Hindari 5 Makanan Ini yang Bisa Mempercepat Penuaan Dini

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli
Hindari 5 Makanan Ini yang Bisa Mempercepat Penuaan Dini

Halodoc, Jakarta - Selalu ingin terlihat awet muda meski usia makin bertambah tentu jadi harapan banyak orang. Namun, ada kalanya masalah penuaan ini justru datang terlalu cepat. Kok bisa? Penyebabnya bisa berbagai hal, mulai dari kurang beristirahat, malas berolahraga, dan pola makan yang buruk.

Nah, menyoal pola makanan ini, ada beberapa makanan yang mesti kita waspadai. Sebab, makanan-makanan di bawah ini bisa mempercepat penuaan dini. Penasaran? Berikut penjelasannya.

1. Hindari Daging Olahan

Kamu yang gemar mengonsumsi daging ham, sosis, atau daging olahan yang terasa asin, perlu waspada. Pasalnya, makanan ini masuk ke dalam makanan yang dapat mempercepat penuaan dini. Kok bisa?

Daging olahan mengandung sulfit (bahan kimia yang banyak digunakan untuk mengawetkan makanan dan minuman kemasan) dan bahan pengawet lainnya. Nah, bahan-bahan pengawet inilah yang menjadi musuh kulit karena bisa menyebabkan peradangan.

Baca juga: Lakukan Perawatan Wajah Ini untuk Cegah Penuaan Dini

Selain itu, daging olahan juga banyak mengandung garam yang bisa membuat kulit bengkak, merah, dan terlihat tidak sehat, terutama di bagian wajah. Yang perlu diawasi, makanan ini dapat meningkatkan radikal bebas dalam tubuh yang bisa memicu berbagai penyakit.

2. Makanan yang Banyak Mengandung Gula

Si Manis juga bisa menimbulkan sederet masalah kesehatan bila dikonsumsi secara berlebihan. Misalnya, membuat kulit jadi tak sehat. Gula dalam darah dapat berkombinasi dengan protein, seperti kolagen kulit, yang bisa membuat kulit yang tadinya normal jadi lebih rapuh.

Menurut sebuah penelitian dari Leiden University Medical Centre, Belanda, orang yang memiliki kadar gula tinggi cenderung terlihat lebih tua. Enggak cuma itu, mereka juga mempunyai lebih banyak keriput dibandingkan dengan orang seusianya yang memiliki kadar gula darah normal.

Kesimpulannya, konsumsi gula berlebih dapat mengakibatkan seseorang menua lebih cepat dari seharusnya.

3. Minuman Beralkohol

Minuman beralkohol juga bisa menyebabkan penuaan dini pada diri seseorang. Efeknya tak jauh berbeda dengan merokok yang bisa merusak jaringan kulit akibat efek radikal bebas. Nah, yang mesti diwaspadai, efek ini akan semakin cepat bila seseorang sering terpapar sinar UV dan tak menjaga pola makan yang baik.

Ada hal lainnya yang membuat alkohol dapat mempercepat penuaan dini. Alkohol bisa menurunkan kadar vitamin A, B3, dan C di dalam tubuh. Padahal, ketiganya merupakan antioksidan yang penting untuk regenerasi sel baru.

Baca juga: 6 Faktor Lingkungan Penyebab Penuaan Dini

4. Makanan yang Mengandung Tinggi Protein

Protein memang menyehatkan, fungsinya mulai dari membantu sistem kekebalan tubuh, hingga memproduksi berbagai enzim dan hormon yang memastikan tubuh berfungsi normal. Namun, bila kadar protein dalam tubuh sangat tinggi, ceritanya akan lain lagi.

Kebiasaan mengonsumsi makanan tinggi protein bisa memicu beragam masalah kesehatan. Mulai dari kenaikan berat badan sampai peradangan. Tak hanya itu, konsumsi protein yang kelewat batas juga bisa mengganggu penyerapan nutrisi. Nah, hal inilah yang ujung-ujungnya bisa memicu penuaan dini, apalagi bila tak diimbagi dengan pola hidup sehat dan olahraga.

5. Makanan Asin

Sama halnya dengan makanan yang terlalu manis, makanan terlalu asin pun bisa menyebabkan penuaan dini. Kok bisa? Garam ini bersifat mengikat air dalam tubuh. Nah, asupan garam dalam tubuh yang terlalu banyak akan menyebabkan tubuh menahan air, sehingga membuat perut jadi kembung.

Di samping itu, garam juga bisa menyebabkan pembengkakan dan peradangan kulit, serta membuatnya jadi kusam. Nah, inilah yang membuat seseorang akan terlihat lebih tua dari usianya.

Mau tahu lebih jauh mengenai masalah di atas? Atau memiliki keluhan kesehatan lainnya? Kamu bisa kok bertanya langsung pada dokter melalui aplikasi Halodoc. Lewat fitur Chat dan Voice/Video Call, kamu bisa mengobrol dengan dokter ahli tanpa perlu ke luar rumah. Yuk, download aplikasi Halodoc sekarang juga di App Store dan Google Play!