• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Cara Menjaga Kesehatan Mental di Lingkungan Kerja

Cara Menjaga Kesehatan Mental di Lingkungan Kerja

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli
Cara Menjaga Kesehatan Mental di Lingkungan Kerja

“Bagi kebanyakan orang, bekerja menjadi bagian dari aktivitas sehari-hari. Melalui bekerja, tentu sebagian besar waktu dihabiskan di kantor, menjalin relasi, menyelesaikan tenggat untuk mendapatkan penghasilan. Tentunya, punya pekerjaan yang memuaskan bisa berdampak positif untuk kesehatan, baik tubuh maupun kesehatan mental.”

Halodoc, Jakarta – Meski begitu, lingkungan kerja juga memainkan peran terhadap kesehatan mental. Mudahnya, lingkungan kerja yang tidak sehat tentu akan membuat kesehatan mental tidak baik. Inilah mengapa, saat bekerja, kamu tetap perlu memperhatikan kondisi kesehatan mental diri sendiri. Jangan sampai pekerjaan membuat kamu terbebani secara psikis.

Lalu, bagaimana sebenarnya cara menjaga kesehatan mental saat sedang berada di lingkungan kerja? Beberapa cara berikut ini bisa kamu coba: 

  • Bicarakan Perasaanmu

Mengutarakan apa yang kamu rasakan bisa membantu menjaga kesehatan mental sekaligus menghadapi ketika kamu sedang mengalami masalah di kantor. Membicarakan perasaan bukan berarti kamu lemah. Jika dirasa sulit, kamu bisa bercerita pada teman, keluarga, atau pasangan. Ini akan membantu mengurangi beban yang kamu rasakan. 

  • Aktif Bergerak

Rutin berolahraga bisa membantu meningkatkan rasa percaya diri dan fokus, tidur menjadi lebih nyenyak, dan fisik merasa jauh lebih segar. Tidak harus mengunjungi pusat kebugaran, cukup berolahraga ringan selama sekitar 30 menit setiap hari sudah cukup. 

Apabila bekerja di kantor, kamu bisa meluangkan waktu untuk sekadar berjalan-jalan keluar atau mengikuti kelas khusus ketika jam makan siang. Berolahraga sebelum atau sesudah bekerja bisa membuat kamu lebih baik mengatur waktu, lho!

  • Makan Bergizi dan Cukup Istirahat

Makanan yang kamu konsumsi bisa memengaruhi suasana hati, baik secara langsung maupun nanti. Jadi, sebisa mungkin terapkan pola makan sehat dan bergizi untuk menunjang kesehatan fisik dan mentalmu. Luangkan waktu untuk mengisi perut, sediakan camilan sehat untuk kamu konsumsi di antara waktu makan. 

Tidak boleh lupa, pastikan tubuh mendapatkan cukup istirahat, terutama pada malam hari. Hindari begadang supaya tubuh bisa lebih fit dan segar esok hari. Begadang hanya akan membuat kamu tidak bisa fokus dan mengantuk, bahkan rentan mengalami sakit kepala. 

  • Luangkan Waktu untuk Me Time

Tidak ada salahnya untuk mengambil cuti. Manfaatkan untuk mengisi kembali tenaga. Bepergian ke tempat yang kamu suka atau sekadar menghabiskan waktu sendiri tanpa terganggu pekerjaan. Ini tentu saja sangat baik untuk menjaga mental tetap sehat. 

Cek Kebutuhan Obat Rutin, Vitamin, hingga Kebutuhan Ibu & Anak 

Spesial Hari Kesehatan Nasional, kamu berkesempatan untuk mendapatkan Diskon s/d 60% + kupon s/d Rp11.000 + Gratis Ongkir hanya di Halofest!

  • Promo Pengguna Baru

Gratis ongkir Instan hingga Rp18.000 dengan menggunakan kode “HALOONGKIR”. Khusus untuk pengguna baru yang belum pernah melakukan transaksi di Toko Kesehatan dengan minimum pembelian Rp 100.000. Periode promo 8–12 November 2021. 

  • Promo Semua Pengguna di Toko Halodeals

Belanja di toko Halodeals Diskon s/d 60%. Gratis ongkir Standard (tiba 1–4 hari) Rp12.000 dengan minimum pembelian Rp100.000 menggunakan kode “HALODEALS”. Promo hanya berlaku untuk pembelian melalui toko Halodeals. Periode promo 8–12 November 2021.

  • Belanja semua produk lain di Toko Kesehatan

Dapatkan potongan langsung Rp11.000. Promo berlaku untuk minimum pembelian Rp110.000. Periode promo 8–12 November 2021. 

Yuk, manfaatkan sekarang dengan download aplikasi Halodoc dan pilih pharmacy delivery!

This image has an empty alt attribute; its file name is HD-RANS-Banner-Web-Artikel_Spouse.jpg

Referensi:

Mental Health Foundation. Diakses pada 2021. How to support mental health at work.