• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • 5 Tips untuk Mencegah Sembelit
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • 5 Tips untuk Mencegah Sembelit

5 Tips untuk Mencegah Sembelit

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli : 28 September 2021
5 Tips untuk Mencegah Sembelit5 Tips untuk Mencegah Sembelit

"Mencegah sembelit bisa dilakukan dengan menerapkan gaya hidup sehat. Kondisi ini bisa disebabkan oleh kebiasaan kurang mengonsumsi serat, kurang minum air putih, serta kurang berolahraga. Maka dari itu, cara mencegahnya adalah dengan banyak mengonsumsi serat dan juga lebih aktif bergerak."


Halodoc, Jakarta – Mencegah sembelit sebenarnya bukan hal yang sulit dilakukan. Dengan menerapkan gaya hidup sehat, kondisi yang mengganggu ini bisa dihindari. Sembelit alias konstipasi adalah kondisi yang menyebabkan seseorang kesulitan untuk buang air besar (BAB). Seseorang bisa dikatakan mengalami sembelit jika memiliki frekuensi BAB kurang dari tiga kali seminggu. 

Konstipasi bisa menyerang siapa saja dan jarang bersifat serius. Namun, bukan berarti boleh diabaikan begitu saja. Kondisi ini bisa membuat pengidapnya merasa tidak nyaman dan mengalami gejala, seperti perut begah, penuh, hingga sakit perut. Maka dari itu, penting untuk mengetahui tips dan cara mencegah sembelit. Penasaran? Cari tahu jawabannya di artikel ini! 

Baca juga: 6 Makanan yang untuk Atasi Sembelit pada Ibu Hamil

Cara Sederhana Mencegah Sembelit 

Sembelit alias konstipasi adalah kondisi yang menyebabkan pengidapnya tidak bisa buang air besar secara teratur. Orang yang mengalami kondisi ini juga mungkin mengalami BAB tidak tuntas atau bahkan tidak bisa mengeluarkan feses sama sekali. Jika hal itu yang terjadi, sembelit bisa memicu rasa tidak nyaman pada perut serta gangguan pencernaan. 

Kondisi ini bisa dialami oleh siapa saja dan bisa disebabkan oleh banyak faktor. Sembelit paling sering disebabkan karena kurang konsumsi serat, kurang asupan cairan, kurang berolahraga sering menunda buang air besar, hingga kondisi kesehatan tertentu. Setelah mengetahui hal-hal yang bisa menjadi penyebabnya, tentu mencegah sembelit tidak lagi menjadi hal yang sulit. 

Secara umum, ada beberapa cara mencegah sembelit sekaligus cara mengatasinya, yaitu: 

1. Konsumsi Makanan Kaya Serat 

Kurang asupan serat menjadi salah satu pemicu konstipasi. Maka dari itu, salah satu cara mencegahnya adalah dengan mengonsumsi makanan kaya serat. Pasalnya, asupan nutrisi ini disebut bisa membantu mempercepat kerja sistem pencernaan dan membuat feses menjadi lebih lunak, sehingga mudah untuk dikeluarkan dari tubuh. Ada beberapa jenis makanan kaya serat yang bisa dikonsumsi untuk mencegah sembelit, seperti sayur-sayuran, buah, kacang-kacangan, gandum utuh, serta biji-bijian.

2. Banyak Minum Air Putih 

Sebagian besar tubuh manusia terdiri dari air, karena itu mengonsumsi cukup air putih adalah hal yang penting dilakukan. Hal ini berguna untuk menjaga kesehatan tubuh secara menyeluruh, termasuk pencernaan. Banyak minum air putih bisa membantu kerja sistem pencernaan sehingga risiko konstipasi bisa dihindari. Orang dewasa disarankan untuk minum air putih sebanyak 8 gelas sehari atau setara dengan 2 liter air.

Baca juga: Ini Penyebab Sakit Perut Bawah Sebelah Kiri pada Wanita

3. Rutin Berolahraga 

Aktivitas fisik ternyata juga berpengaruh pada kondisi pencernaan. Untuk mencegah sembelit, disarankan untuk rutin berolahraga setiap hari. Tidak perlu melakukan olahraga yang terlalu berat. Aktivitas ringan yang dilakukan secara rutin nyatanya tetap bisa memberi manfaat sehat untuk tubuh. 

4. Konsumsi Probiotik 

Jika mengalami masalah dengan pencernaan, terutama konstipasi, disarankan untuk mengonsumsi probiotik. Salah satunya dari yoghurt. Sebab, bakteri baik dalam probiotik bisa membantu melawan bakteri penyebab konstipasi atau masalah pencernaan lainnya. 

5. Penggunaan Obat-obatan 

Pada kondisi yang parah, konstipasi mungkin harus ditangani dengan konsumsi obat pencahar. Namun, penggunaan obat ini sebaiknya tidak dilakukan secara sembarangan, dan harus dengan petunjuk dokter. 

Baca juga: Pahami 6 Gejala yang Menjadi Indikasi Terkena Konstipasi

Jika sudah memiliki resep obat untuk mencegah sembelit atau mengatasinya, beli obat di aplikasi Halodoc saja. Dengan layanan antar, pesanan obat akan dikirim segera ke rumah. Kamu juga bisa membeli kebutuhan kesehatan lain hanya dengan satu aplikasi. Ayo, download Halodoc sekarang di App Store atau Google Play! 

This image has an empty alt attribute; its file name is HD-RANS-Banner-Web-Artikel_Spouse.jpg

Referensi: 
NHS UK. Diakses pada 2021. Constipation. 
WebMD. Diakses pada 2021. Constipation. 
Baby Centre UK. Diakses pada 2021. Constipation (Natural Remedies).