• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Disiplin dan Konsisten Berolahraga Bisa Turunkan Berat Badan

Disiplin dan Konsisten Berolahraga Bisa Turunkan Berat Badan

Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim
undefined

Halodoc, Jakarta – Seperti yang sudah diketahui banyak orang, salah satu kunci penting untuk menurunkan berat badan selain mengatur pola makan dengan berolahraga. Namun, agar dapat menurunkan berat badan secara efektif, olahraga tidak bisa dilakukan hanya sesekali saja, melainkan harus dilakukan dengan disiplin dan konsisten.

Memotivasi diri untuk disiplin dan konsisten berolahraga seringkali tidak semudah yang diperkirakan. Pada awalnya, banyak orang yang ingin menurunkan berat badan bersemangat untuk berolahraga setiap hari. Namun, lama-kelamaan, tidak sedikit orang yang mulai kehilangan motivasi dan mengendurkan kedisiplinannya dalam berolahraga. Padahal kamu perlu membakar banyak kalori untuk menurunkan berat badan.

Baca juga: 6 Kesalahan yang Bikin Latihan Kardio Tidak Efektif

Berapa Sering Olahraga untuk Menurunkan Berat Badan?

Secara umum, kamu perlu membakar sekitar 3500 kalori untuk menurunkan 0,45 kilogram berat badan. Untuk membakar kalori sebanyak itu, kamu bisa memilih jenis olahraga yang disukai dan menghitung seberapa sering berolahraga per hari dan per minggu untuk menghilangkan 0,45 kilogram lemak tubuh. 

Bila kamu ingin tahu seberapa sering kamu perlu berolahraga agar dapat membakar kalori yang cukup untuk menurunkan berat badan, tanyakan saja langsung pada ahlinya melalui aplikasi Halodoc.

Berikut ini contoh olahraga yang bisa dilakukan orang dengan berat 68 kilogram untuk membakar jumlah kalori yang cukup, sehingga dapat menghilangkan 0,45 kilogram lemak dalam tubuh:

  • 5 jam lari per minggu, atau kira-kira 40 menit per hari.
  • 14 jam jalan kaki per minggu, atau 2 jam per hari.
  • 5 jam renang berat per minggu atau sekitar 40 menit per hari.
  • 6,5 jam bersepeda per minggu atau sekitar satu jam setiap hari.
  • 7 jam kelas aerobik intens atau 7 kelas yang berdurasi satu jam per minggu.

Namun ingat, olahraga hanya salah satu bagian yang menentukan keberhasilan upaya penurunan berat badan. Kamu perlu mengimbangi olahraga dengan mengatur pola makan. Orang yang menggabungkan diet dan olahraga lebih mungkin untuk membakar jumlah kalori yang cukup untuk menurunkan berat badan.

Baca juga: Apakah Olahraga Tanpa Diet Bisa Buat Tubuh Kurus?

Pentingnya Disiplin dan Konsisten dalam Berolahraga

Bila kamu benar-benar ingin berhasil menurunkan berat badan, suka atau tidak, kamu perlu berolahraga secara rutin dan terus menerus agar dapat menghilangkan lemak dalam tubuh. 

Agar kamu bisa menjadikan olahraga sebagai gaya hidup kamu sehari-hari, kuncinya adalah disiplin. Jadi, jangan berolahraga hanya ketika sedang merasa termotivasi saja. Tanamkan dalam pikiran bahwa kamu harus tetap berolahraga meskipun sedang tidak ingin melakukannya. Itulah yang dinamakan disiplin.

Menurut Ross Enamait, pelatih tinju profesional yang berbasis di Connecticut, motivasi bisa datang dan pergi dalam sekejap, namun disiplin berakar pada konsistensi dan itu menjadi bagian dari diri kamu.

Susan Krauss Whitbourne, PhD, profesor emerita ilmu psikologi dan otak di University of Massachusetts juga memiliki pendapat yang kurang lebih sama. Menurut Whitbourne, motivasi membantu kamu bertahan melakukan sesuatu selama beberapa saat, namun orang yang memiliki disiplin lebih cenderung mengembangkan kebiasaan yang lebih konsisten.

Berikut tips yang bisa dicoba agar dapat disiplin dan konsisten berolahraga:

  • Mulailah dengan Langkah Sederhana

Pada awal memulai kebiasaan berolahraga untuk menurunkan berat badan, jangan menetapkan target yang terlalu tinggi. Misalnya, harus berolahraga berat selama beberapa jam. Mulailah dengan melakukan program yang sederhana, seperti melakukan satu set latihan saja setiap hari. Setelah sudah terbiasa melakukannya secara konsisten, kamu dapat meningkatkan intensitasnya secara bertahap.

  • Buat Rencana Cadangan

Selama menjalani program olahraga untuk menurunkan berat badan, mungkin akan muncul hal-hal tak terduga yang bisa menghalangi kamu untuk berolahraga. Misalnya, pekerjaan yang belum diselesaikan, jalanan yang macet, dan lain sebagainya. Oleh karena itu, siapkan rencana cadangan, seperti apa yang akan kamu lakukan sebagai gantinya bila tidak sempat pergi ke tempat gym untuk berolahraga.

  • Bangun Kebiasaan daripada Menetapkan Target

Banyak orang yang menetapkan target, misalnya harus menurunkan 4 kilogram dalam waktu satu bulan seringkali mendapati diri mereka gagal melakukannya. Hal itu karena target yang ditetapkan sering kali menjadi momok yang memberatkan orang tersebut. Namun, ketika olahraga dijadikan kebiasaan sehari-hari, kamu lebih mungkin untuk mencapai tujuan dan hasil yang diinginkan.

Baca juga: 6 Cara Biar Enggak Malas Berolahraga

Itulah penjelasan mengenai pentingnya disiplin dan konsisten dalam berolahraga untuk menurunkan berat badan. Yuk, download aplikasi Halodoc sekarang juga yang bisa menjadi teman penolong untuk membantu kamu menjaga kesehatan sehari-hari.

Referensi:
Verywell. Diakses pada 2020. How Much Exercise to Lose Weight?
Men’s Health. Diakses pada 2020. You Don’t Need Motivation to Lose Weight, You Need Discipline.