• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Cegah Bau Mulut dengan Menggosok Lidah

Cegah Bau Mulut dengan Menggosok Lidah

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli
Cegah Bau Mulut dengan Menggosok Lidah

Halodoc, Jakarta – Mengalami bau mulut tentunya membuat rasa percaya diri seseorang menurun. Kondisi yang tidak nyaman juga membuat produktivitas seseorang dapat terganggu. Bau mulut atau halitosis merupakan salah satu kondisi di mana seseorang memiliki aroma napas yang kurang sedap. 

Baca juga: Alasan Pentingnya Membersihkan Lidah Bagi Kesehatan

Umumnya, bau mulut disebabkan oleh makanan yang dikonsumsi, gaya hidup, gangguan kesehatan pada bagian mulut, hingga kurang menjaga kebersihan gigi. Bukan hanya gigi, sebaiknya perhatikan juga kebersihan lidah karena dapat memicu bau mulut pada seseorang. Yuk, simak lebih banyak informasi mengenai menjaga kebersihan lidah untuk cegah bau mulut.

Lidah yang Bersih Hindari Bau Mulut

Tentunya ada rasa tidak nyaman saat kamu mengalami bau mulut. Ada beberapa gejala yang akan dirasakan ketika bau mulut, seperti muncul rasa asam pada mulut hingga mulut yang terasa kering.

Namun, tidak hanya itu, kondisi bau mulut terkadang juga disertai dengan lidah yang berwarna putih. Nah, sebaiknya bukan hanya memperhatikan kebersihan gigi dan area mulut saja. Menjaga kebersihan lidah untuk cegah bau mulut pun perlu kamu lakukan.

Lidah menjadi putih akibat adanya lapisan putih yang cukup tebal. Lapisan putih ini dapat muncul ketika bakteri, sisa makanan, dan sel-sel mati terjebak di antara papila pada permukaan lidah. Kondisi yang tidak diatasi dapat menyebabkan papila membengkak dan meradang.

Bukan hanya itu, kondisi ini memicu bau mulut, rasa asam, tidak nyaman, bahkan kemerahan pada lidah. Bakteri yang berada pada permukaan lidah juga meningkatkan risiko kerusakan gigi maupun gangguan pada kesehatan mulut.

Baca juga: Cegah Kanker Lidah dengan Kebiasaan Sederhana Ini

Menjaga kebersihan lidah untuk cegah bau mulut bisa kamu lakukan dengan berbagai cara. Menurut John. D. Kling, DDS di Virginia, menggosok lidah menjadi salah satu cara tepat untuk menghilangkan lapisan putih pada lidah. Lakukan kegiatan ini setelah menyikat gigi. Pertama, lakukan sikat ke depan dan belakang. Kemudian, lanjutkan dengan gerakan menggosok kedua sisi kanan dan kiri lidah. Setelah itu, bilas mulut dengan air bersih. 

Tidak hanya itu, kamu juga bisa membersihkan lidah dengan menggunakan teknik X. Caranya, julurkan lidah keluar, kemudian sikat miring dari kanan ke kiri, begitu sebaliknya, sikat miring dari kiri ke kanan sehingga membentuk huruf X. Gerakan yang ketiga, sikat lurus dari tengah menuju ke bawah. Lalu, kumur dengan air bersih agar kotoran bisa berkurang. 

Hal yang perlu diperhatikan saat membersihkan lidah adalah lakukan seluruh gerakan menyikat dengan lembut. Jangan terlalu menekan atau kasar. Kondisi ini dapat meningkatkan risiko iritasi pada lidah. Menjaga kebersihan lidah untuk cegah bau mulut perlu kamu lakukan secara konsisten dan rutin, sehingga kamu terhindar dari gangguan kesehatan gigi dan mulut.

Cara Lain Menjaga Kebersihan Lidah untuk Cegah Bau Mulut

Bukan hanya menggosok lidah. Kamu juga perlu melakukan cara lain yang bisa digunakan untuk mencegah bau mulut, seperti:

  1. Perbanyak mengonsumsi air putih.
  2. Menghindari makanan yang beraroma tajam.
  3. Batasi pengonsumsian makanan manis. Ini karena kandungan gula dapat memicu pertumbuhan bakteri pada lidah maupun gigi.
  4. Rutin melakukan pemeriksaan pada dokter gigi untuk memastikan kesehatan area mulut dan gigi.

Baca juga: 6 Cara Sederhana untuk Menghilangkan Bau Mulut

Untuk bertanya langsung pada dokter gigi, kamu bisa gunakan Halodoc. Yuk, download Halodoc sekarang juga melalui App Store atau Google Play!

Referensi:
Healthline. Diakses pada 2021. Why You Should Be Brushing Your Tongue.
Journal of Applied Oral Science. Diakses pada 2021. A New Technique for Tongue Brushing and Halitosis Reduction: The X Technique.
Women’s Health. Diakses pada 2021. 12 Causes of Bad Breath and How To Get Rid of Each One.
Cleveland Clinic. Diakses pada 2021. White Tongue.