04 November 2017

5 Alasan Pentingnya Sarapan untuk Anak

5 Alasan Pentingnya Sarapan untuk Anak

Halodoc, Jakarta - Tahukah kamu pentingnya sarapan untuk anak yang bersekolah ternyata turut memengaruhi daya pikir mereka? Hal ini diungkapkan oleh Ronald E. Kleinman, M.D., dokter spesialis gastroenterologi anak serta pakar nutrisi yang mengajar di Harvard University, Amerika. “Secara rata-rata, anak yang tidak pernah sarapan memiliki daya pikir dan kemampuan mengingat yang lebih rendah dibandingkan mereka yang makan setiap pagi,” ujar dr. Kleinman.

Penyataan tersebut juga dibuktikan melalui survei di Inggris terhadap beberapa orang murid yang tidak terbiasa sarapan sebelum berangkat ke sekolah. Hasilnya, mereka yang hampir tidak pernah makan pagi lebih sulit berkonsentrasi, tidak cepat tanggap, dan memiliki perhatian amat rendah terhadap pelajaran.

Bukan hanya faktor performa di sekolah saja, lho. Manfaat lain dari pentingnya sarapan bagi anak yang patut kamu pertimbangkan adalah sebagai berikut:

1.   Tidak Terlambat ke Sekolah
Ingin anak selalu datang tepat waktu ke sekolah? Cobalah biasakan ia sarapan minimal 1 jam sebelum berangkat sekolah. Anak-anak yang terbiasa sarapan cenderung memiliki waktu yang luang di pagi hari. Mereka jadi bangun lebih pagi untuk mandi dan sarapan. Kegiatan ini tidak membuat anak datang terlambat ke sekolah. Sehingga manfaat lain dari pentingnya sarapan ini juga sangat baik untuk menjaga prestasi anak.

2.  Sebagai Pasokan Energi
Pada pagi hari, anak sedang berada dalam keadaan puasa selama 8-10 jam. Karena itu, penting untuk memberikan asupan nutrisi kepada anak. Mungkin kita menganggap bahwa kegiatan belajar siswa tidak terlalu membutuhkan tenaga dan energi, padahal dalam proses belajar anak juga sangat membutuhkan suplai energi yang digunakan untuk berpikir, menganalisa pelajaran dan fokus pada pembelajaran. Itulah mengapa pentingnya sarapan begitu mempengaruhi prestasi anak.

3.  Mencegah Obesitas
Apa kaitannya risiko obesitas dengan anak yang tidak terbiasa sarapan? Ternyata ada! Anak yang tidak sarapan akan merasa lebih cepat lapar. Dengan begitu mereka pun jajan sembarangan di sekolah tanpa memperhatikan jenis makanan sehat. Di sinilah alasan mengapa pentingnya sarapan untuk anak. Kamu bisa memperhatikan jumlah kalorinya, seperti dengan memberikan roti gandum, pisang, telur, susu dan bahan makanan sehat lainnya.

4.  Anak Terhindar dari Penyakit Maag
Dengan selalu memberi anak sarapan, berarti kamu telah membiasakannya hidup sehat sejak kecil. Sebagai bonus, anak pun terhindar dari penyakit yang berkaitan dengan pencernaannya, seperti: penyakit maag. Penyakit maag biasanya muncul karena produksi asam lambung yang meningkat di dalam perut. Nah, salah satu penyebab utamanya yakni kebiasaan membiarkan perut kosong dari pagi alias tidak sarapan. Maka itu, anak sangat dianjurkan untuk sarapan terlebih dahulu sebelum beraktivitas.

5.  Menjaga Mood Anak
Pentingnya sarapan untuk anak yang terakhir ini berkaitan dengan mood. Mood adalah suasana hati yang amat mempengaruhi banyak hal, salah satunya dalam bersosialisasi dengan teman sebayanya. Anak yang beraktivitas dengan perut kosong, sering kali juga membuatnya lebih mudah tersinggung.


Itulah kelima manfaat lain dari pentingnya sarapan sebelum anak pergi ke sekolah. Agar ia lebih semangat bersarapan, sediakanlah menu favoritnya atau pilih makanan yang simpel seperti sereal. Untuk tips lain mengenai gizi anak, kamu bisa langsung menanyakan selengkapnya pada ahlinya lewat aplikasi Halodoc. Cepat, aman, dan nyaman, komunikasikan segala perihal kesehatan anak secara online dengan gratis hanya di sini! Download langsung melalui Google Play dan App Store sekarang juga!

BACA JUGA: 4 Masalah Anak Susah Makan dan Cara Mengatasinya