• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Gigi Geraham Kerap Sakit, Atasi dengan 6 Bahan Alami Ini
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Gigi Geraham Kerap Sakit, Atasi dengan 6 Bahan Alami Ini

Gigi Geraham Kerap Sakit, Atasi dengan 6 Bahan Alami Ini

3 menit
Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli : 28 September 2022

“Sakit gigi geraham bisa disebabkan oleh berbagai macam hal dan perlu diobati oleh ahlinya. Namun, ada beberapa bahan alami yang bisa digunakan sebagai pengobatan rumahan untuk meredakan rasa sakitnya.”

Gigi Geraham Kerap Sakit, Atasi dengan 6 Bahan Alami IniGigi Geraham Kerap Sakit, Atasi dengan 6 Bahan Alami Ini

Halodoc, Jakarta – Gigi geraham adalah gigi-gigi yang membentuk bagian belakang mulut yang bertugas untuk menggiling atau menghancurkan makanan. Meskipun gigi tersebut keras, tapi bukan berarti tidak rentan terhadap masalah. Faktanya, karena sering digunakan untuk mengunyah, masalah gigi geraham sering terjadi.

Beberapa masalah gigi geraham yang umum dan bisa menimbulkan rasa sakit yang menyiksa, antara lain akibat mengonsumsi makanan atau minuman yang terlalu panas atau dingin, gigi berlubang, infeksi, dan periodontitis. 

Meskipun masalah gigi tersebut perlu ditangani oleh dokter gigi, ada beberapa bahan alami yang bisa membantu meredakan rasa sakit pada gigi geraham. Yuk, cari tahu di sini.

Bahan Alami untuk Mengatasi Sakit Gigi Geraham

Untuk perawatan di rumah, ada beberapa bahan alami yang bisa digunakan untuk mengatasi sakit gigi geraham:

1. Air garam

Berkumur dengan air garam merupakan salah satu cara efektif untuk mengatasi sakit gigi yang sudah dibuktikan oleh banyak orang. Air garam adalah disinfektan alami dan bisa membantu melepaskan partikel makanan dan kotoran yang mungkin tersangkut di sela-sela gigi. Berkumur dengan air garam juga bisa membantu mengurangi peradangan dan menyembuhkan luka di dalam mulut.

Cara mengatasi sakit gigi geraham dengan bahan alami ini, yaitu campurkan setengah sendok teh garam ke dalam segelas air hangat, lalu gunakan sebagai obat kumur.

2. Kompres dingin

Selain berkumur dengan air garam, kamu juga bisa meredakan sakit gigi geraham dengan mengaplikasikan kompres dingin. Cara tersebut bisa menyebabkan pembuluh darah di area yang terasa nyeri menyempit, sehingga membuat rasa sakitnya berkurang. 

Dingin juga bisa mengurangi pembengkakan dan peradangan. Terapkanlah kompres dingin ke area gigi yang terasa nyeri selama 20 menit setiap kali, dan ulangi setiap beberapa jam.

3. Kantong teh peppermint

Bahan alami lainnya yang bisa digunakan untuk mengatasi sakit gigi geraham adalah kantong teh peppermint. Cara sederhana ini bisa menghilangkan rasa sakit dan menenangkan gigi geraham yang sensitif.

Caranya, kamu bisa membiarkan kantong teh yang sudah pernah diseduh menjadi sedikit dingin sebelum menerapkannya ke area gigi yang sakit. Kamu juga bisa menggunakannya untuk mendinginkan area yang sakit, bukan menghangatkannya. Caranya masukkan kantong teh peppermint bekas ke dalam freezer selama beberapa menit untuk mendinginkannya, lalu tempelkan kantong teh ke gigi geraham kamu.

4. Bawang putih

Bahan alami yang satu ini sudah sejak lama dikenal akan khasiat obatnya. Untuk mengatasi sakit gigi geraham, bawang putih memiliki sifat antibakteri yang tidak hanya bisa membunuh bakteri berbahaya penyebab plak gigi, tapi juga bertindak sebagai pereda nyeri.

Cara menggunakan bawang putih untuk mengatasi sakit gigi geraham, yaitu tumbuk bawang putih hingga halus, lalu oleskan ke area gigi yang sakit. Sebagai alternatif, kamu bisa mengunyah satu siung bawang putih segar secara perlahan.

5. Daun jambu biji

Daun jambu biji memiliki sifat antiinflamasi yang bisa membantu menyembuhkan luka. Bahan alami ini juga memiliki aktivitas antimikroba yang mungkin bisa membantu dalam mengatasi sakit gigi geraham.

Untuk menggunakan bahan alami ini, cukup kunyah daun jambu biji segar, atau tambahkan daun jambu biji yang sudah ditumbuk ke dalam air mendidih untuk membuat obat kumur.

6. Thyme

Thyme (tanaman untuk penyedap rasa) juga memiliki sifat antibakteri dan antioksidan yang kuat yang bisa membantu mengobati sakit gigi. Bahkan, bisa membantu melawan bakteri yang berkontribusi terhadap kerusakan gigi.

Cara menggunakannya, encerkan minyak esensial thyme dengan minyak pembawanya, lalu oleskan ke area yang terkena. Kamu juga bisa menambahkan setetes minyak ke dalam segelas kecil air untuk membuat obat kumur.

Bila rasa sakitnya tidak kunjung hilang setelah mencoba bahan-bahan alami di atas, sebaiknya segera periksakan diri ke dokter ya. Dokter gigi bisa memeriksa penyebab sakit gigi geraham dan memberikan penanganan sesuai penyebabnya. 

Nah, kamu bisa memeriksakan kesehatanmu dengan buat janji medis di rumah sakit pilihan melalui aplikasi Halodoc. Yuk, download Halodoc sekarang juga di Apps Store dan Google Play.

Referensi:
Wayzata Dental. Diakses pada 2022. Molar Teeth Pain: Symptoms, Causes & Treatments.
Healthline. Diakses pada 2022. 11 Home and Natural Remedies for Toothache Pain