28 October 2018

Ketahui Manfaat Minuman Probiotik Bagi Kesehatan

Ketahui Manfaat Minuman Probiotik Bagi Kesehatan

Halodoc, Jakarta – Probiotik adalah mikroorganisme (bakteri dan jamur) hidup yang apabila diberikan dalam jumlah yang cukup pada tubuh bisa memberikan manfaat kesehatan. Perlu diketahui, jika bakteri ada yang baik dan jahat. Nah, probiotik ini menjadi bakteri baik untuk kesehatan kamu. Dalam tubuh manusia ada probiotik alami yang bisa ditemukan di dalam tubuh seperti pada saluran pencernaan.

Apa itu Minuman Probiotik?

Minuman probiotik adalah minuman yang mengandung sejumlah bakteri probiotik. Minuman probiotik biasanya memiliki rasa yang enak, segar, dan aman dikonsumsi siapapun. Minuman probiotik bisa diolah dengan mencampurnya bersama buah untuk jus atau ice blended. Namun, jangan dimasak dengan api, karena akan merusak kandungan bakteri baiknya. Minuman probiotik bisa diminum kapan saja dan siapa saja, baik untuk anak-anak maupun dewasa.

Saat ini, banyak minuman probiotik berbagai merek beredar di pasaran. Minuman probiotik harus disimpan pada kondisi penyimpanan dengan suhu dan tingkat keasaman tertentu untuk mencegah mikroorganisme di dalamnya tidak mati. Sebaiknya, simpan minuman probiotik pada suhu lemari es, sekitar 4 derajat Celcius untuk menjaga bakteri probiotik tetap optimal.

Berikut ini jenis bakteri probiotik yang perlu diketahui:

1. Lactobacillus

Ini merupakan jenis probiotik yang paling banyak digunakan. Probiotik ini biasanya ditemukan dalam yogurt atau makanan hasil fermentasi lain. Manfaat probiotik ini adalah untuk meringankan diare dan membantu alergi laktosa.

2. Bifidobacteria

Bakteri ini paling banyak ditemukan dalam usus besar. Manfaatnya adalah untuk meringankan gejala sindrom iritasi usus (irritable bowel syndrome).

3. Streptococcus thermophilus

Bakteri ini bisa memproduksi enzim laktase yang bisa mencegah intoleransi laktosa. Probiotik ini banyak dimanfaatkan dalam memproses makanan.

4. Saccharomyces

Ini adalah probiotik dari jamur yang banyak digunakan untuk mencegah dan mengobati diare. Manfaat lainnya adalah untuk meredakan jerawat dan mengurangi efek samping pengobatan radang lambung yang disebabkan oleh bakteri jenis H. pylori.

Apa Saja Manfaat Minuman Probiotik Bagi Kesehatan?

Probiotik ini memiliki fungsi membantu menjaga daya tahan tubuh, melancarkan pencernaan, melawan bakteri jahat yang ada di dalam usus dan mencegah terjadinya peradangan pada bagian usus. Dalam minuman probiotik, bakteri Lactobacillus casei sering ditemukan dalam yogurt. Tapi, dalam makanan juga terdapat pada makanan hasil fermentasi lain. Probiotik ini juga dapat membantu meringankan diare dan dapat membantu orang yang alergi laktosa.

Manfaat minuman probiotik lainnya adalah membuat tubuh melawan bakteri, jamur, dan virus yang hinggap ke tubuh. Selain itu, manfaat minuman probiotik antara lain berguna untuk menjaga kesehatan sistem pencernaan dengan cara memelihara keseimbangan mikroorganisme baik di dalam usus. Manfaat minuman probiotik ini juga bisa membantu meringankan diare dan dapat membantu orang yang alergi laktosa.

Meski manfaat minuman probiotik sangat baik untuk kesehatan, ada baiknya bila ingin mengonsumsi minuman probiotik selalu memperhatikan dengan cermat label dalam kemasan produk atau suplemen yang mengandung probiotik. Perlu juga dengan menerapkan pola hidup sehat seperti mengonsumsi makanan yang bernutrisi, melakukan olahraga, dan istirahat dengan teratur. Dengan begitu, usus bisa terjaga kesehatannya.

Jika kamu punya pertanyaan lain seputar manfaat probiotik, jangan ragu bertanya pada dokter Halodoc. Untuk mempermudah berkomunikasi dengan dokter, kamu bisa bertanya pada dokter yang ada di aplikasi Halodoc baik melalui Chat, Voice Call, atau Video Call yang tersedia di layanan Contact Doctor. Bila kamu ingin menggunakan aplikasi Halodoc, kamu perlu download aplikasi Halodoc di App Store maupun Google Play.

Baca Juga: