Hepatitis Bisa Menular Lewat Ciuman, Benarkah?

Ditinjau oleh: dr. Gabriella Florencia
Hepatitis Bisa Menular Lewat Ciuman, Benarkah?

Halodoc, Jakarta – Hingga saat ini penyakit hepatitis masih menjadi salah satu penyakit yang berbahaya dan harus segera ditangani. Ada banyak gejala yang dialami oleh orang dengan penyakit hepatitis, seperti demam, kelelahan terus menerus, kehilangan nafsu makan, mual, muntah dan juga kondisi kuning.

Baca juga: Fakta Tentang Penyakit Hepatitis

Namun, tidak semua penyakit hepatitis menimbulkan gejala. Hepatitis merupakan penyakit yang disebabkan adanya peradangan pada hati karena infeksi bakteri, virus maupun parasit. Penyakit hepatitis adalah salah satu penyakit yang mudah menular. Lalu, bagaimana penularan hepatitis dapat terjadi? Apakah salah satunya karena ciuman? Ini ulasannya.

Benarkah Hepatitis Menular Lewat Ciuman?

Ada berbagai macam jenis hepatitis dengan penularannya yang berbeda. Pada hepatitis A dan E dapat menular ketika seseorang menelan makanan yang telah terpapar oleh bakteri, virus atau parasit penyebab penyakit hepatitis.

Sedangkan hepatitis B adalah jenis hepatitis yang penularannya banyak ditularkan melalui kegiatan seksual. Nyatanya, dibandingkan dengan penyebaran HIV, penyakit hepatitis B lebih banyak ditularkan karena hepatitis B dapat ditularkan melalui kontak darah, cairan vagina, cairan mani, dan kegiatan berciuman.

Ciuman yang begitu lekat dapat menyebabkan seseorang mengalami luka pada area sekitar mulut atau bibir. Kondisi ini meningkatkan risiko virus penyebab hepatitis masuk ke dalam tubuh orang lain yang sehat. Tidak hanya luka karena berciuman, kondisi sariawan atau luka akibat pemasangan kawat gigi juga berisiko dapat menularkan atau tertular penyakit hepatitis.

Tidak hanya hepatitis B, hepatitis C juga dapat ditularkan oleh pengidap hepatitis kepada orang yang sehat melalui kontak darah, termasuk berciuman yang begitu lekat.

Jangan Khawatir, Lakukan Hal Ini Jika Pasangan Mengidap Hepatitis

Selain mudah menular, penyakit hepatitis termasuk ke dalam salah satu penyakit yang cukup mematikan. Namun jangan khawatir, jika kamu memiliki pasangan dengan penyakit hepatitis. Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mencegah penularan penyakit hepatitis, seperti:

1. Rutin Lakukan Cek Darah

Sebaiknya rutin melakukan cek darah dengan pasangan agar kesehatan kamu dan pasangan terjaga dengan baik. Tidak ada salahnya untuk melakukan vaksin terhadap penyakit hepatitis untuk menjaga penyebaran penyakit hepatitis pada pasangan.

2. Gunakan Alat Kontrasepsi Saat Berhubungan Intim

Jika pasangan kamu terindikasi mengidap penyakit hepatitis, gunakan alat kontrasepsi berupa kondom ketika kamu melakukan hubungan intim. Penggunaan kondom dapat menghentikan penularan penyakit hepatitis pada pasangan. Tidak ada salahnya gunakan pelumas untuk hindari luka pada vagina ketika penetrasi.

3. Hindari Kegiatan Seksual yang Berisiko

Hindari melakukan hubungan intim ketika pasangan sedang memiliki luka atau menjalani masa menstruasi. Kondisi ini berisiko tinggi menularkan penyakit hepatitis pada pasangan.

Olahraga yang Baik untuk Pengidap Hepatitis

Sebaiknya jangan kucilkan pasangan yang mengidap penyakit hepatitis. Tidak ada salahnya untuk rutin ajak pasangan melakukan olahraga. Olahraga juga cukup penting dilakukan pengidap hepatitis. Ada beragam manfaat yang bisa dirasakan dengan melakukan olahraga, seperti meningkatkan massa otot. 

Olahraga juga dapat membantu pengidap hepatitis untuk tingkatkan antibodi untuk melindungi tubuh dari berbagai paparan virus. Tidak hanya itu, olahraga dengan rutin juga memperkuat bagian tubuh pada pengidap hepatitis. Kamu juga bisa menggunakan aplikasi Halodoc dan bertanya langsung pada dokter mengenai penyakit hepatitis lebih banyak.

Baca juga: 10 Tanda Hepatitis yang Tidak Boleh Diabaikan

Referensi:
Very Well Health. Diakses pada 2019. Can Kissing Give You Hepatitis?
Web MD. Diakses pada 2019. Hepatitis and Sex