• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Fakta Klaim Manfaat Kurma Kuning Muda untuk Promil
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Fakta Klaim Manfaat Kurma Kuning Muda untuk Promil

Fakta Klaim Manfaat Kurma Kuning Muda untuk Promil

3 menit
Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli : 19 Januari 2022

“Di negara asalnya, kurma kuning muda adalah buah kurma yang masih setengah matang. Namun, manfaatnya untuk meningkatkan keberhasilan program hamil masih dipertanyakan.”

Fakta Klaim Manfaat Kurma Kuning Muda untuk Promil

Halodoc, Jakarta – Kurma kuning muda atau disebut juga rutab, diklaim dapat membantu menyukseskan program hamil (promil). Dari segi medis, apakah klaim ini terbukti?

Kurma Kuning Muda Belum Terbukti Baik untuk Promil

Banyak orang percaya bahwa kurma kuning muda dapat meningkatkan kesuburan wanita dan bisa membantu promil. Sayangnya, hingga saat ini, belum ada bukti kuat tentang klaim manfaat buah ini. 

Dari segi nutrisi, kurma yang masih muda memiliki kalori dan kandungan gula yang lebih sedikit. Namun, buah ini kaya akan air, serat, dan protein. Semua nutrisi ini sangat baik bagi pasangan yang sedang menjalani program hamil, karena bisa menyehatkan tubuh. 

Manfaat Lain yang Bisa Didapat

Meski belum terbukti ampuh untuk promil, mengonsumsi kurma kuning muda tetap direkomendasikan. Berikut ini beberapa manfaat lain yang bisa didapat:

  1. Melancarkan Pencernaan

Kurma kuning muda kaya akan serat yang dapat melancarkan pencernaan. Serat juga dapat membantu menyerap nutrisi dari makanan, agar bisa digunakan secara efektif oleh tubuh. 

  1. Memenuhi Kebutuhan Cairan

Selain dari air, kebutuhan cairan tubuh juga bisa didapatkan dari buah-buahan. Salah satu buah yang tinggi kandungan airnya adalah kurma kuning muda. Jadi, buah ini bisa membantu mencegah dehidrasi.

  1. Menstabilkan Kadar Gula Darah

Pengidap diabetes harus memperhatikan asupan makanan agar kadar gula darah tetap stabil. Jika kurma tua (matang sempurna) memiliki kandungan gula yang tinggi, tidak demikian dengan kurma yang masih muda. 

Kadar gulanya yang lebih rendah membuat buah ini bisa bantu stabilkan kadar gula darah. Selain itu, kandungan seratnya juga membuat kamu kenyang lebih lama. Ini mencegah kamu makan berlebihan.

  1. Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Kurma memiliki sifat antioksidan dan antimutagenik yang baik untuk tubuh. Karena hal ini, mengonsumsi kurma yang masih muda dapat membantu menangkal radikal bebas, serta meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Nah, itulah penjelasan mengenai kurma kuning muda. Meski manfaatnya untuk promil belum terbukti, tidak ada salahnya mengonsumsi buah ini karena kaya akan nutrisi penting.

Selain itu, jangan lupa juga untuk mengonsumsi makanan bergizi seimbang saat sedang promil. Kamu juga bisa download Halodoc untuk cek kebutuhan vitamin dan suplemen kamu dengan mudah.

Referensi:
Healthy Eating SFgate. Diakses pada 2022. What Are the Health Benefits of Fresh Dates?
Healthfully. Diakses pada 2022. Fresh Dates vs. Dried Dates.