• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Catat, Ini 6 Cara Menghilangkan Hidung Tersumbat pada Balita
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Catat, Ini 6 Cara Menghilangkan Hidung Tersumbat pada Balita

Catat, Ini 6 Cara Menghilangkan Hidung Tersumbat pada Balita

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli : 09 November 2021
Catat, Ini 6 Cara Menghilangkan Hidung Tersumbat pada Balita

“Hidung tersumbat otomatis membuat Si Kecil rewel karena merasa tidak nyaman. Meski dapat membaik dengan sendirinya, ibu perlu melakukan beberapa langkah ini jika Si Kecil sampai kehilangan nafsu makannya.”

Halodoc, Jakarta – Hidung tersumbat merupakan kondisi yang terjadi akibat produksi lendir berlebihan. Penyebabnya sendiri beragam, mulai dari alergi, flu, infeksi hidung, sinusitis, hingga polusi udara. 

Agar Si Kecil dapat kembali ceria, ibu dapat melakukan beberapa langkah berikut ini sebagai cara menghilangkan hidung tersumbat:

Baca juga: Ini Inspirasi Hadiah Mainan Bayi 2 Bulan

1. Membersihkan Hidung Anak

Ketika pilek dan tidak rajin dibersihkan, ingus akan mengeras dan menjadi kerak di dalam hidung. Kondisi tersebut tentu akan menyumbat lubang pernapasan. Untuk mencegah hal tersebut terjadi, ibu disarankan untuk membersihkan hidung anak secara rutin menggunakan cotton bud yang telah dibasahi dengan air hangat.

2. Tepuk Punggung Anak

Rasa tidak nyaman akibat hidung tersumbat membuat anak rewel dan menangis. Cara menghilangkan hidung tersumbat selanjutnya adalah dengan menepuk-nepuk punggung anak agar ia terasa nyaman. Posisikan Si Kecil tengkurap, kemudian tepuk punggungnya secara perlahan. Cara ini juga dapat mengeluarkan ingus.

3. Mengatur Posisi Tidur Anak

Ketika hidung tersumbat, posisi tidur tertentu membuat anak tidak bisa bernapas. Cara mengatur posisi tidur anak dapat dilakukan dengan meninggikan bagian kepala, sehingga ia lebih mudah bernapas. Posisi ini juga dapat mencegah ingus menggumpal di dalam hidung.

Baca juga: Bayi Alami Kembung, Ibu Lakukan 5 Hal Ini

4. Menggunakan Humidifier

Cara menghilangkan hidung tersumbat selanjutnya adalah dengan menggunakan pelembap udara atau humidifier dalam ruangan. Alat ini membuat udara di dalam ruangan menjadi lebih lembap, sehingga ingus di dalam hidung tidak mengeras. Jika tidak berhasil, ibu bisa menggunakan nebulizer.

5. Berikan Sup Hangat untuk Anak

Sup hangat dengan bumbu bawang putih bisa menjadi cara menghilangkan hidung tersumbat selanjutnya. Senyawa allicin dalam bawang putih dinilai dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh anak. Sedangkan kandungan vitamin C di dalamnya mampu menunjang proses penyembuhan.

6. Gunakan Alat Penyedot Ingus

Alat penyedot ingus cocok digunakan pada Si Kecil di bawah 6 bulan. Sebelum menyedotnya, gunakan obat tetes terlebih dulu, agar lendir menjadi lebih encer. Penggunaannya dimasukkan ke bagian dalam hidung, kemudian pencet bagian alat yang menggembung. Setelah melepaskannya, ingus akan tersedot ke dalam alat.

Baca juga: Ibu, Ini 3 Cara Mencegah Stunting pada Balita

Itulah beberapa cara menghilangkan hidung tersumbat pada Si Kecil. Jika sejumlah langkah tersebut tidak dapat mengatasi, disarankan untuk segera membuat janji temu dengan dokter di rumah sakit terdekat melalui aplikasi Halodoc. Yuk, download aplikasinya di sini.

This image has an empty alt attribute; its file name is Banner_Web_Artikel-01.jpeg

Referensi:

About Kids’ Health. Diakses pada 2021. Nasal congestion: How to clear your baby’s dry, stuffy nose.
Medline Plus. Diakses pada 2021. Stuffy or runny nose – children.
Cleveland Clinic. Diakses pada 2021.  How to Help Your Baby or Toddler Clear a Stuffy Nose
Omron. Diakses pada 2021. Quick Ways to Relieve Your Baby’s Blocked Nose