Hati-Hati Ini Tanda Penyakit Usus Buntu pada Anak

Ditinjau oleh: dr. Verury Verona Handayani
Hati-Hati Ini Tanda Penyakit Usus Buntu pada Anak

Halodoc, Jakarta - Pada sistem pencernaan setiap manusia terdapat usus yang berbentuk seperti kantung kecil dan tipis. Bagian tersebut disebut dengan usus buntu. Di bagian tersebut terdapat penyakit yang rentan terjadi, salah satunya adalah penyakit usus buntu.

Penyakit usus buntu termasuk rentan menyerang anak. Usus buntu pada anak dapat memburuk jika tidak segera ditangani. Hal ini disebabkan peradangan pada bagian tersebut yang dapat menyebabkan infeksi serius. Maka dari itu, jika usus buntu terjadi pada anak, kamu harus tahu gejalanya agar segera ditangani.

Baca juga: Inilah 5 Deteksi Awal Usus Buntu di Rumah

Tanda dan Gejala Penyakit Usus Buntu pada Anak

Penyakit usus buntu atau apendisitis adalah terjadinya pembengkakan yang menyakitkan disebabkan oleh infeksi pada bagian tersebut. Usus buntu pada tubuh dapat pecah dan menyebabkan gangguan yang serius, sehingga infeksi tersebut menyebar. Pengobatan dini harus dilakukan karena dapat berakibat fatal.

Gangguan usus buntu pada anak dapat terjadi karena bagian dalamnya terhalang oleh sesuatu, sehingga menyebabkan infeksi. Sumbatan tersebut dapat disebabkan oleh cairan lendir. Hal ini juga dapat terjadi karena parasit. Walau begitu, ahli medis tidak tahu apa fungsi usus buntu di tubuh setiap orang.

Umumnya, untuk mengatasi gangguan ini, operasi dilakukan untuk mengangkat bagian tersebut karena perannya yang tidak diketahui dan juga tidak berbahaya. Umumnya, operasi ini dilakukan untuk anak-anak yang mengalami usus buntu. Sebagian besar anak akan sembuh tanpa masalah ke depannya.

Maka dari itu, sebagai orangtua, kamu harus tahu tanda penyakit usus buntu pada anak yang mungkin timbul. Hal tersebut agar pencegahan dini dapat dilakukan, sehingga tidak menyebabkan gangguan yang parah. Berikut beberapa tanda usus buntu ketika terjadi pada anak:

  1. Rasa Sakit di Perut

Salah satu tanda usus buntu pada anak adalah kerap merasakan sakit di perut. Perasaan tersebut dapat mulai terjadi dari daerah sekitar pusar dan pindah ke sisi kanan bawah perut. Walau begitu, kamu juga mungkin merasakannya diawali pada sisi kanan bawah perut.

Jika kamu mempunyai pertanyaan terkait penyakit usus buntu, dokter dari Halodoc siap membantu untuk menjawabnya. Caranya mudah, kamu hanya perlu download aplikasi Halodoc di smartphone kamu! Selain itu, kamu juga dapat membeli obat tanpa perlu keluar rumah dengan aplikasi tersebut.

Baca juga: Dapatkah Usus Buntu Ditangani Tanpa Operasi? Berikut Ulasannya

  1. Konstipasi

Pertanda usus buntu pada anak lainnya yang dapat timbul adalah mengalami sembelit atau konstipasi. Seseorang dapat dikatakan mengalami hal ini apabila mengalami kurang dari tiga buang air besar dalam seminggu.

  1. Gastroenteritis

Anak-anak juga dapat mengalami gastroenteritis sebagai tanda usus buntu pada anak. Hal ini disebabkan oleh terjadinya peradangan pada lapisan usus. Pada penyakit usus buntu, infeksi yang terjadi dapat menyebar ke sistem pencernaan terdekat sehingga mengalami radang di bagian usus lainnya.

  1. Demam

Tiap anak yang mengalami gangguan pada usus buntu umumnya akan diawali dengan demam. Tubuh anak ibu akan mengalami temperatur tinggi dan kerap berkeringat. Ibu harus mengompresnya agar suhu tersebut turun dan mungkin akan kembali naik setelah beberapa waktu.

Baca juga: Sakit Perut yang Tak Tertahankan? Hati-Hati Usus Buntu Mengintai

  1. Muntah

Seorang anak juga mungkin mengalami muntah ketika usus buntu mengalami gangguan. Gangguan ini mungkin membuat kamu bingung karena tidak ada terlihat dirinya mengalami penyakit. Maka dari itu, jika Si Kecil kerap muntah-muntah, ada baiknya untuk memeriksakannya ke dokter.

Referensi:
Everyday Health. Diakses pada 2019. Appendicitis in Children: Signs, Symptoms, and More
Stlouis Childrens. Diakses pada 2019. Appendicitis