• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Cek Fakta: Benarkah Yoga dapat Mengobati Insomnia?
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Cek Fakta: Benarkah Yoga dapat Mengobati Insomnia?

Cek Fakta: Benarkah Yoga dapat Mengobati Insomnia?

3 menit
Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli : 14 September 2022

“Yoga menjadi salah satu jenis olahraga yang dapat membantu mengobati insomnia. Beberapa gerakannya yaitu forward fold, supine twist dan child’s pose.”

Cek Fakta: Benarkah Yoga dapat Mengobati Insomnia?Cek Fakta: Benarkah Yoga dapat Mengobati Insomnia?

Halodoc, Jakarta – Yoga menjadi salah satu jenis olahraga yang bertujuan untuk meningkatkan kesehatan dan kesejahteraan tubuh. Gerakannya melibatkan aktivitas fisik, latihan pernapasan, teknik relaksasi dan meditasi.

Dengan yoga, seseorang bisa mengenal tubuh, pikiran, jiwa dan seluruh aspek dalam dirinya lebih dalam. Dampak positifnya, terjadi peningkatan kualitas tidur dan mencegah sekaligus mengobati insomnia.

Untuk mengobati insomnia, yoga bisa dilakukan secara intens sebelum tidur. Gerakan yang dilakukan meliputi forward fold, supine twist dan child’s pose.

Kaitan Yoga dan Insomnia

Insomnia merupakan gangguan yang menyebabkan pengidapnya kesulitan tidur di malam ini. Gangguan ini menyebabkan penurunan kualitas hidup dan kesehatan pengidap secara keseluruhan.

Seseorang membutuhkan waktu tidur yang cukup agar tubuh bisa berfungsi dengan baik, terhindar dari stres dan penyakit kronis, seperti sakit jantung dan diabetes. Kurang waktu tidur juga meningkatkan risiko depresi dan gangguan kecemasan.

Melansir dari Sleep Foundation, berkat yoga, lebih dari 55 persen orang mengalami peningkatan kualitas tidur dan sebanyak 85 persen orang mengalami penurunan kadar stres dalam otaknya.

Yoga terbukti efektif meningkatkan kualitas tidur bagi semua orang di rentang usia berbeda, mulai dari anak-anak hingga orang tua. Untuk mengobati insomnia, disarankan untuk melakukan yoga secara rutin minimal 150 menit per minggu.

Pose Yoga untuk Mengobati Insomnia

1. Forward Fold 

Pose ini dilakukan dengan posisi berdiri dan membungkuk hingga kepala menyentuh lutut. Tujuannya adalah membantu meredakan ketegangan di leher, punggung, tulang belakang, pinggul dan betis.

Forward fold efektif meningkatkan suplai darah menuju otak guna membantu mengobati insomnia. Pertama-tama, berdiri dengan kaki dibuka selebar pinggung. Kemudian membungkuk ke depan sampai dada menempel di paha dan kepala menempel di lutut.

Tahan posisi ini selama 30 hingga 60 detik. Untuk kembali ke posisi semula, letakkan tangan ke pinggul untuk menahan bobot tubuh, kemudian perlahan luruskan tubuh.

2. Supine Twist

Lakukan pose ini sesaat sebelum tidur. Caranya dengan berbaring terlentang dan tekuk lutut kanan ke arah kiri. Kemudian, rentangkan kedua lengan dan hadapkan badan serta kepala ke arah kanan.

Yoga dilakukan dalam posisi kepala dan badan berbalik arah dengan posisi kaki yang menekuk. Lakukan cara yang sama pada sisi tubuh lainnya. Manfaatnya adalah meningkatkan kualitas tidur dan menjaga tekanan darah dalam tubuh.

3. Child’s Pose

Pertama-tama, posisikan tubuh duduk bersila. Kemudian, luruskan tangan ke depan dengan kedua telapak saling bersentuhan sembari membungkukkan badan hingga kepala menempel pada matras.

Tahan pose ini selama 60 detik. Untuk mengembalikan ke posisi semula, angkat pinggul dan punggung hingga badan kembali ke tegah. Pose ini memberikan efek peregangan di tulang belakang. 

Itulah kaitan antara yoga dan gerakannya untuk mengatasi insomnia. Jika kamu mengalami kendala atau gangguan kesehatan dalam pelaksanaannya, silakan tanya dokter untuk membantu mengatasi keluhan.

Kamu juga bisa mendapatkan informasi lain seputar kesehatan, gaya hidup dan pola hidup sehat lainnya dengan mendownload Halodoc sekarang juga!

Referensi:
Healthline. Diakses pada 2022. A Restful Yoga Routine for Insomnia.
Sleep Foundation. Diakses pada 2022. Yoga and Sleep.
Appl Psychophysiol Biofeedback. 2004. Diakses pada 2022. Treatment of chronic insomnia with yoga: a preliminary study with sleep-wake diaries.