21 June 2018

Cicip Bubur Kacang Hijau, Ini Manfaatnya

manfaat kacang hijau, bubur kacang hijau, zat besi

Halodoc, Jakarta – Bubur kacang hijau atau biasa disingkat burjo ialah kuliner khas Indonesia yang rasanya pasti sudah sangat familiar di lidah kamu. Bahan dasarnya yakni kacang hijau adalah sejenis polong-polongan yang mengandung banyak sekali kandungan gizi. Ada beberapa macam varian kuliner bubur kacang hijau yang sudah banyak dikembangkan, antara lain bubur kacang hijau ketan hitam, bubur kacang hijau ketan merah, bubur kacang hijau ubi, dan masih banyak lagi.

Makanan ini paling sering dijadikan sebagai sarapan atau sebagai camilan sore hari. Para pakar gizi pun mengatakan bahwa khasiat dan manfaat kacang hijau terbukti sangat baik bagi kesehatan saraf otak, hati, jantung, jaringan sel-sel darah, mata, dan organ tubuh lainnya. Kandungan gizi dan nutrisi pada kacang hijau antara lain serat, asam folat, kalsium, vitamin A, vitamin C, vitamin B1, vitamin B2, karotenoid, zeaxanthin, protein, potasium, phosphorus, magnesium, zinc, selenium, dan lain-lain. Dengan kandungan gizi yang sangat banyak tersebut, maka tidak heran jika makanan ini memiliki banyak sekali manfaat, antara lain:

  1. Menurunkan Kadar Kolesterol Darah

Kandungan nutrisi pada bubur kacang hijau yakni omega 3, omega 6, dan zat besi telah terbukti sangat bermanfaat dalam mengurangi dan menurunkan kadar kolesterol dalam darah. Dengan rajin mengonsumsi bubur kacang hijau, maka aliran darahmu akan lebih stabil yang kemudian berdampak pada stabilnya kinerja sel-sel jantung sebagai pemompa darah ke seluruh tubuh.

  1. Menjaga Kesehatan Jantung

Selain menurunkan kolesterol dalam darah, kandungan zat besi, fosfor, vitamin A, vitamin C, kalium, potasium, dan magnesium yang terdapat pada bubur kacang hijau sangat bermanfaat untuk kinerja pembuluh darah, sehingga secara langsung dapat menjaga kesehatan jantung. Kandungan flavonoid dan antioksidan pun sangat tinggi, sehingga terbukti aktif mencegah pembekuan darah di arteri dan vena.

  1. Menjaga Kesehatan Mata

Kandungan karotenoid di dalam kacang hijau berfungsi aktif mencegah Degenerasi Makula atau penyakit penurunan kemampuan mata sebagai indra penglihatan. Selain itu, kandungan lutein dan zeaxanthin juga bermanfaat mencegah stres pada saraf dan otot bagian internal mata.

Baca juga: 7 Vitamin Utama Untuk Mata

  1. Mengatasi Anemia

Dengan kandungan zat besi yang cukup banyak, maka manfaat bubur kacang hijau akan sangat terasa bagi kamu yang biasa terserang anemia. Kandungan zat besi pada kacang hijau akan mencegahmu dari anemia dan faktanya kandungan zat besi pada kacang hijau terbilang yang paling tinggi dari pada jenis kacang yang lain, sehingga cocok dikonsumsi setiap hari.

  1. Bermanfaat Untuk Ibu Hamil

Tidak hanya membantu memperkuat imunitas tubuh, manfaat kacang hijau juga akan dirasakan oleh ibu hamil dan juga janinnya. Kandungan vitamin B-nya yang sangat lengkap bermanfaat dalam mengatur pembentukan sel-sel saraf bayi. Sementara bagi ibu hamil sendiri, kandungan zat besi yang terdapat pada bubur kacang hijau dapat meningkatkan produktivitas sel-sel darah merah yang sebelumnya berkurang akibat dari proses kelahiran.

  1. Menangkal Racun dalam Tubuh

Sebuah riset dalam Juornal Medicine of Healthy Food menyebutkan bahwa biji kacang hijau ternyata memiliki kemampuan  detoksifikasi (mengeluarkan racun dari tubuh), sehingga terbilang sangat efektif dan sangat efisien untuk dijadikan makanan bagi mereka yang sedang menderita penyakit kronis.

Baca juga: Kacang Untuk Diet Harian Yang Mudah

Masih punya banyak pertanyaan mengenai manfaat kacang hijau? Jangan ragu untuk tanyakan langsung ke dokter yang ada di aplikasi Halodoc! Di aplikasi ini, kamu bisa bicara dengan dokter melalui Video/Voice Call atau Chat. Ayo, nikmati praktisnya aplikasi HalodocDownload segera di Google Play atau App Store.