• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • 7 Buah Ini Mampu Turunkan Kolesterol Usai Lebaran

7 Buah Ini Mampu Turunkan Kolesterol Usai Lebaran

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli

Halodoc, Jakarta - Selama lebaran, makanan khas Hari Raya didominasi oleh lemak, daging dan santan. Seperti yang sudah diketahui bersama, ketiga makanan tersebut merupakan makanan yang dapat menjadi pemicu naiknya kadar kolesterol dalam tubuh yang dapat berujung pada penyakit kardiovaskular, yaitu penyakit yang menyerang organ jantung dan pembuluh darah.

Baca juga: 8 Buah-buahan yang Cocok Dikonsumsi saat Sahur

Nah, salah satu langkah sederhana dalam menurunkan tingginya angka kolesterol setelah lebaran adalah dengan mengonsumsi buah-buahan. Buah penurun kolesterol ini bukan hanya mampu menurunkan angka kolesterol saja, tapi juga mampu meningkatkan kesehatan organ jantung, karena tinggi serat dan antioksidan di dalamnya.

Meski demikian, tidak semua buah mampu bekerja optimal dalam membantu menurunkan angka kolesterol tinggi. Buah penurun kolesterol yang baik adalah buah yang kaya akan serat larut dan mengandung senyawa bioaktif yang mampu membantu mencegah penyakit jantung dan penyakit kronis lainnya. Berikut buah penurun kolesterol yang direkomendasikan dikonsumsi setelah lebaran:

Baca juga: Buah-Buahan untuk Kulit yang Bersinar

  • Buah Apel

Buah penurun kolesterol yang pertama adalah apel. Buah satu ini, terutama kulitnya, mengandung pektin alias serat larut air yang ampuh dalam menurunkan kolesterol. Pektin bekerja dengan menyerap kolesterol dan lemak jahat dalam usus halus untuk dibawa keluar tubuh lewat urine dan feses. Bukan itu saja, apel juga mengandung vitamin dan antioksidan polifenol yang mampu membantu mengurangi peradangan.

  • Buah Alpukat

Buah penurun kolesterol selanjutnya adalah alpukat. Buah ini merupakan sumber lemak tak jenuh tunggal yang baik bagi kesehatan jantung karena kandungan vitamin, mineral, serat, dan senyawa yang mampu menghambat penyerapan kolesterol dalam tubuh. Selain mampu menurunkan kadar kolesterol, alpukat juga dapat menstabilkan kadar gula darah dalam tubuh. 

  • Buah Pir

Pir merupakan salah satu buah penurun kolesterol yang mengandung tinggi serat alami. Mengonsumsi satu buah pir ukuran sedang, dapat mencukupi 16 persen kebutuhan serat harian tubuh. Jenis serat yang terdapat dalam pir sendiri adalah pektin, yaitu serat yang mampu mengikat kolesterol dan mengangkutnya keluar dari tubuh dalam bentuk urine dan feses, sehingga kadar kolesterol jahat dalam tubuh bisa menurun

  • Buah Anggur

Buah penurun kolesterol selanjutnya adalah anggur. Sama seperti buah yang lainnya, anggur kaya akan serat larut air yang dapat mengikat kolesterol yang terserap di usus halus. Selain itu, anggur mengandung senyawa antioksidan tinggi yang dapat membantu meningkatkan kolesterol baik dalam tubuh, serta mampu menurunkan kadar kolesterol jahat, serta trigliserida dalam darah.

  • Buah Pepaya

Pepaya merupakan buah penurun kolesterol jahat dalam tubuh yang mengandung tinggi antioksidan, seperti likopen, vitamin C, dan vitamin E. Kolesterol dapat menempel pada pembuluh darah jika terjadi oksidasi, yang akhirnya berkumpul membentuk plak dan menutupi pembuluh darah. Vitamin E dan C pada pepaya dapat menghambat terjadinya oksidasi kolesterol di dalam pembuluh darah.

  • Buah Jambu biji

Jambu biji mengandung vitamin dan antioksidan yang bekerja melindungi jantung dari kerusakan, salah satunya akibat radikal bebas. Hal tersebut dapat terjadi karena kadar kalium dan serat larut air dalam jambu biji. Kedua kandungan tersebut juga dapat membantu tubuh dalam menurunkan kolesterol dan tekanan darah. 

  • Buah Jeruk

Buah penurun kolesterol yang terakhir adalah jeruk. Jeruk kaya akan serat larut air yang mampu mengikat kolesterol yang terserap dalam usus halus. Selain itu, jeruk juga d-limonene, yaitu senyawa kimia yang bermanfaat untuk melarutkan kolesterol. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, kamu dapat mengonsumsinya secara rutin sebanyak tiga kali dalam sehari.

Baca juga: 5 Kebiasaan yang Salah saat Makan Buah

Kolesterol sebenarnya adalah lemak yang berguna bagi tubuh. Namun, jika kadarnya berlebihan, kolesterol akan menumpuk di pembuluh darah dan mengganggu aliran darah. Jika terjadi gejala seperti sakit pada dada setelah mengonsumsi makanan khas lebaran yang telah disebutkan, diskusikan dengan dokter ahli di aplikasi Halodoc untuk penanganan lebih lanjut, ya!

Referensi:

Heath Harvard. Diakses pada 2020. 11 foods that lower cholesterol.

Healthline. Diakses pada 2020. 13 Cholesterol-Lowering Foods to Add to Your Diet.