkan mengumpul di mulut sebelum menelannya dalam satu tegukan besar. Pastikan untuk minum air banyak setelahnya.

  1. Tunggu Saja

Dengan asumsi pernapasan tidak terpengaruh dengan duri ikan, kamu bisa menunggu beberapa saat. Namun, pastikan tenggorokan sudah bersih sebelum tidur. Jika kamu mengalami kesulitan bernapas, segera kunjungi unit gawat darurat terdekat. 

Baca juga: 5 Manfaat Makan Ikan

Seseorang yang suka makan ikan berisiko kemungkinan berisiko lebih tinggi tertelan duri ikan dan tersangkut di tenggorokan. Namun, risiko ini dapat dikurangi dengan memilih menu ikan fillet atau tanpa tulang daripada ikan utuh. 

Selalu awasi anak-anak dan orang yang berisiko tinggi tersangkut duri ikan saat makan ikan bertulang. Jika terjadi komplikasi yang mengkhawatirkan, sebaiknya segera hubungi dokter di aplikasi Halodoc. Yuk, download aplikasi Halodoc sekarang juga!


This image has an empty alt attribute; its file name is HD-RANS-Banner-Web-Artikel_Spouse.jpg
Referensi:
Healthline. Diakses pada 2021. What to Do When a Fish Bone Gets Stuck in Your ThroatMedical News Today. Diakses pada 2021. What to know about a fish bone in the throat