• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Hati-Hati, Malnutrisi Bisa Disebabkan Pola Makan Berlebih
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Hati-Hati, Malnutrisi Bisa Disebabkan Pola Makan Berlebih

Hati-Hati, Malnutrisi Bisa Disebabkan Pola Makan Berlebih

3 menit
Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli : 27 September 2022

“Malnutrisi juga bisa disebabkan oleh pola makan yang berlebih, sehingga jumlah asupan nutrisi yang didapat melebihi dari jumlah yang dibutuhkan. Jenis malnutrisi ini disebut juga kelebihan nutrisi.”

Hati-Hati, Malnutrisi Bisa Disebabkan Pola Makan BerlebihHati-Hati, Malnutrisi Bisa Disebabkan Pola Makan Berlebih

Halodoc, Jakarta – Selama ini, banyak orang mengira malnutrisi adalah kondisi yang terjadi akibat kurang makan, sehingga tidak mendapatkan asupan nutrisi yang cukup. Padahal, malnutrisi adalah ketidakseimbangan dalam asupan makanan. Jadi, kondisi tersebut bisa terjadi ketika seseorang terlalu banyak atau terlalu sedikit mengonsumsi makanan atau nutrisi penting.

Nah, dengan kata lain,  malnutrisi juga bisa disebabkan oleh pola makan berlebih.  Yuk, simak penjelasannya lebih lanjut di sini.

Bagaimana Pola Makan Berlebih Bisa Menyebabkan Malnutrisi?

Kamu mungkin bisa lebih memahami bila seseorang mengalami malnutrisi karena tidak mengonsumsi makanan yang cukup. Namun, bagaimana orang yang makannya banyak bisa mengalami kekurangan gizi?

Nah, malnutrisi sendiri bisa dibagi menjadi dua jenis, yaitu undernutrition (ketika seseorang tidak mendapatkan nutrisi yang cukup), dan overnutrition (ketika seseorang mendapatkan nutrisi yang lebih dari yang dibutuhkan). Sama halnya seperti kekurangan nutrisi, konsumsi nutrisi yang berlebihan juga bisa memiliki dampak buruk untuk kesehatan. 

Berikut beberapa contoh malnutrisi yang disebabkan oleh kelebihan nutrisi dan dampaknya untuk kesehatan:

  • Kelebihan energi

Mengonsumsi terlalu banyak kalori (energi) bisa menyebabkan berat badan kamu meningkat dari waktu ke waktu, kecuali bila kamu meningkatkan aktivitas fisikmu. Kalori ekstra biasanya berasal dari zat gizi makro (lemak, karbohidrat, atau protein). Terlepas dari mana pun sumber kalori ekstra itu berasal, tubuh tetap akan menggunakan nutrisi dalam jumlah yang dibutuhkannya dan menyimpan sisanya sebagai lemak. 

Malnutrisi akibat kelebihan energi sering terjadi di negara-negara maju. Kadang-kadang, orang dengan jenis overnutrition ini juga bisa mengalami kekurangan gizi mikro bila makanan mereka tinggi kalori, tapi rendah mikronutrien. Misalnya, sering mengonsumsi makanan cepat saji yang rendah nutrisi.

Kelebihan nutrisi ini sering kali menyebabkan kelebihan berat badan atau obesitas, yang merupakan faktor risiko penyakit kardiovaskular, bentuk kanker tertentu, dan diabetes tipe 2.

  • Kelebihan gizi mikro

Jenis kelebihan nutrisi ini terjadi bila kamu mengonsumsi terlalu banyak nutrisi tertentu. Mungkin saja kamu mengonsumsi terlalu banyak vitamin atau mineral. Biasanya, hal ini terjadi ketika kamu mengonsumsi suplemen makanan dalam dosis besar. Mendapatkan terlalu banyak gizi mikro dari makanan jarang terjadi.

Kelebihan gizi mikro bisa menyebabkan keracunan akut, seperti yang terjadi bila meminum terlalu banyak pil zat besi sekaligus. Selain itu, kelebihan nutrisi juga bisa menjadi kondisi kronis bila kamu mengonsumsi vitamin tertentu dalam dosis besar (seperti vitamin B6) selama beberapa minggu atau bulan.

Jadi, untuk mencegah jenis kelebihan nutrisi ini, hindari mengonsumsi suplemen makanan dalam dosis tinggi, kecuali hal itu dianjurkan oleh dokter.

Gejala Kelebihan Nutrisi yang Perlu Diperhatikan

Malnutrisi yang disebabkan oleh kelebihan nutrisi sering kali ditandai dengan obesitas, diabetes, tekanan darah tinggi, kolesterol tinggi, peradangan, dan gejala lainnya. Sementara gejala kelebihan gizi mikro bisa berbeda tergantung pada nutrisi yang kelebihan, tapi umumnya menimbulkan beberapa gejala berikut:

  • Urine berwarna keruh.
  • Meningkatnya frekuensi dan jumlah buang air kecil.
  • Detak jantung tidak teratur.
  • Iritasi mata atau kepekaan terhadap cahaya.
  • Bibir pecah-pecah dan kering.

Cara Mengatasi dan Mencegah Malnutrisi Akibat Kelebihan Nutrisi

Malnutrisi akibat kelebihan nutrisi bisa diatasi dengan mengubah pola makan untuk mengurangi kalori secara keseluruhan. Selain itu, pola ini juga perlu diiringi dengan meningkatkan keseimbangan gizi dengan memasukkan lebih banyak buah dan sayuran, biji-bijian, sumber kalsium, serta sumber protein sehat dengan sedikit lemak baik.

Penting juga untuk menghindari junk food, yang tinggi kalori tapi memiliki nilai gizi yang kecil, untuk mencegah malnutrisi. Kamu juga dianjurkan untuk mengonsumsi suplemen secukupnya saja, dan berusahalah untuk mendapatkan asupan nutrisi dari makanan.

Bila kamu merasa tidak bisa mendapatkan nutrisi tertentu yang cukup dari makanan, baru kamu bisa memenuhi kebutuhan nutrisimu dengan mengonsumsi suplemen vitamin. Cek obat dan vitamin yang kamu butuhkan untuk kesehatan dengan menggunakan aplikasi Halodoc saja. Yuk, download Halodoc sekarang juga di Apps Store dan Google Play.

Referensi:
Verywell Fit. Diakses pada 2022. What Is Malnutrition?.
Medical News Today. Diakses pada 2022. Malnutrition: What you need to know