• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Cara Mudah Mengobati Luka Bakar dengan Bahan Alami

Cara Mudah Mengobati Luka Bakar dengan Bahan Alami

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli
Cara Mudah Mengobati Luka Bakar dengan Bahan Alami

Halodoc, Jakarta - Luka bakar tidak melulu berarti terbakar api. Luka bakar juga dapat terjadi dalam intensitas ringan, seperti terkena minyak panas, atau knalpot. Nah, jika luka bakar terjadi dalam intensitas yang ringan, kamu bisa mengatasinya dengan menggunakan bahan alami. Bahan alami ini dapat kamu temui dengan mudah di rumah, lho. Yuk, ketahui apa saja bahan alami yang ampuh dalam mengobati luka bakar:

Baca juga: Lidah Buaya Efektif untuk Menyembuhkan Luka Bakar, Benarkah?

1. Lidah Buaya

Mengobati luka bakar dengan bahan alami yang pertama dapat dilakukan dengan menggunakan lidah buaya. Bahan alami yang satu ini bersifat antiradang dan antibakteri, yang mampu mendinginkan sensasi panas, meredakan rasa sakit, serta mencegah lecet dan terbentuknya jaringan parut.

2. Madu

Madu bukan hanya mampu meningkatkan kekebalan tubuh saja, tetapi juga dapat mengobati luka bakar. Madu dapat membantu mengurangi luka bakar dalam intensitas ringan. Selain itu, bahan alami yang satu ini dapat mempercepat proses penyembuhan dengan merangsang sistem kekebalan tubuh.

3. Susu

Susu memiliki kandungan lemak dan protein yang dapat membantu menenangkan luka bakar. Kedua bahan alami tersebut mampu mempercepat penyembuhan luka bakar dan memperbaiki struktur jaringan kulit. Caranya dengan merendam luka bakar di dalam susu selama 15 menit. 

4. Teh Hitam

Mengobati luka bakar dengan bahan alami selanjutnya dapat dilakukan dengan teh hitam. Teh ini mengandung asam tanat yang dapat menghilangkan sensasi panas dari luka bakar, sehingga membantu mengurangi rasa sakit. Caranya dengan meletakkan 2–3 kantong teh hitam basah dingin di atas luka bakar. Kemudian, lilit dengan kain kasa agar tidak jatuh.

5. Gandum

Mengobati luka bakar dengan bahan alami yang terakhir dapat dilakukan menggunakan gandum. Gandum bersifat antiradang yang mampu mempercepat proses penyembuhan luka. Bukan itu saja, gandum memberikan efek mendinginkan dan melembapkan kulit kering dan gatal akibat luka bakar. Caranya dengan mencampur gandum dan air hingga berbentuk bubur. Oleskan pada luka, dan diamkan selama 20 menit.

Baca juga: Pernah Mengalami Luka Bakar Perlu Divaksin Tetanus, Benarkah?

Sejumlah bahan alami tersebut dapat dipraktikkan bersamaan dengan pertolongan pertama untuk mengatasi luka bakar. Berikut ini pertolongan pertama yang dapat dilakukan:

  • Jauhkan korban dari sumber panas.
  • Siram kulit yang terbakar dengan air dingin. Lakukan selama 10–15 menit.
  • Jika lokasi tidak memungkinkan, letakkan kain bersih yang sudah dibasahi oleh air dingin pada luka.
  • Pilihan lainnya, kamu dapat merendam luka bakar dalam bak air dingin selama 5 menit.

Ingat, langkah penanganan tersebut hanya disarankan untuk luka bakar ringan saja, ya. Nah, setelah luka bakar tidak terasa sakit dan cukup kering, silahkan oleskan bahan-bahan alami seperti yang telah disebutkan. Luka bakar dalam intensitas ringan biasanya dapat sembuh dengan cepat selama 7–10 hari. Sedangkan luka bakar dalam intensitas yang lebih parah, sembuh pada beberapa minggu.

Baca juga: Pertolongan Pertama Luka Bakar pada Anak yang Perlu Diketahui

Itulah sejumlah bahan alami yang dapat digunakan untuk mengobati luka bakar dengan bahan alami, serta pertolongan pertama yang harus dilakukan. Namun jika kamu mengalami luka bakar parah, silahkan diskusikan dengan dokter di aplikasi Halodoc, untuk mengetahui langkah selanjutnya yang harus dilakukan, ya. Jika intensitas luka bakar terjadi dengan sangat parah, silahkan periksakan diri di rumah sakit terdekat untuk mendapatkan langkah penanganan dan perawatan yang tepat.

Referensi:
Medical News Today. Diakses pada 2021. What home remedies can treat my burn?
Healthline. Diakses pada 2021. Home Remedies for Burns.