Dipertandingkan di Asian Games, Golf Ternyata Bisa Hilangkan Stres

Ditinjau oleh: Redaksi Halodoc
Golf, asian games, manfaat golf, menghilangkan stres

Halodoc, Jakarta – Golf adalah salah satu olahraga yang dipertandingkan pada Asian Games 2018. Ini adalah permainan luar ruang yang dimainkan secara perorangan atau tim. Tujuannya untuk memasukkan bola ke dalam lubang-lubang yang ada di lapangan, dengan skor yang ditentukan berdasarkan jumlah pukulan untuk memasukkan bola ke lubang. Semakin sedikit jumlah pukulan, semakin besar nilai yang akan didapatkan.

Baca juga: Ini 6 Manfaat Olahraga Hoki yang Perlu Diketahui

Olahraga ini sebenarnya bisa dimainkan oleh siapa saja. Selama kamu memiliki perlengkapan untuk bermain golf, kamu bisa pergi atau menyewa ke lapangan golf untuk bermain bersama teman-teman.

Manfaat Bermain Golf

Dibanding olahraga lainnya, golf termasuk jenis olahraga yang minim risiko cedera. Itu mengapa banyak orang yang memilih untuk bermain golf untuk berolahraga sekaligus bersenang-senang. Bahkan, studi dari Karolinska Institute menyebutkan bahwa pemain golf memiliki risiko kematian lebih rendah dibanding yang lainnya. Lantas, apa sih manfaat lain yang didapat dari bermain golf? Yuk, simak jawabannya di sini.

1. Menyehatkan Jantung

Apapun bentuknya, aktivitas fisik (seperti bermain golf) bisa membantu melancarkan peredaran darah ke seluruh tubuh. Apalagi saat bermain golf, ada banyak aktivitas fisik yang akan kamu lakukan. Ini termasuk berjalan di lapangan, membawa tas yang berisi perlengkapan bermain, dan mengayunkan stik golf. Gerakan-gerakan tersebut bisa meningkatkan denyut jantung dan peredarah darah dalam tubuh, sehingga bisa menyehatkan jantung dan menurunkan risiko penyakit kardiovaskular (seperti stroke, diabetes, dan hipertensi).

2. Menstimulasi Otak

Bermain golf identik dengan kegiatan berjalan di lapangan yang luas, yaitu untuk mencari target lubang yang akan dimasuki oleh bola golf dan mencetak poin permainan. Aktivitas berjalan inilah yang bisa menstimulasi otak, termasuk bisa menguatkan sirkuit memori otak. Ini karena saat kamu beraktivitas fisik (termasuk berjalan kaki), suplai dan peredaran darah ke otak menjadi lebih lancar, sehingga bisa berdampak positif pada kinerja otak.

3. Mengendalikan Berat Badan

Studi dari The Norwegian Golf Federation (NGF) menemukan bahwa bermain golf bisa membantu membakar kalori, setidaknya 1500-2500 kilokalori selama satu sesi permainan golf (dengan target 18 lubang). Itu mengapa olahraga ini bisa membantu mengendalikan berat badan, termasuk mencegah kelebihan berat badan (overweight) dan obesitas.

Baca juga: 9 Olahraga Asian Games yang Bisa Ditiru di Rumah

4. Menghilangkan Stres

Saat bermain golf, kamu akan dihadapkan dengan pemandangan indah. Yaitu lapangan hijau yang luas dan udara segar yang menyejukkan. Hal inilah yang bisa merangsang produksi endorfin saat bermain golf, yaitu hormon yang bisa menciptakan perasaan tenang, senang, dan bahagia. Itu mengapa olahraga ini banyak dilakukan untuk menyegarkan pikiran (refreshing) dan menghilangkan stres.

5. Memperbaiki Kualitas Tidur

Kombinasi antara udara sejuk dan aktivitas fisik bisa membantu kamu memperbaiki kualitas tidur. Itu mengapa bermain golf bisa membuat kamu tidur lebih nyenyak dibanding hari biasanya.

Baca juga: 3 Olahraga yang Dapat Meningkatkan Kualitas Tidur

Itulah manfaat bermain golf yang perlu diketahui. Kalau kamu punya pertanyaan lain seputar bermain golf, tanyakan saja pada dokter Halodoc. Melalui aplikasi Halodoc, kamu bisa bertanya pada dokter tepercaya kapan saja dan dimana saja melalui Chat, dan Voice/Video Call. Jadi, yuk download aplikasi Halodoc di App Store atau Google Play sekarang juga!