• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • 3 Gejala Infeksi Saluran Kemih Mengalami Komplikasi

3 Gejala Infeksi Saluran Kemih Mengalami Komplikasi

Ditinjau oleh: dr. Gabriella Florencia

Halodoc, Jakarta – Sebaiknya jangan sepelekan nyeri yang kamu alami ketika buang air kecil. Kondisi ini bisa menjadi tanda adanya infeksi pada saluran kemih (ISK). Infeksi saluran kemih adalah kondisi ketika organ sistem kemih, seperti ginjal, ureter, kandung kemih, dan uretra mengalami infeksi yang disebabkan oleh bakteri Escherichia coli. Bakteri penyebab ISK umumnya hidup pada saluran cerna, namun dapat berpindah dan berkembang pada saluran kemih.

Baca juga: Anyang-Anyangan Jadi Tanda Infeksi Saluran Kemih?

Dibandingkan dengan pria, wanita berisiko mengalami infeksi saluran kemih. Hal ini disebabkan uretra pada wanita lebih pendek dibandingkan pria sehingga bakteri lebih mudah menyerang saluran kemih wanita. Infeksi saluran kemih yang tidak diatasi dapat menimbulkan gangguan kesehatan. Lalu, adakah tanda infeksi saluran kemih yang menunjukkan sudah mengalami komplikasi?

Ketahui Penyebab Infeksi Saluran Kemih

Gejala yang dialami oleh pengidap infeksi saluran kemih beragam, mulai dari alami nyeri saat buang air kecil, nyeri pada panggul dan perut, munculnya darah dalam urine, dan mengalami demam. Penyebab utama seseorang alami infeksi saluran kemih adalah adanya infeksi bakteri Escherichia coli.

Ada beberapa kondisi yang meningkatkan risiko seseorang alami infeksi saluran kemih, seperti memiliki jenis kelamin wanita, pernah mengalami infeksi saluran kemih sebelumnya, penggunaan kateter urine dalam jangka waktu yang cukup panjang, dan memiliki sistem kekebalan tubuh yang lemah.

Tidak hanya itu, wanita yang memasuki masa menopause juga lebih rentan alami infeksi saluran kemih. Hal ini terjadi karena penurunan kadar estrogen adanya perubahan pada tubuh yang membuat tubuh rentan alami infeksi saluran kemih. 

Baca juga: Penyebab Infeksi Saluran Kemih yang Perlu Kamu Tahu dan Waspadai 

Gejala Infeksi Saluran Kemih Sebabkan Komplikasi

Sebaiknya segera periksakan ketika ada beberapa gejala yang dialami terkait penyakit infeksi saluran kemih. Pemeriksaan lebih lanjut pada rumah sakit terdekat tentu dapat membantu kamu untuk mengatasi kondisi ini lebih cepat dan tepat. Tidak hanya itu, infeksi saluran kemih yang tidak diatasi dengan baik dapat mengakibatkan komplikasi. 

Ketahui gejala yang dialami oleh pengidap infeksi saluran kemih ketika kondisi ini mengakibatkan komplikasi kesehatan, seperti:

1. Bau Urine yang Menyengat

Selain munculnya darah pada urine, infeksi saluran kemih dapat membuat kamu memiliki urine yang berbau menyengat. Sebaiknya waspada terhadap komplikasi yang mungkin terjadi. Infeksi saluran kemih dapat sebabkan infeksi ginjal jika tidak diatasi dengan tepat, bau urine yang sangat menyengat menjadi salah satu gejala dari infeksi ginjal.

2. Tidak Buang Air Kecil Selama 12 Jam

Jangan sepelekan kondisi jarang buang air kecil apalagi jika kamu sedang mengalami infeksi saluran kemih. Tidak buang air kecil selama 12 jam dapat menjadi tanda bahwa infeksi saluran kemih yang kamu alami sudah menimbulkan komplikasi, seperti penyakit sepsis. Tanda ini bisa menjadi salah satu gejala dari penyakit sepsis.

3. Warna Pekat pada Urine

Warna urine yang gelap dapat menjadi tanda lain bahwa penyakit infeksi saluran kemih sudah mengalami komplikasi. Ada beberapa penyakit yang dialami akibat infeksi saluran kemih dengan gejala warna urine yang cukup pekat, seperti infeksi ginjal dan juga striktur uretra.

Baca juga: Cara Mengobati Infeksi Saluran Kemih Sampai Tuntas

Itu gejala yang perlu diwaspadai ketika mengalami infeksi saluran kemih. Ada beberapa pencegahan yang bisa kamu lakukan untuk menghindari infeksi ini, yaitu dengan banyak mengonsumsi air putih dalam satu hari serta jangan lupa untuk jaga kebersihan area intim.

Referensi:
Mayo Clinic. Diakses pada 2020. Urinary Tract Infection
Medical News Today. Diakses pada 2020. What to Know About Urinary Tract Infection
National Health Service UK. Diakses pada 2020. Urinary Tract Infection