Yoga

Yoga menjadi salah satu jenis olahraga yang kini semakin digemari oleh masyarakat. Tidak hanya menyehatkan badan, olahraga satu ini juga disinyalir mampu mengurangi stres dan depresi, membantu memperbaiki suasana hati, seabagai salah satu cara meditasi paling baik, hingga membuat wajah tampak selalu awet muda. Yoga pun menjadi jenis olahraga yang terbilang murah dan bisa dilakukan oleh siapa saja, mulai dari anak-anak, remaja, dewasa, dan lansia. Pun, yoga bisa dilakukan kapan saja dan di mana saja, tidak membutuhkan tempat dan waktu khusus.

Seiring berjalannya waktu, banyak orang yang makin sadar jika dilakukan secara rutin karena yoga akan memberikan dampak yang baik bagi kesehatan yang mungkin belum kamu ketahui.

1. Mengatasi Depresi
Dalam yoga bukan hanya fisik yang dilatih, tapi juga teknik pernapasan yang baik untuk menyehatkan pikiran. Walaupun menguasai teknik pernapasan pada yoga tidak mudah dan memerlukan waktu yang tidak sebentar, namun dengan membiasakan diri melakukan teknik pernapasan biasa rasa cemas, stres, dan depresi yang kamu rasakan bisa mereda.

Olahraga yoga yang dilakukan setiap 30 menit sehari dapat menurunkan stres dan meningkatkan fokus kerja serta mood. Teknik pernapasan pada yoga dapat memberikan ketenangan pada sistem saraf dan menurunkan detak jantung yang baik bagi kesehatan mental.

2.Atasi Sindrom Carpal Tunnel
Sindrom Carpal Tunnel (CTS) atau yang sering disebut juga sindrom lorong karpal merupakan penyakit yang bisa menyerang pergelangan tangan yang disebabkan saraf yang tertekan. Gejala yang biasanya terjadi adalah tangan kesemutan, kebas, dan lemah. Jika tidak segera ditangani hal tersebut bisa menyebabkan cacat. Biasanya sindrom ini menyerang orang yang sering memakai komputer. Dengan yoga, kamu akan merasakan manfaat yoga untuk membantu kamu mengatasi sindrom ini. Berdasarkan penelitian yang diterbitkan oleh Journal of the American Medican Association (JAMA), jika selama 8 minggu kamu melakukan yoga, maka bisa menurunkan rasa sakit yang terkena sindrom CTS.

3.    Bisa Menurunkan Berat Badan
Manfaat yoga lainnya yaitu dengan melakukan yoga secara rutin dipercaya bisa menurunkan berat badan hingga 18 pon berat badan dalam kurun waktu empat tahun. Nah, jika orang yang tak biasa melakukan yoga, maka kamu memerlukan waktu lebih lama yaitu 10 tahun.

4.   Menurunkan Gejala Menopause
Penelitian dari University of California menghasilkan jika manfaat yoga untuk wanita menopause yang berolahraga yoga selama dua bulan, bisa mengalami penurunan gejala menopause sampai 30 persen. Manfaat yoga yang lainnya adalah jika melakukan yoga selama 90 menit setiap dua kali seminggu. Hal tersebut tentunya bisa menaikkan mood dan kesehatan dalam masa menopause.

5.    Meniingkatkan Kualitas Hubungan Seksual
Nama yoga berasal dari Bahasa sansekerta yang memiliki arti ‘hubungan’ dan ‘penyatuan’. Melalui yoga, kamu akan diajarkan cara menyatukan pikiran dan fisik, sehingga tak heran yoga dapat meningkatkan kualitas hubungan seksual. Penelitian di Journal of Sexual Medicinemenghasilkan, jika yoga dilakukan selama 12 minggu dapat meningkatkan gairah seksual.

Dalam praktiknya pun yoga tidak memerlukan kekuatan fisik prima layaknya olahraga lain. Manfaat yoga bisa dirasakan oleh semua umur, jenis kelamin, dan berbagai kondisi medis (berdasarkan petunjuk dokter). Lakukan yoga secara rutin, dan jangan sia-siakan manfaat yoga yang bisa kamu dapatkan. Yoga tidak hanya bisa berguna untuk ketenangan pikiran, tapi juga dapat membantu kamu meningkatkan kesehatan serta kebugaran tubuh kamu.