• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Gemar Makan Steak, Awas Kolesterol Tinggi

Gemar Makan Steak, Awas Kolesterol Tinggi

Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim

Halodoc, Jakarta – Menjalankan gaya hidup sehat tentunya membuat kamu terhindar dari berbagai gangguan kesehatan, salah satunya adalah kolesterol tinggi. Kolesterol sebenarnya adalah lemak yang memiliki fungsi dalam tubuh, namun terlalu banyak kadar kolesterol juga akan menyebabkan gangguan pada tubuh.

Baca juga: Awas! Kolesterol Tinggi Picu Berbagai Penyakit

Salah satu faktor pemicu yang menyebabkan jumlah kolesterol berlebih dalam tubuh adalah pola makan. Untuk itu, penting membatasi pengonsumsian beberapa jenis makanan yang memicu kadar kolesterol naik dalam tubuh, salah satunya adalah daging sapi.

Kolesterol Tinggi dan Daging Sapi

Mendengar kata kolesterol banyak orang yang langsung beranggapan negatif. Padahal, kolesterol memiliki manfaat bagi tubuh. Kolesterol diperlukan oleh tubuh untuk membentuk sel sehat, memproduksi hormon, dan juga menghasilkan vitamin D. Namun, jumlah kolesterol di dalam tubuh tidak boleh berlebihan agar tidak menimbulkan berbagai gangguan kesehatan. 

Melansir American Heart Association, semua kolesterol yang dibutuhkan oleh tubuh diproduksi oleh ginjal. Sisanya kolesterol dihasilkan dari pola makan yang dikonsumsi, seperti mengonsumsi daging sapi, daging unggas, hingga susu tinggi lemak yang semuanya memiliki kandungan kolesterol meskipun kadarnya berbeda. Untuk itu, penting mengetahui kandungan dari makanan yang dikonsumsi dan membatasi makanan yang memicu jumlah kolesterol berlebih di dalam tubuh.

Daging sapi menjadi salah satu jenis makanan yang mengandung kolesterol tinggi. Nyatanya, dalam 85 gram daging sapi terdapat kandungan 179 kalori, 7,9 gram lemak, dan juga 73 mg kolesterol. Untuk itu, bagi pengidap kolesterol sebaiknya batasi pengonsumsian daging sapi. Kamu bisa mengganti daging sapi dengan daging kambing atau daging ayam yang memiliki jumlah kalori lebih sedikit dibandingkan dengan daging sapi. 

Kolesterol yang berlebih di dalam tubuh menyebabkan penumpukan pada dinding pembuluh darah. Kondisi ini menyebabkan munculnya plak yang menyebabkan penyempitan dinding pembuluh darah. Penyempitan pembuluh darah yang tidak diatasi memicu gangguan kesehatan, seperti serangan jantung, stroke, hingga penyakit arteri perifer. Itulah mengapa mengontrol kadar kolesterol di dalam tubuh sangat diperlukan.

Lakukan pemeriksaan kadar kolesterol di dalam tubuh diperlukan agar kolesterol tinggi dapat dicegah. Kamu bisa membuat janji dengan dokter melalui aplikasi Halodoc untuk memudahkan pemeriksaan yang dijalani.

Baca juga: 7 Buah Ini Mampu Turunkan Kolesterol Usai Lebaran

Perhatikan Pola Konsumsi Daging Sapi

Meskipun daging sapi memiliki kandungan kolesterol paling tinggi dibandingkan daging kambing maupun daging ayam, bukan berarti pengidap kolesterol tidak boleh mengonsumsi daging sapi sama sekali. Melansir Healthline, kamu hanya perlu memerhatikan bagian-bagian daging sapi yang memiliki kandungan lemak paling sedikit dan batasi pengonsumsian daging sapi.

Tidak hanya bagian daging yang dikonsumsi, pengidap kolesterol sebaiknya perhatikan cara masak daging yang tepat agar tidak menambah kadar kolesterol dalam tubuh. Kamu bisa memilih untuk memasak daging dengan cara dibakar atau dipanggang, sebaiknya hindari menggoreng daging sapi. 

Gaya Hidup Sehat untuk Hindari Kolesterol

Tidak hanya membatasi pengonsumsian daging sapi, kadar kolesterol dalam tubuh dapat kamu atasi dengan mengubah gaya hidup menjadi lebih sehat. Tidak ada salahnya lakukan ini untuk mengatasi masalah kolesterol yang kamu alami.

1. Olahraga

Melansir Healthline, rutin berolahraga membantu kamu mengatasi kolesterol tinggi yang dialami. Selain itu, olahraga membantu kamu terhindar dari obesitas. Obesitas menjadi salah satu pemicu seseorang memiliki kadar kolesterol tinggi dalam tubuh.

2. Berhenti Merokok

Menghentikan kebiasaan merokok menjadi salah satu cara yang bisa dilakukan untuk menghindari tubuh dari berbagai gangguan kesehatan, salah satunya penyakit kolesterol tinggi. Selain bisa menyebabkan kolesterol tinggi, merokok juga meningkatkan risiko penyakit pada jantung maupun paru-paru.

Baca juga: Punya Kolesterol Tinggi, Atasi dengan Cara Ini

Itulah cara yang bisa dilakukan untuk mencegah kadar kolesterol tinggi dalam tubuh. Selalu konsumsi makanan sehat agar terhindar dari berbagai gangguan kesehatan di dalam tubuh.

Referensi:
Healthline. Diakses pada 2020. 10 Natural Ways to Lower Your Cholesterol Levels
Healthline. Diakses pada 2020. Cholesterol Control: Chicken Vs Beef
American Heart Association. Diakses pada 2020. Control Your Cholesterol