5 Tips untuk Mencegah Sembelit

Ditinjau oleh: Redaksi Halodoc
5 Tips untuk Mencegah Sembelit

Halodoc, Jakarta - Tidak banyak orang yang menyadari kalau dirinya terkena sembelit. Tanda umum yang bisa dirasakan adalah ketika buang air besar hanya tiga kali dalam seminggu. Jika ini terjadi, maka bisa dikatakan bahwa kamu terkena sembelit atau disebut juga konstipasi. Oleh karena itu, kamu perlu tahu cara untuk mencegah sembelit.

Namun sebelumnya, tahukah kamu apa yang dimaksud sembelit? Ini merupakan kondisi dimana seseorang tidak bisa bisa buang air besar secara teratur, tidak tuntas, atau tidak bisa sama sekali. Kalau hal ini sampai terjadi, tentu akan menimbulkan rasa tidak nyaman pada pencernaan.

Siapa saja yang dapat terkena sembelit? Menurut penelitian, perempuan dua kali lebih mudah mengalami sembelit dibandingkan laki-laki. Hal ini terutama dirasakan oleh ibu hamil karena pengaruh hormonal. Selain itu, para lansia juga seringkali mengalami sembelit.

Apa saja yang bisa jadi penyebabnya?

  1. Kurang konsumsi serat.
  2. Kurang minum air putih.
  3. Terdapat perubahan pola makan.
  4. Sering menunda buang air besar.
  5. Kurang berolahraga.
  6. Gangguan psikologis.
  7. Efek samping dari obat-obatan yang dikonsumsi.

Apa saja gejala dan tandanya?

  1. Kesulitan saat buang air besar (harus mengejan dengan kuat).
  2. Buang air besar kurang dari 3 kali dalam seminggu.
  3. Buang air besar dirasa tidak tuntas.
  4. Feses tampak keras dan kering.
  5. Perut terasa kembung, dapat juga dirasakan nyeri di perut bagian bawah.

Ada beberapa cara untuk mencegah sembelit sekaligus cara mengatasinya jika hal ini sudah telanjur terjadi. Umumnya, kamu perlu melakukan perubahan pola makan untuk mencegah sembelit. Selain itu, perbaikan dalam gaya hidup kamu menjadi lebih sehat juga diperlukan, lho. Beberapa diantaranya adalah sebagai berikut:

  1. Konsumsi lebih banyak serat dari sayuran dan buah.
  2. Banyak minum air putih, tidak kurang dari 2 liter dalam sehari.
  3. Berolahraga secara teratur.
  4. Konsumsi yogurt untuk memelihara kesehatan pencernaan.
  5. Obat pencahar hanya boleh digunakan atas saran dokter karena dapat berakibat dehidrasi.

Sebaiknya, jangan menganggap remeh sembelit. Karena jika tidak diatasi dan dibiarkan berkepanjangan, penyakit ini justru dapat menyebabkan wasir atau hemoroid. Nah, kalau ingin tahu lebih banyak mengenai gangguan kesehatan yang satu ini, yuk tanyakan pada dokter dengan menggunakan aplikasi Halodoc! Kamu bisa menghubungi dokter melalui Video/Voice Call dan Chat kapan saja, dimana saja. Yuk, download aplikasi Halodoc di App Store dan Google Play!