7 Vitamin Utama untuk Mata

7 Vitamin untuk Menjaga Kesehatan Mata
DIET & NUTRISI 04 May 2018

Halodoc, Jakarta — Untuk menjaga kesehatan mata, diperlukan asupan vitamin yang cukup. Ini 7 vitamin utama yang paling dibutuhkan bagi kesehatan mata, semuanya bisa kamu temukan pada berbagai makanan sehat sehari-hari.

  1. Lutein

Antioksidan yang dijuluki vitamin mata ini baik untuk melindungi mata dan kulit. Lutein bisa ditemukan pada makanan seperti sayuran hijau, kuning telur, buah sitrus seperti jeruk, lemon, dan anggur, serta sayuran oranye. Enam miligram lutein setiap hari dapat menurunkan risiko degenerasi makula hingga 43 persen.

  1. Zeaxanthin

Ada lebih dari 600 jenis karotenoid yang ditemukan di alam, namun hanya sekitar 20 yang masuk ke mata. Lutein dan zeaxanthin adalah yang paling penting karena dikirim dalam jumlah tertinggi ke makula halus mata. Sama seperti lutein, zeaxanthin membantu melindungi jaringan mata, lensa, dan makula yang menajamkan penglihatan, menjaga sensitivitas cahaya, dan gangguan seperti katarak.

(Baca juga: 6 Makanan Ini Punya Khasiat Menjaga Kesehatan Mata)

  1. Vitamin C

Antioksidan vitamin C dibutuhkan bukan sekadar melawan pilek. Vitamin C juga membantu melindungi penglihatan, melawan radikal bebas, dan membantu tubuh menyerap lebih banyak mineral dan nutrisi.

  1. Vitamin E

Vitamin E, vitamin A, dan vitamin C bekerjasama menjaga sel dan jaringan agar tetap kuat dan terlindungi dari efek peradangan. Sebuah penelitian pada tahun 2008 yang melibatkan 35.000 orang dewasa menemukan mereka dengan tingkat lutein dan vitamin E yang tinggi memiliki risiko katarak relatif lebih rendah daripada yang memiliki asupan lebih rendah.

  1. Seng

Kombinasi seng dengan vitamin lain membantu melindungi retina dan menurunkan risiko degenerasi makula. Zinc adalah salah satu nutrisi terpenting membantu penyerapan nutrisi dan melawan peradangan dan kerusakan sel. Seng menguntungkan jaringan di mata karena memainkan peran penting dalam pembelahan dan pertumbuhan sel, menjaga kesehatan sirkulasi, menyeimbangkan hormon yang mencegah reaksi autoimun, dan mengendalikan inflamasi sitokin yang menyerang jaringan. Seng bisa diperoleh dari sumber makanan seperti ikan, daging hewan herbivora seperti kambing dan sapi, serta kacang-kacangan.

  1. Vitamin A (Beta Carotene)

Menurut sebuah laporan oleh Journal of American Medical Association of Opthamaology, kita memerlukan vitamin A yang cukup untuk mencegah kebutaan malam dan xerophthalmia, yaitu kekeringan pada mata yang disebabkan oleh defisiensi vitamin A. Vitamin A adalah antioksidan untuk mencegah hilangnya penglihatan yang disebabkan oleh penyakit degeneratif, seperti katarak dan makula. Studi juga menunjukkan bahwa vitamin A dengan antioksidan lainnya membantu memperlambat perkembangan neuropati atau kerusakan saraf, termasuk neuropati diabetes yang disebabkan oleh penyakit diabetes.

  1. Asam Lemak Omega-3

Asam lemak omega-3 memiliki manfaat luar biasa untuk kesehatan. Omega-3 menstabilkan kadar gula darah, yang menurunkan respons inflamasi, membantu melawan kerusakan mata yang disebabkan oleh diabetes, meningkatkan sirkulasi dan membantu menghentikan sel untuk bermutasi.

(Baca juga: Mata Lebih Cemerlang dengan Khasiat Teh Hijau)

Semua vitamin ini juga bisa ditemukan pada vitamin dan suplemen. Kamu bisa bertanya kepada dokter di aplikasi Halodoc tentang cara menjaga kesehatan mata serta untuk mendapatkan rekomendasi suplemen yang tepat, dan membelinya tanpa harus keluar rumah. Kamu bisa menghubungi dokter melalui layanan Video/Voice Call atau Chat. Mudah dan praktis. Ayo download aplikasi Halodoc di App Store atau Google Play sekarang!


Rekomendasi Artikel

SEKS

17 July 2018

Perasaan cinta memang bisa menciptakan ‘pertempuran’ hormon di dalam tubuh, terutama otak. Namun, benarkah pe...

Selengkapnya

KEHAMILAN

17 July 2018

Umumnya pada kehamilan 36 minggu kepala bayi sudah berada di bawah, bukannya berada dalam posisi sungsang. Lal...

Selengkapnya

IBU & ANAK

17 July 2018

1000 kehidupan ini dimulai dari fase kehamilan (270) hari hingga Si Kecil berusia dua tahun (730) hari. Lalu, ...

Selengkapnya