5 Manfaat Yoga untuk Kesehatan Jiwa

5 Manfaat Yoga untuk Kesehatan Jiwa
OLAHRAGA 14 May 2018

Halodoc, Jakarta - Salah satu olahraga yang bermanfaat bagi tubuh dan jiwa adalah yoga. Olahraga tertua di dunia ini memiliki banyak manfaat bagi kesehatan, lho. Yoga menggabungkan latihan pernafasan, meditasi, dan posisi tubuh yang bermanfaat untuk relaksasi dan mengurangi stres. Nah, apa saja sih manfaat yoga yang lain? Yuk, dibahas satu persatu:

  1. Mengurangi Stres

Pada beberapa penelitian, manfaat yoga dibuktikan dapat menurunkan tingkat kortisol (hormon stres) dalam darah. Sebuah penelitian dilakukan kepada 24 wanita yang secara emosional mengalami stres. Setelah melakukan yoga selama tiga bulan, para wanita itu secara signifikan memiliki tingkat kortisol yang rendah. Tingkat stres, kecemasan, kelelahan, dan depresi pada para wanita itu juga mengalami penurunan.

  1. Meningkatkan Kesehatan Jantung

Manfaat yoga terbukti dapat meningkatkan kesehatan jantung dan menurunkan beberapa faktor risiko penyakit jantung. Sebuah penelitian yang menyertakan kelompok dengan usia di atas 40 tahun yang melakukan yoga secara rutin selama 5 tahun, memiliki tekanan darah dan nadi yang lebih rendah daripada yang tidak.

  1. Meningkatkan Kualitas Tidur

Kualitas tidur yang buruk berdampak pada obesitas, tekanan darah tinggi, depresi, dan banyak keluhan lain. Orang yang melakukan yoga dapat tertidur lebih mudah, tidur lebih lama, dan merasa lebih segar ketika terbangun. Yoga meningkatkan sekresi hormon melatonin yang berperan pada kualitas tidur seseorang.

  1. Memperbaiki Pernapasan

Pranayama, sebuah latihan yoga yang berfokus pada latihan dan teknik pernapasan, dapat memperbaiki fungsi paru. Pada sebuah penelitian, 287 mahasiswa menjalani yoga selama 15 minggu. Pada akhir penelitian, kapasitas vital paru mereka meningkat. Hal ini sangat baik bagi mereka yang memiliki penyakit paru, jantung, maupun asma.

  1. Meredakan Migrain

Selama ini, migrain diatasi dengan menggunakan obat-obatan. Namun, pada beberapa penelitian, yoga dibuktikan dapat mengurangi intensitas dan frekuensi kekambuhan migrain dibandingkan dengan hanya mengkonsumsi obat-obatan saja. Yoga memengaruhi saraf yang yang dapat meredakan migrain.

Yoga memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh dan jiwa jika dilakukan secara rutin. Kalau kamu masih punya pertanyaan seputar manfaat yoga, kamu bisa menggunakan aplikasi Halodoc. Hubungi dokter melalui Video/Voice Call dan Chat kapan saja, dimana saja. Yuk, download aplikasi Halodoc di App Store dan Google Play.


Rekomendasi Artikel

OLAHRAGA

15 August 2018

Di banyak daerah, perayaan Kemerdekaan RI ini sering dirayakan dengan beragam perlombaan. Namun, kamu mesti wa...

Selengkapnya

OLAHRAGA

15 August 2018

Pecinta basket mana sih yang enggak mengenal LeBron James? Meski sudah berkepala tiga, ketajaman dan kebugaran...

Selengkapnya

OLAHRAGA

15 August 2018

Beberapa cedera olahraga yang paling sering terjadi....

Selengkapnya