23 May 2018

Hati-hati Melakukan Ratus Miss V, Ini Bahayanya

Hati-hati Melakukan Ratus Miss V, Ini Bahayanya

Halodoc, Jakarta – Menjelang hari pernikahan, para wanita biasanya akan sibuk melakukan berbagai macam perawatan diri mulai dari ujung kaki sampai kepala, tidak terkecuali untuk Miss V. Nah, salah satu perawatan organ intim yang sering dilakukan para calon pengantin wanita adalah ratus Miss V. Biasanya perawatan ini sudah sepaket dengan perawatan tubuh lainnya, sehingga mau tidak mau kamu akan menjalaninya.

Namun, sebelum kamu melakukan berbagai macam perawatan Miss V, ada baiknya kamu mencari tahu apakah perawatan tersebut benar-benar bermanfaat. Karena ternyata perawatan seperti ratus Miss V kurang baik dan justru dapat membahayakan organ intim wanita.

Apa Itu Ratus Miss V?

Ratus Miss V adalah perawatan tradisional untuk organ intim wanita yang dpercaya berkhasiat menyembuhkan segala macam masalah kewanitaan, mengharumkan dan mengencangkan Miss V, serta meningkatkan kesuburan wanita. Ketika melakukan perawatan ini, kamu akan diminta untuk duduk di atas kursi khusus yang bagian tengahnya sudah dilubangi sebagai jalur masuk asap. Kemudian, area organ intimmu akan diasapi langsung oleh uap yang berasal dari wadah berisi air rebusan ramuan ratus yang diletakkan di bawah kursi.

Ramuan air rebusan ratus pada umumnya terbuat dari bahan-bahan alami seperti kayu secang, kunyit, bunga mawar, temulawak, pala, dan akar wangi. Bahkan beberapa salon tertentu menawarkan jasa ratus Miss V yang sudah lebih modern, yaitu memadukan ramuan rempah tradisional dengan penyinaran sinar inframerah langsung ke organ intim. Sinar panas yang dipancarkan dari inframerah tersebut dipercaya berkhasiat membuat Miss V tampak awet muda. Perawatan ratus Miss V ini biasanya memakan waktu selama 30 menit.

Dampak Buruk Ratus Miss V

Namun nyatanya, semua manfaat dari ratus Miss V tersebut belum dibuktikan secara ilmiah. Sejumlah pakar kesehatan bahkan sepakat bahwa menguapi daerah intim justru dapat memicu timbulnya efek samping yang mengganggu kesehatan Miss V.

1. Membuat Kulit Miss V Melepuh

Menurut Mary Jane Minkin, M.D., pengajar obstetri dan ginekologi di Yale School of Medicine, hawa panas yang dihasilkan dari ramuan ratus bisa menyebabkan organ intim melepuh, bahkan sampai luka bakar tingkat dua. Selain itu, karena bukaan Miss V berada tepat sejajar dengan kandung kemih dan anus, uap ratus yang terlalu panas dapat merusak jaringan kulit di sekitar tiga area tersebut. Panas uap ratus juga akan membuat Miss V terasa gatal dan tidak nyaman.

2. Merusak Bakteri Baik

Bukannya membersihkan, melakukan perawatan organ intim seperti ratus justru dapat membuat Miss V jadi kering dan mengganggu keseimbangan bakteri baik yang hidup di dalamnya. Bakteri baik dalam Miss V ini berfungsi untuk mencegah partikel asing dari luar agar tidak masuk terlalu jauh ke dalam Miss V menuju organ dalam. Kondisi Miss V yang kering akibat diuapi juga bisa membuat organ intim wanita tersebut jadi rentan mengalami luka dan iritasi.

Jadi, kamu tidak perlu melakukan perawatan muluk-muluk, karena Miss V sebenarnya dapat membersihkan dirinya sendiri.  

3. Tidak Bisa Menyeimbangkan Hormon

Ratus Miss V juga dipercaya dapat menyeimbangkan hormon wanita. Namun nyatanya, hal itu tidak benar. Hormon wanita diproduksi oleh kelenjar pituitari dalam otak dan indung telur, bukan di dalam Miss V atau rahim itu sendiri. Sayangnya, uap yang dihasilkan ratus tidak akan sampai ke kelenjar tersebut, sehingga tidak akan berdampak apa-apa pada kadar hormon.

4. Meningkatkan Bakteri Jahat

Menurut penelitian yang dipublikasikan oleh jurnal National Center for Biotechnology Information (NCBI), perawatan ratus bisa menyebabkan vaginal flora jadi tidak seimbang. Vaginal flora merupakan kumpulan mikroba di dalam Miss V yang berfungsi untuk melindungi organ intim tersebut dari berbagai macam infeksi.

Kondisi vaginal flora yang tidak seimbang bisa membuat risiko terkena vaginosis bakteri meningkat, yaitu penyakit organ intim yang disebabkan oleh bakteri jahat. Selain itu, infeksi jamur kandida juga merupakan risiko pasti dari ratus Miss V.

Jadi, rawatlah Miss V dengan cara yang sederhana saja seperti membersihkan Miss V secara rutin dengan air bersih yang mengalir,  waxing, dan hindari mengenakan pakaian dalam terlalu ketat (Baca juga: Inilah 6 Cara yang Tepat Jaga Kebersihan Miss V). Bila kamu punya masalah kesehatan terkait dengan Miss V, jangan ragu untuk hubungi dokter lewat aplikasi Halodoc. Kamu bisa ngobrol dengan dokter dan minta saran melalui Video/Voice Call dan Chat kapan saja dan di mana saja. Jadi, tunggu apa lagi? Download Halodoc sekarang juga di App Store dan Google Play.