• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Catat, Ini 8 Cara Mudah Turunkan Berat Badan
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Catat, Ini 8 Cara Mudah Turunkan Berat Badan

Catat, Ini 8 Cara Mudah Turunkan Berat Badan

4 menit
Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli : 25 Mei 2022

“Selain mengatur pola makan dan berolahraga secara rutin, mengubah kebiasaan sehari-hari menjadi lebih sehat juga bisa menjadi cara mudah turunkan berat badan. Meski hasilnya perlahan, cara ini mudah dilakukan bila dilakukan dengan konsisten.”

Catat, Ini 8 Cara Mudah Turunkan Berat Badan

Halodoc, Jakarta – Tahukah kamu kalau menurunkan berat badan tidak harus selalu dengan cara yang menyiksa? Contohnya, membatasi asupan makanan seminim mungkin. Sebab ada beberapa kebiasaan sehat yang bisa membantumu menurunkan berat badan secara mudah dan perlahan.

Jika selama ini kamu berdiet dengan ketat hingga membuat tubuh terasa lemas, nah kali ini cobalah melakukan beberapa kebiasaan baik ini. Jika dilakukan secara rutin, kamu bisa mendapat tubuh yang sehat, metabolisme tubuh membaik serta berat badan pun tetap ideal. 

Yuk, cari tahu kebiasaan baik apa saja yang bisa menjadi cara mudah turunkan berat badan di sini.

Cara Mudah Turunkan Berat Badan

Tanpa disadari, ada banyak kebiasaan sehari-hari yang bisa berpengaruh terhadap naiknya berat badan. Jadi, selain mengatur pola makan dan berolahraga secara rutin, kebiasaan sehari-hari yang tidak baik juga perlu diubah agar berat badan bisa berkurang.

Cara mudah turunkan berat badan ini mungkin tidak akan memberi kamu hasil yang signifikan secara cepat. Namun, cara ini lebih mudah untuk dilakukan secara konsisten, sehingga kamu bisa mengurangi berat badan secara bertahap. 

Nah, berikut cara mudah turunkan berat badan yang bisa kamu coba.

1.  Hindari Makan Sambil Bekerja

Mau sesibuk apa pun, sebaiknya hindari makan sambil bekerja. Jika kamu makan sambil bekerja, tanpa disadari kamu justru lebih banyak mengonsumsi kalori.

Hal itu karena kamu lebih fokus pada pekerjaan dan bukannya menghabiskan makanan. Belum lagi jika setelah makan kamu tetap diam di meja dan bukannya bergerak. Padahal, tubuh perlu membakar kalori yang sudah masuk. 

Namun, kalau memang pekerjaanmu sedang menumpuk dan terpaksa makan sambil bekerja, sebaiknya luangkan waktu setelah makan untuk berdiri dan berjalan-jalan di sekitar kantor. Tujuannya agar tubuh bergerak dan pencernaan pun jadi lebih lancar.

2.  Sarapan Rendah Kalori

Walaupun sedang diet, sebaiknya jangan melewatkan sarapan pagi. Alasannya, sarapan pagi mencegah dirimu untuk makan berlebihan pada waktu makan siang.

Tubuh juga butuh energi untuk beraktivitas, sehingga sarapan bisa memberikan pasokan energi dan nutrisi yang dibutuhkan tubuh untuk tetap semangat sepanjang hari. Agar berat badan tidak melonjak, sebaiknya pilih sarapan rendah kalori dan tinggi serat seperti oatmeal atau roti gandum, ya.

3.  Waktu Makan Malam

Bila ingin makan malam, ingat untuk selalu memberi jeda dua jam antara waktu makan malam dan waktu tidur. Hal itu agar tubuh tidak sibuk mencerna makanan saat sedang tidur.

Sedangkan kalau dalam masa diet, penting untuk menjaga jam makan malam di waktu yang sama setiap hari. Hindari makan dan minuman yang manis jika sudah masuk pukul 18.30 – 19.00 malam. Selain itu, hindari juga karbohidrat tinggi untuk menu makan malam, ya!

4.  Tidur Awal, Bangun Pagi

Kalau kamu berkomitmen untuk menurunkan berat badan, sebaiknya kamu membiasakan untuk tidur lebih awal dan bangun satu jam lebih pagi. Tujuannya agar kamu bisa punya waktu untuk melakukan olahraga ringan sebelum beraktivitas. Kamu bisa memilih jenis olahraga lari, joging, atau bersepeda yang mudah dilakukan di sekitar rumah.

5.  Renang

Jika kamu melakukan dengan benar, berenang bisa membantu kamu untuk membakar banyak kalori. Dalam satu jam, jika kamu berenang dengan intensitas sedang maka rata-rata kalori yang terbakar adalah 400-500 kalori. 

Selain itu, berenang membuat seluruh tubuh bergerak sehingga dapat melatih otot dan membentuk badan secara ideal. Tak hanya itu, berenang juga bisa membuat metabolisme tubuh meningkat.

6.  Traveling

Buat kamu yang suka travelling, kegiatan yang satu ini sebenarnya juga merupakan cara mudah turunkan berat badan. Hal itu karena saat travelling, kamu akan lebih banyak berjalan untuk mengeksplorasi tempat-tempat menarik.

Nah, agar bisa mendapatkan hasil yang maksimal, cobalah untuk berjalan kaki untuk bepergian dari satu tempat ke tempat lain saat travelling. Kamu juga bisa melakukan olahraga, seperti bersepeda atau berenang di pantai saat travelling

Namun, ingat perhatikan juga makanan yang dikonsumsi saat traveling. Boleh saja wisata kuliner, tapi jangan berlebihan dan imbangi juga dengan aktivitas fisik agar kalori tidak menumpuk di tubuh.

7. Pilih Minuman dengan Bijak

Tidak hanya makanan, kamu juga perlu memperhatikan jenis minuman yang konsumsi. Ingat, minuman manis juga bisa memberikan banyak kalori pada tubuh sama seperti makanan padat.

Oleh karena itu, memilih untuk lebih banyak minum air putih atau minuman sehat lainnya adalah cara mudah turunkan berat badan yang bisa kamu lakukan. Contoh minuman sehat, seperti air putih, susu rendah lemak, air kelapa, infused water, jus buah tanpa gula, dan lain-lain.

8. Jangan Stok Junk Food

Untuk menghindari godaan, jangan menyimpan junk food, seperti coklat, biskuit, keripik, dan minuman manis bersida, di rumah. Sebagai gantinya, pilihlah camilan sehat seperti buah-buahan, popcorn tawar, kue gandum, dan lain-lain.

Bila kamu ingin bertanya lebih lanjut mengenai cara mudah turunkan berat badan, tanya dokter saja melalui aplikasi Halodoc. Dokter Halodoc bisa dihubungi melalui Video/Voice Call dan Chat, kapan saja dan di mana saja. Yuk, download aplikasi Halodoc sekarang di App Store dan Google Play.

Referensi:
National Health Service. Diakses pada 2022. 12 tips to help you lose weight.
WebMD. Diakses pada 2022. 10 Ways to Lose Weight Without Dieting