• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Harus Tahu, 80% Imunitas Tubuh berasal dari Saluran Pencernaan

Harus Tahu, 80% Imunitas Tubuh berasal dari Saluran Pencernaan

Ditinjau oleh: dr. Verury Verona Handayani
undefined

Halodoc, Jakarta – Masyarakat dihadapkan dengan situasi baru yang dikenal dengan nama New Normal. Sebagian masih khawatir dapat terpapar COVID-19, namun dengan menerapkan pola hidup sehat dan mengikuti protokol pencegahan maka COVID-19 bisa dihindari.

Salah satu yang penting diperhatikan adalah daya tahan tubuh yang selalu harus dijaga tetap optimal. Bila sudah harus melakukan aktivitas fisik, dan keluar rumah pastikan tubuh mendapatkan nutrisi tambahan karena tubuh membutuhkan energi lebih agar aktivitas keseharian dapat berjalan dengan optimal, salah satunya dengan Penggunaan rutin Probiotik. Sistem kekebalan tubuh merupakan mekanisme pertahanan alami untuk mencegah masuknya virus, bakteri, jamur dan parasit  dan sehingga dapat mencegah datangnya penyakit yang membahayakan.

 

Probiotik Mampu Meningkatkan Imunitas serta Mencegah Infeksi Saluran Pernapasan

Salah satu kandungan yang bisa dikonsumsi untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh adalah probiotik. Nah, probiotik sendiri merupakan bakteri baik yang  hidup dalam sistem pencernaan manusia, perannya adalah untuk memelihara kesehatan saluran pencernaan, melawan bakteri patogen dalam saluran cerna dan meningkatkan sistem pertahanan tubuh. Manfaat meningkatkan sistem kekebalan tubuh ini disebabkan karena 80 persen  sistem imunitas manusia terletak di saluran cerna.

Untuk itu pemilihan probiotik yang tepat harus diperhatikan. Beragam probiotik mudah didapatkan di pasaran, dengan komposisi bakteri yang berbeda-beda. Tidak semua bakteri yang terkandung dalam probiotik terbukti efektif menjaga kesehatan. Probiotik yang sudah dibuktikan efektif melalui uji klinismemiliki manfaat kesehatan saluran cerna adalah Lactobacillus reuteri DSM 17938.

Selama ini, probiotik Lactobacillus reuteri DSM 17938 dikenal ampuh mengatasi masalah pencernaan, seperti diare, konstipasi, peradangan pada usus, infeksi usus akibat Helicobacter pylori, GERD, efek samping pada saluran cerna akibat penggunaan antibiotik dll. Selain ampuh dalam mengatasi gangguan saluran pencernaan, probiotik juga memiliki kandungan yang mampu mencegah infeksi saluran pernapasan.

Penjelasannya adalah Gut Lung Axis yaitu adanya hubungan antara kesehatan saluran cerna yang mempengaruhi kesehatan saluran pernapasan.

Konsep Gut-Lung Axis ini didukung dengan pemberian probiotik Lactobacillus reuteri DSM 17938 telah terbukti memiliki manfaat:

  • Menyeimbangkan mikroflora saluran cerna, menghambat pertumbuhan bakteri dan virus yang merugikan kesehatan.
  • Meningkatkan fungsi mukosa usus.
  • Meningkatkan respon imun tubuh.
  • Memiliki efek antiinflamasi.
  • Meningkatkan respon imunitas saat terjadi infeksi pada saluran napas.
  • Mengurangi angka kejadian infeksi saluran napas pada anak dan dewasa.
  • Aman dikonsumsi jangka panjang dan bersama dengan obat-obatan lainnya.

 

Berikan Suplemen Probiotik untuk Menunjang Kesehatan Anak

Untuk menunjang kesehatan baik saluran cerna, saluran pernapasan dan memelihara daya tahan tubuh, pilihan yang tepat adalah penggunaan suplemen probiotik INTERLAC. Probiotik INTERLAC ini memiliki komposisi Lactobacillus reuteri DSM 17938 dan  sudah teruji klinis serta aman digunakan untuk bayi, anak dan dewasa. INTERLAC tersedia dalam  bentuk kemasan, yaitu tablet dan drops.

Keunggulan INTERLAC adalah:

  • Dosis praktis 1x sehari.
  • Komposisi INTERLAC telah terbukti efektif secara klinis untuk kesehatan saluran cerna, meningkatkan sistem imunitas dan kesehatan saluran napas.
  • Aman digunakan untuk bayi, anak dan dewasa.
  • Sediaan INTERLAC tablet kunyah memiliki 2 varian rasa yaitu Strawberry dan Lemon.
  • Khusus sediaan untuk bayi  INTERLAC drop dibuat dengan rasa yang netral (tanpa rasa).

Dosis penggunaan INTERLAC yang disarankan berdasarkan kemasannya:

  • INTERLAC tablet, penggunaan 1 tablet per hari. Penggunaan diutamakan untuk anak dan dewasa.
  • INTERLAC drops, penggunaan 1× 5 tetes per hari. Penggunaan diutamakan untuk bayi, dan anak di bawah usia 1 tahun.

Untuk menjaga kesehatan pencernaan, mencegah infeksi saluran pernapasan serta memelihara daya tahan tubuh, penggunaan  probiotik INTERLAC secara rutin bisa menjadi solusinya. Produk INTERLAC kini dapat dibeli di Halodoc. Saat saluran cerna dipelihara dengan baik maka daya tahan tubuh pun terjaga baik. Jadi, kamu dapat bebas beraktivitas di luar rumah tanpa harus merasa khawatir terinfeksi berbagai macam penyakit.

Referensi:

American Academy of Pediatrics. Diakses pada 2020. Effect of a Probiotic Infant Formula on Infections in Child Care Centers: Comparison of Two Probiotic Agents.

Diakses pada 2020. Probiotics.

Cleveland Clinic. Diakses pada 2020. Probiotics.

Gutierrez-Castrellon P, et al. Diarrhea in preschool children and and Lactobacillus reuteri: a randomized controlled trial. Pediatrics 2014

Tubelius P, et al. Increasing Work Place Healthiness with The Probiotic Lactobacillus reuteri: A Randomised, Double-blind Placebo-controlled Study.