3 Olahraga yang Dapat Meningkatkan Kualitas Tidur

3 Olahraga yang Dapat Meningkatkan Kualitas Tidur
OLAHRAGA 11 May 2018

Halodoc, Jakarta – Tidur adalah kebutuhan vital manusia. Setiap orang disarankan untuk memiliki waktu tidur selama 8 jam setiap harinya. Pada waktu kita tertidur, biasanya tubuh akan beristirahat dan memperbaiki setiap sel-sel pada tubuhnya. Tidur yang cukup tentu akan membuat kamu merasa lebih baik, lebih segar, dan juga mampu meningkatkan suasana hati.

Selain itu, saat kamu tidur, hormon-hormon pada tubuh khususnya hormon pertumbuhan atau HGH akan bekerja. Maka, banyak sekali manfaat yang bisa kamu rasakan dengan memiliki waktu tidur yang cukup. Lantas, bagaimana jika kamu mengalami kesulitan tidur? Olahraga bisa menjadi salah satu solusi agar kamu bisa meningkatkan kualitas tidur kamu di malam hari.  Kamu bisa melakukan beberapa olahraga di bawah ini untuk meningkatkan kualitas tidur kamu, lho.

 

  • Yoga

 

Olahraga yoga memang sudah lama dikenal sebagai olahraga yang bisa meningkatkan kualitas tidur kamu. Beberapa gaya sederhana dari yoga juga bisa kamu praktikkan sendiri di rumah sebelum kamu tidur. Ya, melakukan yoga sebelum tidur akan membuat kamu lebih memiliki kualitas tidur yang cukup baik.

Bukan hanya meningkatkan kualitas tidur kamu, olahraga yoga dipercaya juga bisa menghilangkan kebiasaan susah tidur atau insomnia. Untuk merasakan manfaat dari melakukan yoga, disarankan melakukan yoga selama 3-5 menit setiap hari saat menjelang tidur. Hal ini perlu dilakukan agar meredakan ketegangan dan stres setelah seharian beraktivitas.

(Baca juga: Agar Tidur Lebih Nyenyak, Coba Biasakan Senam Ini)

 

  • Lompat Tali

 

Lompat tali atau dikenal dengan istilah skipping adalah salah satu olahraga yang cukup digemari oleh segala usia dan bisa dilakukan kapan pun dan di mana pun. Namun sebaiknya, jika kamu ingin meningkatkan kualitas tidur kamu, lakukan olahraga lompat tali ini pada sore hari.

Latihan lompat tali ini merupakan salah satu olahraga yang memicu aliran darah ke jantung menjadi meningkat dan membuat suplai oksigen ke bagian otak menjadi lebih lancar. Hal ini akan membuat pikiran menjadi lebih segar dan lebih rileks. Tentu jika kamu tidur dengan kondisi rileks akan membuat tidur kamu lebih nyenyak dan berkualitas. Bangun tidur pun akan terasa lebih segar.

 

  • Berenang

 

Melakukan olahraga renang pada sore hari akan membuat kamu memiliki tidur yang berkualitas pada malam hari. Orang yang memiliki kebiasaan sulit tidur pada malam hari akan tidur nyenyak setelah melakukan berenang. Sebab, saat berenang, kamu akan mengeluarkan beberapa hormon yaitu endorfin dan serotonin yang akan membuat kamu merasa senang dan rileks.

Saat berenang, kamu menggerakan semua bagian tubuh kamu, jadi rasa lelah yang kamu rasakan setelah berenang juga akan membuat kamu tidur lebih nyenyak dari biasanya. Selain itu, manfaat lain dari olahraga renang ini, kamu bisa merasa lebih bahagia setelah melakukan olahraga renang. Media air yang digunakan nyatanya bisa membuat pikiran kamu lebih segar dan tubuh kamu lebih segar.

Nah, nyatanya tidak terlalu sulit untuk mendapatkan kualitas tidur yang baik untuk tubuh kamu. Karena selain bisa menyegarkan pikiran, tidur yang cukup juga bisa membuat kesehatan kamu selalu terjaga. Jika kamu memiliki masalah dengan tidur, kamu bisa bertanya dengan dokter melalui aplikasi Halodoc. Yuk download aplikasi Halodoc melalui App Store atau Google Play sekarang juga


Rekomendasi Artikel

DIET & NUTRISI

16 August 2018

Bosan mengonsumsi daging kambing, ayam atau sapi? Coba deh cicipi daging rusa yang tak kalah bergizinya dari k...

Selengkapnya

KEHAMILAN

16 August 2018

Kualitas sperma dan ovum dipengaruhi oleh usia, benarkah? Simak faktanya di Halodoc, yuk!...

Selengkapnya

OLAHRAGA

16 August 2018

Skuas termasuk satu di antara banyak cabang olahraga yang dipertandingkan dalam Asian Games 2018. Cari tahu ma...

Selengkapnya