• Home
  • /
  • Ciri-ciri Gejala Kanker Oral yang Paling Mudah Diketahui, Apa Saja?

Ciri-ciri Gejala Kanker Oral yang Paling Mudah Diketahui, Apa Saja?

Ditinjau oleh: Redaksi Halodoc
Ciri-ciri Gejala Kanker Oral yang Paling Mudah Diketahui, Apa Saja?

Halodoc, Jakarta – Kanker oral atau kanker rongga mulut adalah sel kanker yang ada pada daerah bibir, rongga mulut, gusi, lidah, dinding mulut, serta langit-langit mulut. Kanker oral bisa menyebar secara langsung ke jaringan-jaringan yang ada di sekitar mulut atau melalui kelenjar getah bening. Sebenarnya, kanker mulut termasuk ke dalam kelompok kanker yang jarang terjadi dibandingkan dengan kasus kanker lain.

Kendati demikian, kanker oral menjadi salah satu penyakit yang masih sulit untuk disembuhkan. Biasanya, kanker oral menyerang orang yang usianya di atas 40 tahun dan lebih banyak menyerang kaum pria daripada wanita. Namun, kanker ini juga bisa terjadi pada kalangan dewasa muda, khususnya karena disebabkan oleh infeksi HPV (human papillomavirus).

Gejala Kanker Oral

Gejala kanker oral pada awalnya tidak menunjukkan apa-apa. Namun, jika pada akhirnya menimbulkan gejala, biasanya muncul ketika pengidap kanker oral telah memasuki stadium lanjut. Gejala kanker oral yang bisa terlihat adalah:

  1. Kesulitan dalam mengunyah dan menelan.
  2. Mengalami batuk kronis.
  3. Nyeri pada telinga.
  4. Pada pemakai gigi palsu terjadi perubahan kedudukan gigi palsu tersebut di dalam mulut.
  5. Perasaan seperti ada yang tersangkut di tenggorokan.
  6. Perdarahan.
  7. Perubahan kedudukan gigi rahang atas dan bawah.
  8. Rasa kebas pada area wajah, mulut, atau leher.
  9. Terbatasnya gerakan lidah yang disertai pembengkakan kelenjar limfa (kelenjar getah bening).
  10. timbulnya benjolan atau pembengkakan pada rongga mulut.

Sementara, gejala yang terjadi di dalam mulut adalah munculnya bercak berwarna merah, putih, atau kombinasi, luka berwarna kebiruan, kecokelatan, atau hitam serta luka seperti sariawan dalam. Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, gejala kanker oral terkadang tidak menunjukkan tanda-tanda khusus, sehingga terkadang sulit untuk dikenali oleh pengidapnya. Kamu diharapkan harus tetap waspada.

Gejala kanker oral di atas bisa jadi disebabkan oleh beberapa hal yang cukup berpengaruh seperti sariawan atau panas dalam yang cukup sering. Selain itu, gejala kanker mulut di atas bisa disebabkan karena kondisi lain seperti infeksi ringan. Kira-kira kapan sebaiknya kamu harus memeriksakan diri ke dokter? Sebaiknya, tanyakan pada dokter jika salah satu gejala yang di atas telah berlangsung selama lebih dari tiga minggu. Terutama bagi kamu yang termasuk perokok berat atau orang yang sering mengonsumsi minuman keras.

Sebagai langkah awal, kamu bisa menanyakan langsung pada dokter yang ada di Halodoc. Melalui aplikasi kesehatan ini, kamu bisa berkomunikasi dengan dokter ahli dan terpercaya melalui pilihan komunikasi chat, voice, atau video call melalui layanan Contact Doctor. Kamu juga bisa membeli keperluan medis seperti obat atau vitamin melalui layanan Pharmacy Delivery yang akan mengantarkan pesananmu tidak lebih dari satu jam.

Selain itu, kamu bisa melakukan pemeriksaan darah dan juga menentukan jadwal, lokasi, dan petugas lab yang akan datang ke lokasi tujuan melalui layanan Lab Service. Hasil lab bisa dilihat langsung pada aplikasi layanan kesehatan Halodoc. Bagaimana, cukup lengkap bukan? Tunggu apalagi, ayo download aplikasi Halodoc di App Store atau Google Play sekarang juga.

Baca juga: Cari Tahu 5 Penyebab Sariawan dan Cara Mengatasinya