• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Harus Tahu, 6 Langkah Sederhana untuk Mencegah Cystitis

Harus Tahu, 6 Langkah Sederhana untuk Mencegah Cystitis

Ditinjau oleh: dr. Verury Verona Handayani

Halodoc, Jakarta - Bakteri merupakan salah satu hal yang kerap menyebabkan penyakit pada manusia. Bakteri dapat masuk ke tubuh manusia dan dampak yang mungkin terjadi adalah peradangan. Terdapat beberapa penyakit yang terjadi disebabkan inflamasi karena bakteri, misalnya cystitis.

Hal ini terjadi ketika bakteri menginfeksi kandung kemih yang berguna untuk menampung urine. Seseorang yang mengalami penyakit ini akan mengalami masalah yang serius. Maka dari itu, kamu harus tahu cara mencegah cystitis agar tidak menyerang kamu sehingga menyebabkan komplikasi. Berikut beberapa caranya!

Baca juga: Ini Kebiasaan yang Menyebabkan Cystitis

Cara Sederhana untuk Mencegah Cystitis

Cystitis adalah terjadinya gangguan yang disebabkan oleh peradangan pada kandung kemih. Umumnya, penyakit ini disebabkan oleh infeksi bakteri, disebut juga sebagai infeksi saluran kemih (ISK). Gangguan ini umumnya menyerang wanita yang memiliki ukuran saluran kemih pendek, sehingga bakteri mudah untuk masuk dan menginfeksi.

Cystitis ringan umumnya akan sembuh dengan sendirinya dalam beberapa hari. Namun, gangguan ini dapat menimbulkan rasa sakit dan menyebabkan gangguan kesehatan yang serius walaupun terbilang jarang. Maka dari itu, kamu harus tahu cara untuk mencegah cystitis untuk terjadi. Berikut adalah beberapa hal yang dapat dilakukan:

  1. Mengonsumsi Jus Kranberi

Jus kranberi yang mengandung proanthocyanidin dapat menurunkan risiko infeksi kandung kemih untuk beberapa wanita. Walau begitu, beberapa penelitian menyebutkan kemungkinannya sangat kecil. Selain itu, jus ini tidak dapat dikonsumsi bersamaan dengan obat pengencer darah karena dapat menyebabkan perdarahan.

  1. Menjaga Dehidrasi

Salah satu cara untuk mencegah cystitis yang dapat kamu lakukan adalah dengan menjaga dehidrasi tubuh dengan memperbanyak konsumsi cairan. Selain itu, hal ini juga sangat penting jika kamu telah mendapat perawatan kemoterapi atau terapi radiasi.

Jika kamu mempunyai pertanyaan terkait cara mencegah cystitis, dokter dari Halodoc siap membantu. Caranya mudah, kamu hanya perlu download aplikasi Halodoc di smartphone yang kamu gunakan! Selain itu, kamu juga dapat membeli obat tanpa perlu ke luar rumah dengan aplikasi ini.

Baca juga: Awas, Inilah Penyebab dan Faktor yang Meningkatkan Risiko Cystitis

  1. Jangan Menahan Buang Air Kecil

Cara mencegah cystitis lainnya adalah dengan tidak menahan buang air kecil ketika sudah harus pergi ke toilet. Lalu, ketika membersihkan anus setelah buang air besar, kamu dapat mengusap dari depan ke belakang agar bakteri tidak masuk ke daerah vagina.

  1. Mandi dengan Bersih

Kamu juga harus memastikan mandi dengan bersih setiap hari dengan cara menggunakan shower dibandingkan bak mandi. Pasalnya, bak mandi yang digunakan mungkin saja telah mengandung bakteri. Selain itu, pastikan untuk mencuci kulit di sekitar vagina dan anus dengan lembut setiap mandi. Pastikan kamu tidak menyebabkan iritasi pada bagian tersebut.

  1. Hindari Gunakan Produk di Area Genital

Kamu juga harus menghindari dalam menggunakan produk apapun yang disemprot pada area genital, karena dapat menyebabkan bakteri menempel dan menimbulkan gangguan cystitis. Hal tersebut juga dapat menyebabkan iritasi pada uretra dan kandung kemih.

Baca juga: Ketahui Perawatan Rumahan untuk Atasi Cystitis

  1. Buang Air Kecil setelah Hubungan Intim

Buang air kecil setelah berhubungan seksual juga dapat menjadi salah satu cara mencegah cystitis pada area intim. Dengan meminum banyak air putih setelahnya, kamu dapat meningkatkan keinginan untuk buang air kecil dan membuat area vagina menjadi lebih bersih dari bakteri.

Itulah beberapa hal sederhana yang dapat kamu lakukan sebagai cara untuk mencegah cystitis pada wanita. Dengan menjaga bagian tersebut tetap bersih, kamu juga dapat mencegah penyakit-penyakit lainnya menyerang tubuhmu. Jika kamu telah melakukan semua hal tersebut dan masih mengalami cystitis, cobalah bertanya pada ahlinya.

Referensi:
Mayo Clinic. Diakses pada 2019. Cystitis
NHS.uk. Diakses pada 2019. Cystitis