30 May 2018

Hilangkan Stres dengan Meditasi

Hilangkan Stres dengan Meditasi

Halodoc, Jakarta – Stres memang menjadi penyakit yang begitu mengganggu, Pasalnya, kamu akan menjalani semua aktivitas dengan setengah hati. Akibatnya, pekerjaan pun terbengkalai. Jika dibiarkan, stres tentu akan membuat kamu mudah merasa depresi. Kondisi ini pun sangat berbahaya untuk kesehatan tubuh kamu.

Bercerita, berolahraga, dan berlibur. Itulah beberapa cara mudah mengatasi stres yang bisa kamu coba. Namun, masih ada satu cara lagi yang tak kalah mudahnya, yaitu meditasi. Ternyata, selain mampu mengatasi stres, melakukan meditasi juga mampu meningkatkan daya tahan tubuh sekaligus metabolisme di dalam tubuh.

Menghilangkan Stres dengan Meditasi

Sebuah studi yang dilakukan oleh Mount Sinai School of Medicine bersama dengan Harvard Medical School dan University of California membuktikan bahwa meditasi menjadi salah satu cara yang cukup efektif untuk mengatasi stres, terutama pada wanita. Nah, salah satu cara hilangkan stres dengan meditasi adalah dengan melakukan yoga. Cara ini akan membuat tubuh dan pikiran kamu lebih segar dan relaks.

Sebenarnya, meditasi lebih mengarah kepada cara untuk memusatkan pikiran, bukan aktivitas mengosongkan pikiran. Mudahnya, cobalah untuk melakukan latihan pernapasan sembari beryoga, dan pusatkan pikiran kamu hanya pada pernapasan yang sedang kamu lakukan, mulai dari menghirupnya, menahan napas, hingga menghembuskannya kembali. Perhatikan pula jedanya untuk setiap aktivitas.

(Baca juga: 5 Tips Meditasi untuk Pemula)

Memang, meditasi atau memusatkan pikiran hanya pada satu hal itu bukan hal yang mudah dilakukan. Terlebih kalau kamu sedang stres. Pasti pikiran kamu akan bercabang dan terpecah, yang membuat kamu jadi sulit untuk fokus. Namun, kamu hanya perlu berlatih secara rutin setiap hari.

Cara hilangkan stres dengan meditasi ini bisa kamu awali dengan mencari tempat yang tenang dan jauh dari keramaian, seperti misalnya di dalam kamar. Waktu untuk berlatih pun bisa beragam, tergantung kenyamanan kamu. Beberapa memilih bermeditasi pada pagi hari, sebagian lainnya memilih melakukannya pada malam hari sebelum tidur.

Mulailah dengan posisi duduk bersila, dan pastikan punggung kamu dalam keadaan tegak tanpa bersandar. Lalu, letakkan tangan kiri kamu tepat di atas tangan kanan dengan posisi telapak tangan menghadap ke atas. Selanjutnya, sentuhkan ibu jari masing-masing tangan hingga membentuk oval.

Setelah kamu merasa nyaman, lanjutkan dengan berlatih memusatkan pikiran dan mengatur pernapasan. Bayangkan satu pikiran positif yang bisa membuat kamu lebih tenang. Fokuskan pikiran kamu hanya pada hal positif tersebut, sehingga lama-kelamaan kamu akan lebih relaks. Jika kamu kembali memikirkan hal yang membuat cemas dan khawatir berlebihan, cobalah untuk kembali memusatkan konsentrasi. Tidak mudah, tetapi jika kamu melakukannya setiap hari, kamu akan terbiasa.

(Baca juga: 5 Manfaat Yoga untuk Kesehatan Jiwa)

Gunakan Bantuan Musik

Sulit memusatkan konsentrasi saat bermeditasi? Cobalah memutar lagu-lagu bernada lembut dan ringan tanpa vokal. Biasanya, lagu-lagu penunjang meditasi erat kaitannya dengan suara-suara alam, seperti gerimis, rintik hujan, hujan dengan gemuruh, deru ombak pantai, kicau burung, dan masih banyak lagi. Putar dalam volume pelan, dan bayangkan kamu sedang berada di tempat tersebut. Musik ini akan membantu kamu untuk lebih berkonsentrasi.

Kalau kamu sudah mahir, kamu tak perlu lagi tempat tenang untuk bermeditasi. Kamu bisa melakukannya di mana saja, mulai dari kantor, di dalam kendaraan, hingga di halte sekalipun suasananya begitu ramai. Ini karena kamu sudah tak lagi terdistraksi dengan berbagai macam gangguan luar. Berkonsentrasi dan memusatkan pikiran pun semakin mudah dilakukan.

Itu tadi sedikit informasi tentang hilangkan stres dengan meditasi yang mungkin bisa kamu coba lakukan ketika stres melanda. Jangan terlalu memikirkan hal-hal yang belum tentu terjadi, karena itu akan membuat kamu merasa cemas berlebihan. Jika kamu mengalami gejala stres, coba tanyakan pada psikiater/psikolog lewat aplikasi Halodoc. Para psikolog/psikiater akan membantu kamu dalam memberikan solusi terbaik untuk semua permasalahan kamu. Aplikasi Halodoc bisa kamu download di App Store atau Google Play Store.