Ini Inspirasi Hadiah Mainan Bayi 2 Bulan

Ditinjau oleh  dr. Fadhli Rizal Makarim   29 Oktober 2021
Ini Inspirasi Hadiah Mainan Bayi 2 BulanIni Inspirasi Hadiah Mainan Bayi 2 Bulan

“Bayi usia 2 bulan sudah mulai mahir menggerakan tangan dan kakinya. Bahkan, ia sudah mulai melakukan kontak mata dan menangkap objek, khususnya yang memiliki warna mencolok. Nah, hadian mainan, seperti rattle, playmate gym, buku aktivitas sensorik, dan tummy time boost bisa menjadi pilihan untuk hadian istimewa bagi Si Kecil.”

Halodoc, Jakarta – Tentunya tidaklah mudah menemukan hadiah yang cocok untuk bayi usia 2 bulan. Mulai dari belum banyaknya aktivitas yang dilakukan oleh bayi hingga ukuran tubuh bayi yang berbeda-beda membuat banyak orang kebingungan untuk memberikan hadiah yang tepat bagi bayi 2 bulan.

Jangan khawatir, kamu bisa menemukan inspirasi hadiah menarik bagi bayi usia 2 bulan selain pakaian maupun peralatan tidur. Yuk, simak ulasannya di sini agar kamu bisa memberikan hadiah yang berguna dan bermanfaat bagi tumbuh kembang bayi usia 2 bulan.

Baca juga: 7 Jenis Mainan untuk Melatih Kemampuan Bayi

Hadiah Tepat untuk Bayi Usia 2 Bulan

Sebelum memastikan hadiah yang tepat untuk bayi usia 2 bulan, tidak ada salahnya kamu mengetahui perkembangan yang tengah terjadi pada bayi. Dengan begitu kamu tidak salah pilih dalam menentukan jenis hadiah. 

Saat berusia 2 bulan, bayi sudah mulai mahir menggerakkan anggota tubuh seperti tangan dan kaki. Meskipun belum bisa berkoordinasi secara optimal dengan objek yang digenggam, tetapi bayi sudah bisa mencoba untuk meraih objek menarik (berwarna cerah) di depannya.

Selain itu, bayi sudah mulai melakukan kontak mata dan melihat pergerakan objek di depannya, khususnya anggota keluarga terdekat, seperti ibu dan ayah. Pada usia 2 bulan bayi lebih banyak berkomunikasi dengan menangis. Namun, tidak jarang bayi sudah mulai berbicara seperti menggerutu.

Bayi mulai mampu mengenali suara ayah, ibu, dan anggota keluarga lainnya. Seringkali bayi mulai tersenyum saat mendengar suara yang mereka kenali.

Nah, setelah mengetahui pertumbuhan dan perkembangan bayi usia 2 bulan, kamu bisa memberikan hadian menarik, seperti:

  1. Buku Aktivitas Sensorik

Kini banyak buku yang disediakan untuk anak-anak bayi yang berusia 2 bulan dikenal sebagai buku aktivitas sensorik. Buku jenis ini terbuat dari bahan yang ringan dan memiliki beragam aktivitas sensorik didalamnya. Sehingga sangat cocok untuk digenggam bayi berusia 2 bulan. 

Selain warna-warna yang mencolok, buku ini dapat mengeluarkan bunyi-bunyian yang menarik bagi bayi berusia 2 bulan. Buku ini dapat meningkatkan rasa ingin tahu bayi dengan menyentuh dan menggenggam buku.

Baca juga: Jenis Mainan yang Tepat untuk Stimulasi Bayi 1 Tahun

  1. Tummy Time Boost

Bayi 2 bulan memerlukan rangsangan untuk melakukan tummy time agar tumbuh kembangnya semakin optimal. Jangan ragu untuk memberikan tummy time boost agar kegiatan tummy time semakin menyenangkan.

  1. Rattle dan Squeaker

Mainan rattle dan squeaker biasanya dibuat dengan warna yang cerah serta beragam tekstur yang bisa meningkatkan aktivitas sensorik anak. Tekstur dan suara yang menarik membuat bayi tertarik untuk menggenggam dan menyentuh.

Bukan hanya untuk menemani bayi saat tummy time, mainan rattle dan squeaker juga bisa digunakan pada tempat tidur bayi maupun stroller saat berjalan-jalan.

  1. Playmate Gym

Playmate gym bisa menjadi hadiah menarik untuk bayi usia 2 bulan. Biasanya, playmate gym menyediakan beragam mainan menarik untuk bayi 2 bulan yang bisa mengeluarkan bunyi atau tekstur yang menarik. 

Playmate gym bisa meningkatkan aktivitas bayi dengan menggerakan kaki, tangan, dan tubuhnya untuk menggapai mainan yang menarik. Ibu bisa meletakkan bayi secara telentang maupun tengkurap dengan aman.

  1. Teether

Tidak ada salahnya memberikan hadiah teether yang berbahan natural dan aman untuk bayi. Saat ini banyak jenis teether dengan warna dan motif menggemaskan yang dirancang cocok dengan genggaman bayi. Dengan begitu, bayi akan lebih mudah menggunakan teether.

Baca juga: Pentingnya Stimulasi Fisik pada Anak Selama Pandemi

Itulah mainan yang tepat untuk bayi usia 2 bulan. Pastikan ibu membersihkan mainan bayi sebelum memberikannya agar bayi terhindar dari berbagai penyakit.

Jika bayi terlihat mengalami gangguan kesehatan, segera gunakan aplikasi Halodoc dan bertanya langsung pada dokter anak mengenai gangguan kesehatan yang dialami anak. Yuk, download Halodoc sekarang juga melalui App Store atau Google Play!

This image has an empty alt attribute; its file name is HD-RANS-Banner-Web-Artikel_Spouse.jpg

Referensi:

Very Well Family. Diakses pada 2021. The 18 Best Gifts for 2-Month-Olds of 2021.
Babylist. Diakses pada 2021. Best Toys for Babies 0-6 Months.
Grow by Web MD. Diakses pada 2021. Baby Development: Your 2-Month Old.

Mulai Rp25 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Dokter seputar Kesehatan