Cara Menghitung Usia Kehamilan yang Perlu Diketahui

Ditinjau oleh: Redaksi Halodoc
usia kehamilan,cara menghitung usia kehamilan,kehamilan

Halodoc, Jakarta – Bagi seorang wanita, proses kehamilan adalah suatu proses yang sangat menyenangkan dan luar biasa. Namun agar proses kehamilan berjalan dengan lancar, ada beberapa hal yang perlu diketahui oleh ibu hamil. selain pentingnya asupan yang dibutuhkan oleh ibu hamil, usia kehamilan juga perlu diketahui agar ibu bisa memperkirakan perkembangan janin dalam kandungan dan juga perkiraan hari lahir bayi.

Baca juga: Ini Pentingnya Ibu Tahu tentang Kalkulator Kehamilan

Ada beberapa cara untuk menghitung usia kehamilan yang perlu ibu ketahui, mulai dari cara yang paling sederhana bahkan sampai yang paling rumit. Berikut adalah beberapa cara untuk menghitung usia kehamilan.

  • Pemeriksaan Kehamilan Melalui USG

Ini adalah cara menghitung usia kehamilan yang paling mudah. Alat ini adalah alat yang biasa digunakan oleh dokter untuk menghitung usia janin dalam kandungan. Alat USG ini bahkan dianggap yang paling efektif dalam menghitung usia kehamilan dan usia janin, dengan akurasi 95 persen.

Ada dua cara yang bisa dilakukan untuk mengetahui usia kehamilan dengan USG. Pertama USG transvaginal yang biasa dilakukan di awal kehamilan. Kemudian yang kedua, USG transabdominal yang dilakukan melalui dinding perut pada saat kandungan mulai membesar. Biasanya selain memastikan usia kehamilan, dengan USG ibu juga bisa memastikan posisi janin, kantong janin, pergerakan janin, dan juga jumlah air ketuban.

  • Kalkulator Masa Subur

Cara yang satu ini cukup mudah dan tidak memerlukan biaya sama sekali. Banyak yang menyediakan kalkulator masa subur pada laman web tertentu. Caranya pun cukup mudah, kamu hanya memasukan hari pertama kamu menstruasi di periode terakhir kamu menstruasi, dan biasanya usia kehamilan akan segera muncul.

Selain kamu bisa mengetahui usia kehamilan kamu, dengan kalkulator masa subur kamu juga bisa memprediksi perkembangan janin kamu. Namun ingat, kalkulator masa subur belum sepenuhnya akurat.

  • Hitung Kehamilan Secara Manual

Hari pertama dalam periode terakhir menstruasi diperlukan untuk menentukan usia kehamilan kamu secara manual. Namun, cara ini bisa dibilang akurat jika kamu memiliki siklus menstruasi yang cukup teratur. Jika kamu memiliki siklus menstruasi yang tidak teratur, masih ada beberapa cara lain untuk mengetahui usia kehamilan kamu. Dalam penghitungan secara manual terdapat beberapa rumus yang bisa kamu gunakan untuk mengetahui usia kehamilan.

Berikut adalah rumus yang bisa kamu gunakan untuk menghitung secara manual:

HPL (hari perkiraan lahir) = HPHT + 7, Bulan haid – 3, Tahun haid + 1

Manfaat Mengetahui Usia Kehamilan

Banyak manfaatnya jika ibu lebih dini mengetahui usia kehamilan:

  1. Ibu bisa mengetahui kapan perkiraan bayi yang dikandung akan dilahirkan.
  2. Ibu bisa lebih memperhatikan asupan nutrisi dan gizi yang sesuai dengan usia kehamilan dan yang dibutuhkan pada saat itu.
  3. Ibu akan lebih mengerti aktivitas apa saja yang boleh dilakukan untuk disesuaikan dengan usia kehamilan, agar kesehatan ibu dan janin yang dikandung tetap terjaga.
  4. Ibu juga bisa mempersiapkan kebutuhan bayi jika ibu mengetahui usia kehamilan.
  5. Ibu akan lebih tahu bagaimana perkembangan janin dalam kandungan sesuai usia kehamilan.

Baca juga: 7 Masalah Kehamilan Trimester Pertama

Selain mengetahui usia kehamilan, ibu jangan lupa untuk tetap mengonsumsi makanan sehat dan bergizi untuk kebutuhan perkembangan bayi dalam kandungan. Jika ibu memiliki keluhan mengenai masalah kehamilan, ibu bisa tanya pada dokter melalui aplikasi Halodoc. Yuk, download aplikasi Halodoc sekarang juga melalui App Store atau Google Play!