• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Ibu, Begini Cara Penuhi Nutrisi Anak saat Puasa

Ibu, Begini Cara Penuhi Nutrisi Anak saat Puasa

Ditinjau oleh: dr. Gabriella Florencia
undefined

Halodoc, Jakarta – Mengajarkan anak melakukan ibadah puasa sejak dini menjadi tantangan tersendiri bagi ibu. Namun, tentunya kondisi ini memiliki manfaat bagi anak dan juga orangtua. Selain mengajarkan anak beribadah puasa, ibu jangan lupa untuk tetap memerhatikan asupan nutrisi dan gizi anak selama menjalankan ibadah puasa.

Baca juga: Anak Ingin Berpuasa Penuh, Ini Cara Mengajarkannya

Dilansir dari UNICEF Canada, kekurangan nutrisi pada anak menyebabkan terganggunya proses tumbuh kembang pada anak. Tidak hanya itu, kekurangan nutrisi menyebabkan anak mengalami beberapa risiko penyakit, seperti penyakit diabetes, kelebihan berat badan atau kekurangan badan, serta gangguan kardiovaskular. Ibu, jangan lupa lakukan ini untuk memenuhi kebutuhan nutrisi anak saat menjalankan ibadah puasa.

Cara Memenuhi Nutrisi Anak saat Menjalankan Ibadah Puasa

Selain mengganggu tumbuh kembang, kekurangan nutrisi saat menjalankan ibadah puasa juga dapat menyebabkan anak terlihat lemas dan tidak aktif. Ibu, lakukan beberapa cara pemenuhan nutrisi pada anak agar anak tetap aktif dan sehat saat menjalankan ibadah puasa, yaitu:

1. Pilih Asupan Makanan dengan Baik

Memilih makanan dengan kandungan nutrisi yang dibutuhkan anak menjadi salah satu hal yang cukup penting dilakukan selama menjalankan ibadah puasa. Sediakan makanan dengan kandungan lengkap, seperti:

  • Karbohidrat

Dilansir dari Healthy Kids Association, sebaiknya ibu berikan jenis karbohidrat untuk anak. Tidak hanya makanan yang terbuat dari pasta saja, karbohidrat banyak terkandung dalam beberapa jenis makanan, seperti buah, sayuran, atau sereal.

  • Protein

Perhatikan asupan protein yang dikonsumsi oleh anak. Dilansir dari Kids Health, asupan protein yang terpenuhi dengan baik dapat membantu fungsi organ dan daya tahan tubuh menjadi lebih optimal.

  • Vitamin dan Mineral

Selain karbohidrat dan protein, jangan lupa untuk memenuhi asupan vitamin dan mineral yang dibutuhkan oleh anak. Nutrisi ini dapat ibu dapatkan dari sayur dan buah-buahan.

Baca juga: Cegah Sakit, Begini Aturan Pola Makan Saat Puasa

2. Berikan Menu yang Menarik dan Disukai Anak-Anak

Tentunya, menyiapkan makanan untuk sahur dan berbuka menjadi salah satu tantangan bagi ibu, apalagi jika memiliki anak kecil yang baru belajar puasa. Hal yang dapat ibu lakukan dengan menyiapkan jenis makanan yang menarik dan disukai oleh anak. 

ilansir dari Healthline, mengonsumsi makanan yang kamu sukai dapat meningkatkan nafsu makan. Ibu bisa bertanya pada anak, menu makanan apa yang ingin mereka konsumsi saat sahur dan berbuka puasa.

3. Buatlah Suasana Berbuka Puasa dan Sahur yang Menyenangkan

Tidak hanya menyiapkan makanan yang menarik, ciptakan suasana makan yang menyenangkan bersama keluarga. Dengan begitu, anak akan lebih lahap dalam mengonsumsi makanan yang telah disiapkan ibu.

Suasana yang menyenangkan saat makan bersama keluarga membuat anak lebih tertarik untuk datang ke meja makan di waktu makan selanjutnya. Hindari perdebatan di meja makan, tidak ada salahnya untuk bertukar cerita hal-hal yang menyenangkan selama satu hari berpuasa.

Baca juga: 5 Nutrisi yang Paling Dibutuhkan Tubuh Saat Puasa

Itulah cara yang bisa ibu lakukan untuk memenuhi kebutuhan nutrisi dan gizi anak selama anak menjalani ibadah puasa. Ibu, sebaiknya anak yang berpuasa jangan melewatkan waktu sahur. Waktu sahur merupakan pengganti waktu sarapan yang dapat digunakan untuk memenuhi kebutuhan nutrisi anak ketika berpuasa.

Referensi:
Family Doctor. Diakses pada 2020. When Your Toddler Doesn’t Want to Eat
Healthline. Diakses pada 2020. Supplements, Medications, and Lifestyle  Changes to Help Stimulate Appetite
Healthy Kids Association. Diakses pada 2020. Carbohydrates
Kids Health. Diakses pada 2020. Protein
UNICEF Canada. Diakses pada 2020. Malnutrition