18 June 2018

Harus Tahu, Bedanya Kanker dan Tumor

perbedaan kanker dan tumor rahim

 Halodoc, Jakarta – Karena sama-sama menimbulkan benjolan pada bagian tubuh, banyak orang kerap menyamakan antara kanker dan tumor. Padahal, kedua kondisi medis tersebut tidaklah sama.  Lalu, sebenarnya apa sih bedanya kanker dan tumor?

Mirip, Tetapi Berbeda

Kata ahli, tidak semua tumor itu adalah kanker, dan begitu sebaliknya. Berarti ada tumor yang berupa kanker dong? Sebelum membahas hal itu, kamu harus berkenalan dulu dengan tumor. Kondisi medis yang satu ini merupakan pertumbuhan sel yang enggak normal pada bagian tubuh tertentu. Selain itu, tumor juga merupakan kondisi pembengkakan yang dikarenakan adanya inflamasi atau peradangan.

Nah, tumor sendiri dibedakan menjadi dua berdasarkan pertumbuhannya, yaitu tumor ganas dan tumor jinak. Apa perbedaannya? Ketika pertumbuhan sel yang abnormal itu cuma terjadi di bagian tubuh tertentu, alias enggak menyebar, maka itu adalah tumor jinak. Sedangkan bila sel yang abnormal tersebut menyebar ke bagian tubuh lain, maka bisa disebut tumor ganas atau kanker. So, singkat kata, kanker  merupakan tumor ganas.

Nah, yang perlu diketahui, seiring usia seseorang bertambah, maka mereka akan mengakumulasi berbagai mutasi di dalam DNA-nya. Artinya, tingkat prevalensi terjadi tumor akan semakin meningkat seiring bertambahnya usia. Kata ahli, ketika seseorang yang terbilang tua mengidap tumor, kemungkinan besar itu adalah tumor ganas.

Enggak Semua Benjolan itu Kanker

Bila terdapat benjolan pada tubuh kamu, misalnya pada daerah payudara, jangan buru-buru mengartikan bahwa itu adalah kanker. Pasalnya, menurut data dari para ahli, hanya 15 persen dari benjolan yang bisa berkembang menjadi kanker. Menurut ahli dari Perhimpunan Onkologi Indonesia, selain kanker, benjolan pada payudara bisa saja berupa tumor jinak. Nah, meskipun tumor jinak enggak seberbahaya daripada kanker karena tidak menyebabkan kegagalan organ yang dihinggapinya, tapi keduanya harus tetap diwaspadai.

Ada perbedaan mendasar antara kedua kondisi ini. Kata ahli, kanker itu lebih cepat tumbuh dibandingkan dengan tumor. Misalnya, dalam 8-200 hari sel-sel kanker bisa membelah dengan sangat cepat. Sendangkan tumor jinak enggak seperti itu, pertumbuhannya cenderung lebih lambat.

Baca juga: Tanda Kanker Payudara Pada Pria

Selain itu, perbedaannya juga bisa dirasakan bila bagian tubuh yang terdapat benjolan diraba. Benjolan kanker akan terasa padat dan keras ketika diraba, rasanya seperti meraba tulang. Sedangkan tumor lain ceritanya. Benjolan tumor ketika ditekan bisa bergeser, enggak seperti kanker yang kaku. Pasalnya, sel-sel kanker umumnya melakukan infiltrasi (penyusupan) terhadap jaringan-jaringan di sekitarnya, maka sulit untuk digerakkan.   

Kata ahli, benjolan kanker juga bisa menimbulkan perubahan pada area yang dihinggapinya. Contohnya, pada payudara. Benjolan kanker yang berkembang lebih lanjut bisa menimbulkan perubahan pada permukaan payudara. Misanya, putng tertarik ke dalam.

Ada Persamaannya

Selain sama-sama menimbulkan benjolan pada bagian tubuh tertentu, kanker dan tumor juga memiliki berbagai persamaan. Nah, berikut penjelasannya:

1. Keduanya sama-sama bisa kambuh di kemudian hari. Andaikan pengobatan kanker dan tumor enggak dilakukan dengat tepat (masih ada sel abnormal yang tertinggal), maka tidak menutup kemungkinan keduanya bisa muncul kembali.

2. Sama-sama berbahaya. Meski kanker memang lebih berbahaya, tapi jangan pernah menganggap remeh tumor jinak. sebab pada beberapa kasus tumor jinak bisa sangat berbahaya. Contohnya, tumor otak yang bisa menghancurkan struktur otak secara perlahan.

3. Bisa sama-sama tumbuh cukup besar. Baik kanker maupun tumor jinak, kedua sama-sama bisa tumbuh hingga ukuran yang sangat besar.

Baca juga: Ketahui 8 Penyebab Nyeri Payudara Selain Kanker

Kamu juga bisa lho mendiskusikan pendidikan seks anak dengan dokter melalui aplikasi Halodoc. Lewat fitur Chat dan Voice/Video Call, kamu bisa mengobrol dengan dokter ahli tanpa perlu ke luar rumah. Yuk, download aplikasi Halodoc sekarang juga di App Store dan Google Play!