Hernia pada Anak dan Orang Dewasa, Apa Perbedaannya?

Ditinjau oleh: Redaksi Halodoc
Hernia

Halodoc, Jakarta - Seharusnya seseorang segera menyadari jika terjadi suatu hal yang tidak normal dalam tubuh, termasuk jika munculnya benjolan yang tidak seharusnya. Jika hal ini terjadi, segera temui dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat, ya! Karena hernia merupakan kondisi yang berbahaya. Selain pada orang dewasa, ternyata hernia juga dapat terjadi pada anak. Apa yang membedakan hernia pada anak dan orang dewasa? Ketahui selengkapnya di sini, ya!

Baca juga: Kenali Perbedaan Hernia pada Wanita dan Pria

Hernia pada Anak dan Orang Dewasa, Apa Perbedaannya?

Hernia pada anak biasanya disebabkan oleh kelainan bawaan, lemahnya otot perut, serta tidak tertutupnya lubang pada pusar. Namun, tenang saja, hernia yang muncul semasa bayi akan menutup dengan sendirinya seiring dengan pertumbuhan Si Kecil.

Sedangkan pada orang dewasa, hernia umumnya disebabkan oleh melemahnya dinding perut oleh beberapa faktor, seperti:

  • Konstipasi, yaitu kesulitan buang air besar yang menyebabkan pengidapnya harus mengejan saat buang air besar.

  • Sering bersin dan berlangsung dalam waktu lama.

  • Adanya penumpukan cairan di dalam rongga perut.

  • Terlalu sering mengangkat beban berat.

  • Wanita hamil. Pada wanita yang tengah mengandung akan menyebabkan meningkatnya tekanan dalam dinding perut.

  • Kenaikan berat badan yang terjadi secara tiba-tiba.

Hernia, Benjolan pada Tubuh yang Tidak Seharusnya Ada

Hernia merupakan benjolan pada tubuh yang muncul pada area yang tidak seharusnya, seperti pada lipatan paha, area perut bawah, daerah atas kemaluan, serta kantung buah zakar. Jika benjolan yang tidak seharusnya ada ini dibiarkan begitu saja, benjolan ini akan menyebabkan rasa nyeri dan ketidaknyamanan. 

Mungkin banyak yang belum mengetahui bahwa benjolan ini muncul saat ada organ di dalam tubuh yang menekan keluar, sehingga otot menjadi muncul dan menyebabkan benjolan. Benjolan ini juga muncul pada celah jaringan yang melemah. Faktor usia merupakan salah satu penyebab dari melemahnya otot ini.

Gejala yang Akan Muncul pada Setiap Pengidap Hernia

Gejala yang muncul pada masing-masing pengidap akan berbeda, tergantung pada jenis hernia dan tingkat keparahan pengidapnya. Hernia umumnya akan ditandai dengan nyeri pada area sekitar benjolan, rasa tidak nyaman, sembelit, serta benjolan yang semakin membesar seiring dengan berjalannya waktu. Segera membuat  janji dengan dokter di rumah sakit pilihanmu melalui Halodoc, jika mengalami gejala rasa nyeri yang hebat dan muncul secara tiba-tiba guna mencegah terjadinya komplikasi.

Baca juga: Muncul Benjolan di Perut, Inilah Fakta Hernia Inguinalis

Mengidap Hernia, Begini Langkah Penanganan yang Tepat

Hal paling penting yang harus dilakukan guna mengatasi hernia adalah melakukan tindakan cepat dengan jalan prosedur operasi. Karena jika tidak dioperasi dengan segera, organ bisa saja terperangkap atau terjepit pada celah terbuka tersebut. Jangan sesekali melakukan pemijatan pada benjolan yang muncul, ya! Karena memijat tidak akan mengembalikan posisi organ yang terjepit pada celah tersebut kembali ke posisi semula. Sebaliknya, memijat hernia dapat menambah keparahan penyakit ini.  

Baca juga: 5 Jenis Hernia, Penyakit yang Dikenal Sebagai Turun Berok

Sayangi tubuhmu dengan selalu perhatikan kesehatan badanmu. Jika tumbuh benjolan tak terduga dan timbul pada daerah yang tidak seharusnya, segera temui dokter, ya! Jangan menunggu sampai gejala hernia serius muncul dan membahayakan nyawamu. Penanganan yang tepat dapat meminimalisir akibat yang kamu alami. Yuk, buka Google Play atau App Store kamu, kemudian download aplikasinya segera!