Gangguan Kesehatan Mental Dapat Sebabkan Disfungsi Seksual

Ditinjau oleh: dr. Gabriella Florencia
Gangguan Kesehatan Mental Dapat Sebabkan Disfungsi Seksual

Halodoc, Jakarta – Sebaiknya jangan sepelekan hasrat seksual yang menurun terhadap pasangan. Apalagi jika kondisi ini disertai rasa nyeri atau sakit selama melakukan kegiatan hubungan intim. Kondisi ini bisa menjadi gejala dari disfungsi seksual. Disfungsi seksual adalah salah satu masalah yang muncul ketika seseorang mendapatkan hambatan untuk merasakan rangsangan seksual dan kepuasaan dalam hubungan seksual.

Baca juga: Ini Alasan Terapi Psikologi Bantu Pulihkan Disfungsi Seksual

Depresi Dapat Sebabkan Disfungsi Seksual

Tidak hanya pada pria saja, disfungsi seksual juga dapat dialami oleh wanita. Gejala yang dialami akan berbeda. Sebaiknya ketahui gejala disfungsi seksual yang dialami oleh wanita maupun pria. Pada wanita yang mengalami disfungsi seksual mengalami beberapa gejala seperti menurunnya hasrat untuk melakukan hubungan seksual. Biasanya, ini merupakan gejala yang paling umum terjadi pada wanita.

Selain itu, kondisi ini juga ditandai munculnya gangguan rangsangan seksual pada wanita. Gangguan rangsangan seksual muncul ketika keinginan berhubungan seksual ada namun sulit terangsang dan mempertahankan rangsangan.

Gangguan nyeri seksual juga menjadi salah satu gejala dari wanita yang mengalami disfungsi seksual. Rasa nyeri yang muncul bisa terjadi akibat adanya kontak dengan vagina atau stimulasi seksual. Gejala lain yang bisa menjadi tanda dari disfungsi seksual seorang wanita adalah kesulitan mencapai orgasme meskipun terus dilakukan stimulasi.

Sedangkan pada pria, gejala dari disfungsi seksual yang dialami adalah impotensi atau kondisi pria tidak mampu melakukan ereksi. Tidak hanya itu, pria dengan disfungsi seksual juga kerap kehilangan hasrat untuk melakukan hubungan seksual. Ejakulasi dini juga menjadi tanda pria yang mengalami disfungsi seksual. 

Sebaiknya segera periksa kondisi kesehatan ketika mengalami gangguan pada masa seksual kamu. Jangan menunda pemeriksaan karena kondisi kesehatan yang bisa dideteksi lebih dini tentu lebih mudah pengobatannya. Kamu bisa berkunjung pada rumah sakit terdekat untuk memastikan penyebab gejala yang dialami.

Baca juga: 3 Disfungsi Seksual yang Rentan Dialami Wanita

Lalu, apa penyebab dari kondisi disfungsi seksual pada wanita maupun pria? Sebaiknya ketahui apa saja faktor yang dapat membuat seseorang mengalami disfungsi seksual, yaitu:

1. Faktor Fisik atau Medis

Faktor fisik dapat menyebabkan seseorang mengalami kondisi disfungsi seksual. Tidak hanya itu, kondisi kesehatan seseorang juga menentukan kualitas kehidupan seksual. Seseorang dengan kondisi kesehatan yang memiliki berbagai gangguan seperti penyakit diabetes, penyakit jantung, gangguan saraf dan penyakit kronis sangat rentan dengan kondisi disfungsi seksual.

2. Faktor Hormonal

Penyebab disfungsi seksual pada wanita yang paling banyak karena mengalami kondisi penurunan hormonal. Saat wanita mengalami penurunan hormon estrogen kondisi ini akan menyebabkan seorang wanita kurang memiliki hasrat untuk melakukan hubungan seksual. Pada pria, penurunan hormon testosterone juga dapat berisiko mengurangi hasrat seksual.

3. Faktor Psikologis

Kesehatan mental menentukan kualitas kehidupan seksualnya. Seseorang dengan tingkat stres atau depresi yang cukup tinggi dapat mengalami kondisi disfungsi seksual. Tidak hanya itu, trauma seksual, rasa cemas dan khawatir berlebihan juga memengaruhi kondisi seksual seseorang.

4. Gaya Hidup

Gaya hidup yang kurang sehat dapat menyebabkan banyak dampak yang kurang baik pada kehidupan, salah satunya adalah masalah disfungsi seksual. Hindari kebiasaan merokok, konsumsi alkohol dan narkotika untuk menghindari masalah disfungsi seksual.

Miliki kehidupan seksual yang sehat dengan pasangan sehingga keharmonisan rumah tangga juga dapat terjaga dengan baik. Segera atasi permasalahan disfungsi seksual agar penanganan yang diberikan tepat sasaran, ya.

Baca juga: Ganggu Performa, Begini Cara Mengatasi Disfungsi Ereksi



Referensi:
Cleve Land Clinic (2019). Sexual Dysfunction
Healthline (2019). What is Sexual Dysfunction