• Home
  • /
  • Kesehatan
  • /
  • Yoga

Yoga

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli
Yoga-Halodoc

Pengertian Yoga

Yoga adalah latihan yang mengombinasikan pikiran dan tubuh yang telah dilakukan sejak 5.000 tahun lalu dalam filosofi India kuno. Berbagai gaya yoga menggabungkan postur fisik, teknik pernapasan, dan meditasi atau relaksasi. Yoga menjadi populer sebagai bentuk latihan fisik berdasarkan pose yang meningkatkan kontrol pikiran dan tubuh, serta meningkatkan kesejahteraan dalam beberapa waktu terakhir.

Baca juga: Anti Gravity Yoga Bisa Cegah Nyeri Punggung, Kok Bisa?


Jenis-Jenis Yoga

Yoga modern telah berkembang dengan fokus pada olahraga, kekuatan, kelenturan, dan pernapasan. Aktivitas ini dapat membantu meningkatkan kesehatan fisik dan mental.

Ada banyak jenis yoga yang bisa disesuaikan dengan kondisi tubuh, yaitu:

1. Yoga Ashtanga

Jenis yoga ini menggunakan ajaran yoga kuno dan populer selama tahun 1970-an. Ashtanga menerapkan enam urutan postur yang dengan cepat menghubungkan setiap gerakan dengan napas.

2. Bikram yoga

Yoga ini Juga dikenal sebagai yoga "panas", bikram yoga dilakukan di ruangan dengan pemanas buatan pada suhu hampir 105 derajat dan kelembapan 40 persen. Ini terdiri dari 26 pose dan urutan dua latihan pernapasan.

3. Hatha yoga

Yoga ini adalah istilah umum untuk semua jenis yoga yang mengajarkan postur fisik. Kelas "Hatha" biasanya berfungsi sebagai pengantar lembut untuk postur yoga dasar.

4. Iyengar yoga

Jenis ini berfokus pada menemukan kesejajaran yang benar di setiap pose menggunakan berbagai alat peraga, seperti balok, selimut, tali pengikat, kursi, dan guling.

5. Yoga Jivamukti

Jenis yoga ini muncul pada tahun 1984, menggabungkan ajaran dan praktik spiritual yang berfokus pada aliran cepat antara pose daripada pose itu sendiri.

6. Kripalu yoga

Jenis ini mengajarkan praktisi untuk mengetahui, menerima, dan belajar dari tubuh. Seorang siswa Kripalu belajar menemukan tingkat praktik mereka sendiri dengan melihat ke dalam. Kelas biasanya dimulai dengan latihan pernapasan dan peregangan lembut, diikuti dengan serangkaian pose individu dan relaksasi.

7. Kundalini yoga

Yoga Kundalini adalah sistem meditasi yang bertujuan untuk melepaskan energi yang terpendam. Kelas biasanya dimulai dengan nyanyian dan diakhiri dengan nyanyian.

8. Yoga prenatal

Yoga prenatal menggunakan postur yang dirancang untuk ibu hamil. Ini dapat mendukung tubuh untuk kembali ke bentuk semula setelah kehamilan serta mendukung kesehatan selama kehamilan.

9. Yoga restoratif

Ini adalah metode yoga relaksasi. Seseorang menghabiskan kelas yoga restoratif dalam empat atau lima pose sederhana, menggunakan alat peraga seperti selimut dan guling untuk tenggelam dalam relaksasi yang mendalam tanpa mengerahkan upaya apa pun untuk menahan pose tersebut.

Baca juga: 3 Gerakan Yoga yang Dapat Membantu Tidur Nyenyak


Manfaat Yoga

Sama seperti olahraga lainnya, yoga juga memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh, di antaranya:

1. Membantu mengurangi stres

Semua jenis olahraga bisa membantu mengurangi stres dan depresi, termasuk yoga. Olahraga ini dikatakan bisa membantu mengurangi perasaan gelisah, stres, dan memperbaiki mood. Bahkan, manfaat yoga juga bisa dirasakan pada seseorang dengan kondisi gangguan kecemasan, skizofrenia, juga masalah tidur. Bagi orang dewasa, yoga juga bisa membantu meredakan tantrum.

2. Meningkatkan kebugaran tubuh

Selain mengurangi stres dan depresi, yoga juga membuat tubuh menjadi lebih bugar, kuat, dan lentur. Aktivitas satu ini juga membantu memperbaiki postur tubuh dan menurunkan berat badan.

3. Mengatasi berbagai masalah kesehatan

Yoga menjadi salah satu alternatif olahraga yang tepat untuk pengidap penyakit jantung atau hipertensi. Tidak hanya itu, yoga juga diyakini bisa membantu meringankan migrain, nyeri, dan masalah kesulitan tidur atau insomnia.

4. Meringankan sakit punggung

Beberapa pose yoga juga membantu meringankan sakit punggung, termasuk sakit punggung kronis. Ini disebabkan karena berbagai gerakan peregangan tubuh pada olahraga yoga yang membantu tubuh lebih lentur.

5. Membantu membakar lemak tubuh

Yoga juga bisa menjadi pilihan olahraga yang membantu membakar lemak tubuh. Jenis yoga seperti ashtanga, bikram, dan power yoga adalah beberapa pilihan yang direkomendasikan. Kombinasikan dengan berlari, jalan kaki, atau olahraga aerobik.

Ternyata, yoga pun memiliki manfaat bagi wanita yang sedang merencanakan kehamilan. Beberapa pose yoga, seperti malasan squat, goddess pose, dan staff pose dikatakan membantu meningkatkan peluang wanita untuk mendapatkan kehamilan.

Baca jugaIni 3 Gerakan Yoga untuk Diet Sehat


Kapan Harus ke Dokter?

Jika masih ragu untuk melakukan yoga karena adanya kondisi tertentu, segera tanyakan pada dokter. Agar lebih mudah, download dan pakai aplikasi Halodoc untuk tanya jawab dengan dokter, membeli vitamin dan obat, atau membuat janji berobat ke rumah sakit.


Referensi:
Medical News Today. Diakses pada 2021. How does yoga work?
Healthline. Diakses pada 2021. 13 Benefits of Yoga That Are Supported by Science.
Everyday Health. Diakses pada 2021. 11 Unexpected Health-Promoting Benefits of Yoga.


Diperbarui pada 12 April 2021.