• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Catat, Ini 6 Tips Aman saat Menonton ‘Big Match’ Sepak Bola
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Catat, Ini 6 Tips Aman saat Menonton ‘Big Match’ Sepak Bola

Catat, Ini 6 Tips Aman saat Menonton ‘Big Match’ Sepak Bola

4 menit
Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli : 03 Oktober 2022

“Ada beberapa tips aman saat menonton pertandingan besar sepak bola. Salah satunya adalah dengan senantiasa waspada terhadap situasi di sekelilingmu.”

Catat, Ini 6 Tips Aman saat Menonton ‘Big Match’ Sepak BolaCatat, Ini 6 Tips Aman saat Menonton ‘Big Match’ Sepak Bola

Halodoc, Jakarta – Duka cita mendalam untuk sepak bola Indonesia. Pada Sabtu lalu, (1/10/2022), terjadi kericuhan pasca laga antara Arema FC melawan Persebaya Surabaya, di Stadion Kanjuruhan Malang, Jawa Timur. Sekitar 127 orang (per-Minggu 2/10/2022) meninggal dunia pada kejadian tersebut. 

Adanya insiden gas air mata membuat penonton panik. Mereka berlari ke pintu keluar, sehingga terjadilah penumpukan. Alhasil, banyak suporter yang terhimpit, terinjak-injak, hingga sesak napas. 

Berdasarkan insiden tersebut, tentu hal ini mengingatkan kita bahwa pada pertandingan ‘big match’ sepak bola, bisa saja seseorang dihadapkan pada situasi dan kondisi yang tidak diinginkan. 

Karena itu, pastikan untuk mengetahui beberapa tips aman saat menonton pertandingan besar olahraga seperti sepak bola. Ketahuilah informasinya di sini! 

Tips Aman saat Menonton Big Match Sepak Bola

Berikut adalah beberapa tips aman yang perlu kamu ketahui: 

1. Pelajari lokasi sebaik mungkin

Beberapa hari sebelum pertandingan besar, pastikan untuk meluangkan beberapa menit untuk mempelajari stadion secara rinci. Hal ini dapat dilakukan dengan mencari tahu langkah-langkah keamanan stadion dan tata letak umum. Termasuk pintu keluar dan layanan darurat yang mungkin tersedia, dekat tempat duduk kamu pada tribun. Pastikan juga untuk memilih kursi yang dekat dengan lorong atau pintu keluar pada section tribun pada stadion. 

2. Tetap menerapkan protokol kesehatan 

Mengingat penularan COVID-19 dianggap masih memiliki angka yang fluktuatif, tidak ada salahnya untuk tetap menjaga protokol kesehatan. Salah satu hal terpenting yang dapat dilakukan adalah tetap di rumah jika kamu sakit atau mengalami gejala COVID-19 atau flu. 

Meskipun sulit untuk melewatkan pertandingan, lebih baik menghindari penyebaran penyakit. Jika kamu dalam keadaan sehat, pastikan untuk tetap mengenakan masker dan mencuci tangan dengan sabun saat sampai di stadion. Namun, penting untuk menjaga hand sanitizer sebagai cadangan. Sebab, bisa jadi toilet stadion tidak menyediakan sabun untuk mencuci tangan. 

3. Tetap waspada

Pastikan untuk senantiasa waspada dengan melihat orang-orang di sekelilingmu. Khususnya jika sudah mulai ada kata-kata yang provokatif antar suporter dari kedua tim. Apabila hal ini terjadi, dan keadaan mulai memanas, sebaiknya kamu pergi sebelum pertandingan berakhir. 

Sebab, apabila mulai terjadi kericuhan yang berpotensi menjadi bentrokan, maka semakin lama kamu menunggu, semakin sulit untuk melarikan diri. Dengan keluar dari keramaian, kamu juga akan mengurangi bahaya bagi orang lain, karena area tersebut akan kurang ramai bagi mereka yang pergi sebelum pertandingan usai.

4. Atur napas sebaik mungkin

Salah satu tips aman yang juga perlu diterapkan adalah mengatur napas sebaik mungkin. Pasalnya, oksigen merupakan sesuatu yang sangat berharga di tengah kerumunan pertandingan olahraga besar. Selain itu, sebagian besar kematian yang terjadi pada setiap insiden pertandingan besar, disebabkan oleh sesak napas. 

Karena itu, meski pertandingan tidak menunjukkan tanda kericuhan, pastikan untuk mengatur napas sebaik mungkin. Hindari juga berteriak terlalu keras dan terlalu bersemangat. 

5. Bawa camilan sehat dan minuman 

Kerumunan yang padat dapat membuat suhu menjadi semakin panas, sehingga tubuh akan cenderung mudah berkeringat. Apalagi jika cuaca saat pertandingan sedang panas. Karena itu, pastikan untuk membawa minuman dalam jumlah yang sesuai, dan camilan sehat. Hal ini bertujuan untuk menghindari dehidrasi akibat keringat yang keluar dari tubuh, dan mencegah rasa lapar yang dapat membuat tubuh lemas. 

6. Kenakan gelang atau identifikasi tanda medis

Bila kamu memiliki kondisi medis tertentu, seperti diabetes, asma, atau kondisi medis lainnya, cobalah kenakan gelang identifikasi medis. Tujuannya untuk mempermudah petugas medis mengambil tindak penanganan. Jangan lupa juga untuk membawa obat-obat pribadi.

Dengan banyaknya jumlah korban di tragedi Kanjuruhan, peristiwa tragis tersebut menjadi kerusuhan suporter nomor dua di dunia yang paling banyak menelan korban. Tragedi pertama terjadi pada 1964, di Stadion Nasional, Lima Peru, saat laga Peru kontra Argentina.

Nah, itulah beberapa tips aman saat menonton pertandingan besar sepak bola. Salah satu tips yang paling penting untuk diterapkan adalah senantiasa waspada terhadap orang-orang di sekelilingmu.

Selain itu, jangan memaksakan untuk tetap datang menonton pertandingan jika sedang sakit. Jika selama pertandingan kamu merasakan keluhan kesehatan, segeralah pulang dan memeriksakan kondisimu. 

Nah melalui aplikasi Halodoc, kamu bisa membuat janji rumah sakit untuk memeriksakan kondisi kesehatan. Tentunya tanpa perlu menunggu atau mengantre berlama-lama. Jadi, tunggu apa lagi? Yuk, download Halodoc sekarang juga!

Referensi: 
GDBA. Diakses pada 2022. Stadium Safety & Security Tips: How to Protect Yourself and Others During the Big Game. 
Red Cross.org. Diakses pada 2022. How to Stay Safe While Watching the Big Game. 
The Conversation. Diakses pada 2022. Ten tips for surviving a crowd crush. 
Halodoc. Diakses pada 2022. Aksi 22 Mei, Ini Fakta Dinkes DKI dan Tips Aman Saat Demonstrasi. 
Detik.com. Diakses pada 2022. Bertambah, Korban Tewas Tragedi Kanjuruhan Capai 174 Orang, 309 Luka. 
Tempo.co. Diakses pada 2022. Kerusuhan di Stadion Kanjuruhan Malang, Ini Kronologinya