• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Cranberry Bisa Mencegah Infeksi Saluran Kemih, Benarkah?

Cranberry Bisa Mencegah Infeksi Saluran Kemih, Benarkah?

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli
undefined

Halodoc, Jakarta – Sebaiknya jangan abaikan nyeri yang kamu rasakan ketika buang air kecil. Waspada jika kondisi ini disertai dengan demam atau urine yang beraroma tajam. Keluhan kesehatan tersebut bisa menjadi tanda dari adanya kondisi infeksi saluran kemih. Kondisi ini dapat terjadi ketika sistem kemih yang meliputi, ginjal, ureter, kandung kemih dan uretra, serta mengalami infeksi.

Baca juga: 3 Gejala Infeksi Saluran Kemih Mengalami Komplikasi

Kondisi infeksi saluran kemih yang tidak diatasi nyatanya dapat meningkatkan risiko gangguan pada ginjal. Tidak hanya itu, kondisi ini juga dapat menyebabkan rasa tidak nyaman pada pengidapnya. Untuk itu, sangat penting mencegah kondisi ini. Menjaga kebersihan area genital dan memperbanyak mengonsumsi air putih menjadi beberapa cara pencegahan ISK. Namun, benarkah cranberry bisa mencegah infeksi saluran kemih? Simak ulasannya, di bawah ini!

Kaitan Cranberry dan Infeksi Saluran Kemih

Infeksi saluran kemih umumnya disebabkan oleh infeksi bakteri Escherichia coli pada sistem kemih. Bakteri ini dapat menginfeksi saluran kemih bagian atas maupun bawah. Meskipun dapat terjadi pada siapa saja, tetapi umumnya kondisi ini lebih rentan dialami oleh wanita. Hal ini disebabkan uretra wanita yang lebih pendek dibandingkan pria. Dengan begitu, bakteri lebih mudah mencapai kandung kemih wanita.

Infeksi saluran kemih umumnya ditandai dengan nyeri saat buang air kecil, tubuh terasa tidak nyaman, mual, hingga diare. Kondisi ini akan disertai dengan tanda lain. Mulai dari frekuensi buang air kecil meningkat tetapi jumlah urine sedikit, warna urine keruh, hingga bau urine yang sangat menyengat. Bahkan, tidak jarang, infeksi saluran kemih ditandai dengan munculnya darah pada urine dan tubuh yang terasa lelah terus-menerus.

Lalu, apakah penyakit ini dapat dicegah? Infeksi saluran kemih menjadi salah satu penyakit yang bisa dicegah. Mengonsumsi banyak air putih menjadi salah satu pencegahan infeksi saluran kemih yang cukup efektif. Tidak hanya itu, nyatanya buah cranberry bisa mencegah infeksi saluran kemih, loh. 

Baca juga: Bisakah Saluran Infeksi Kemih Sembuh Tanpa Antibiotik?

Hal ini dilakukan Dr. Timothy Boone, PhD, seorang wakil dekan dari Fakultas Kedokteran Texas A&M Health Science Center di Houston dalam penelitiannya. Ia dan timnya melakukan penelitian untuk memastikan cranberry bisa mencegah infeksi saluran kemih.

Sekitar 160 pasien yang berusia 23–88 tahun telah menjalani operasi ginekologi elektif antara 2011–2013. Biasanya, 10–64 persen pasien wanita akan mengalami infeksi saluran kemih karena penggunaan kateter saat operasi berlangsung. Setengah dari pasien mengonsumsi buah cranberry dalam bentuk kapsul sebanyak 2 kali sehari selama 6 minggu setelah operasi. Sedangkan yang lain mengambil kapsul plasebo.

Hasilnya? Kapsul cranberry bisa mencegah infeksi saluran kemih sebanyak 50 persen. Sebanyak 19 persen orang yang mengonsumsi kapsul cranberry mengalami ISK. Sedangkan yang menerima kapsul plasebo sebanyak 38 persen.

Mengapa hal ini dapat terjadi? Buah cranberry memiliki kandungan proanthocyanidins (PACs) tipe A. Kandungan ini mampu menurunkan kemampuan bakteri untuk menempel pada dinding sistem kemih, sehingga dapat membantu untuk menurunkan risiko infeksi saluran kemih.

Hal yang perlu diperhatikan, pastikan mengonsumsi cranberry bukan dalam bentuk minuman jus atau sari buah. Kandungan cranberry dalam kemasan jus atau sari buah tidak dapat mengatasi bakteri penyebab ISK secara efektif.

Baca juga: Cara Mengobati Infeksi Saluran Kemih Sampai Tuntas

Segera kunjungi rumah sakit terdekat untuk mendapatkan pengobatan jika gejala infeksi saluran kemih kamu alami selama beberapa hari. Apalagi jika kondisi menyebabkan demam yang tidak kunjung reda. Pemeriksaan dan pengobatan yang tepat perlu dilakukan untuk menghindari berbagai risiko gangguan kesehatan yang lebih buruk lagi.

Yuk, download Halodoc sekarang juga melalui App Store atau Google Play! Kamu bisa membuat janji dengan dokter melalui aplikasi sebelum berkunjung ke rumah sakit. Dengan begitu, pemeriksaan kesehatan akan lebih lancar dan cepat. 

Referensi:
Mayo Clinic. Diakses pada 2021. Urinary Tract Infection (UTI).
Medical News Today. Diakses pada 2021. Cranberries Help Urinary Tract Infections, But Not As Juice.