Enggak Bisa Bilang Tidak, Hati-Hati Terkena Superman Complex

Ditinjau oleh: Redaksi Halodoc

Enggak Bisa Bilang Tidak, Hati-Hati Terkena Superman Complex

Halodoc, Jakarta - Tokoh Superman yang sempat diperankan oleh Henry Cavill adalah sosok pahlawan yang sudah menjadi ikon seluruh dunia. Dengan kekuatannya, ia mampu mengatasi berbagai macam masalah serta musuh sendirian. Superman tidak pernah menolak jika ada yang meminta dan butuh bantuan. Dengan sikapnya ini, ia menjadi sumber inspirasi berbagai generasi.

Tahukah kamu, kalau mencoba menyelesaikan segala masalah sendiri dan enggak mampu bilang tidak jika ada yang meminta bantuan, bisa berbahaya bagi kesehatan mental? Jika kamu merasa enggak mampu untuk menolak permintaan bantuan orang lain, mungkin kamu terkena Superman Complex. Mari kenali bahayanya Superman Complex.\

Apa Itu Superman Complex?

Superman Complex adalah keadaan psikologis yang membuat seseorang memiliki kebutuhan untuk menolong orang lain dan mengorbankan dirinya sendiri. Walaupun terlihat baik, orang dengan Superman Complex seringkali mengambil langkah yang ekstrem dalam membantu orang lain.

Dalam tingkat yang lebih dalam, ia akan mengalami keresehan mental mendalam akibat mencoba menjadi seseorang yang sempurna. Bagi orang yang mengidap Superman Complex, kegagalan kecil saja mampu membuatnya depresi. Ia bahkan merasa bertanggung jawab juga pada kegagalan orang lain yang sebenarnya tidak berhubungan dengan dirinya, persis seperti karakter dalam film Man of Steel yang diperankan Henry Cavill.

Penyebab Superman Complex

Superman Complex dapat berkembang dari perasaan dan kejadian kecil di sekitar kita. Seperti terlalu seringnya menyanggupi untuk menolong orang lain atau tidak mampu untuk menolak permintaan. Jika kamu salah satu orang yang “enggak bisa bilang tidak” pada banyak kejadian. kamu berisiko mengalami kondisi ini jika terjadi berulang kali.

Pada tingkatan tertentu, rasa puas dari berhasil membantu orang lain akan membuat sensasi ketagihan yang berlebihan. Lebih lanjut lagi, dengan membiarkan permintaan semua orang, manusia akan menganggap dirinya lebih tinggi atau lebih mampu dibandingkan orang lain. Pada tingkat selanjutnya, selalu menyanggupi untuk menolong  akan menyebabkan anxiety (keresahan) akan kegagalan orang yang ada di sekitar. Sebab, pengidap Superman Complex akan menganggap itu adalah tanggung jawabnya.

Ciri - Ciri Pengidap Superman Complex

Kamu mungkin mengidap Superman Complex jika memiliki ciri - ciri sebagai berikut:

  1. Ambisius.
  2. Memiliki standar yang tinggi pada diri sendiri.
  3. Namun memiliki Standar yang rendah pada orang lain.
  4. Tidak mau mengakui jika kelelahan.
  5. Percaya bahwa semua orang bergantung pada dirinya.
  6. Ketakutan yang berlebihan pada kekecewaan orang lain.
  7. Memiliki masalah dalam mempercayakan orang lain.

Gejala yang Bisa Dialami

Seperti depresi dan gangguan psikis lain, orang yang mengidap Superman Complex bisa mengalami gangguan dari perasaan hingga fisik. Ada pun hal yang bisa dialami adalah :

  1. Kekhawatiran yang berlarut larut.
  2. Gangguan konsentrasi.
  3. Anxiety attack.
  4. Kelelahan.
  5. Sakit pada dada.
  6. Kesulitan Bernapas.
  7. Masalah tidur.
  8. Tensi darah.

 

Mencegah Superman Complex

Untuk mencegah gangguan ini pada hidup kamu, sesungguhnya cukup sederhana. Hal yang perlu kamu lakukan adalah mengakui bahwa diri kamu adalah manusia biasa. Membantu orang lain adalah hal yang baik, tetapi biasakan untuk mengukur kemampuan kamu sebelum memutuskan untuk membantu orang di sekitar kamu.

Percayalah bahwa berkata “tidak” bukan berarti kamu adalah orang yang buruk. Kemajuan dan kemunduran orang lain bukanlah tanggung jawab kamu. Namun, jika kamu sudah mulai merasa terganggu, diskusikan kondisimu dengan ahlinya.

Jika kamu ingin berdiskusi dengan psikolog, kamu bisa berdiskusi langsung di mana pun dan kapan pun di Halodoc. Selain berdiskusi dengan psikolog, kamu juga bisa membeli obat dan mendapatkan layanan apotek antar dari Halodoc. Yuk, download aplikasinya sekarang di App Store dan Google Play!

 

Baca Juga :